Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Percepat Elektrifikasi, Honda Motor Tunjuk CEO Toshihiro Mibe

Produsen mobil terbesar kedua Jepang berdasarkan penjualan, Honda Motor Co, mengatakan bahwa kepala eksekutifnya, Takahiro Hachigo, akan mundur dan digantikan oleh Toshihiro Mibe, Kepala Penelitian dan Pengembangannya (R&D) mulai 1 April 2021.
CEO Honda Toshihiro Mibe. /Bloomberg
CEO Honda Toshihiro Mibe. /Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen mobil terbesar kedua Jepang berdasarkan penjualan, Honda Motor Co, mengatakan bahwa kepala eksekutifnya Takahiro Hachigo, akan mundur dan digantikan oleh Toshihiro Mibe, Kepala Penelitian dan Pengembangannya (R&D) mulai 1 April 2021.

Mibe, 59, yang telah bekerja dengan Hachigo untuk mendorong reformasi struktural, telah menjadi presiden unit R&D sejak 2019, mengikuti tugasnya dalam pengembangan mesin dan bisnis drive-train setelah bergabung dengan perusahaan pada 1987.

"Kami akan mempertimbangkan untuk menggunakan wawasan eksternal atau aliansi potensial di antara tindakan lain untuk membuat keputusan tanpa keraguan," kata Mibe seperti dilaporkan Reuters yang dikutip Antara, Sabtu (20/2/2021).

Penunjukannya, pertama kali dilaporkan oleh Reuters pekan ini, terjadi ketika Honda berlomba untuk mengejar ketinggalan di bidang mobil serba listrik dan menghadapi persaingan dari pendatang baru dan raksasa teknologi seperti Tesla, Apple, dan Amazon.

Hachigo mengungkapkan keahlian Mibe dalam teknologi lingkungan dan energi dan perhatiannya pada perubahan sebagai alasan pilihan. “Dia [Mibe] telah melihat ke masa depan, arah yang harus diambil Honda.”

Hachigo akan tetap di dewan perusahaan, kata Honda dalam sebuah pernyataan.

Secara tradisional dikenal dengan mesin pembakaran internal yang hemat bahan bakar, Honda meluncurkan kendaraan bertenaga baterai yang diproduksi secara massal pertama Agustus lalu.

Ia mengatakan ingin kendaraan energi baru seperti plug-in hybrid dan mobil sel bahan bakar berkontribusi dua pertiga dari penjualan pada 2030.

Para analis mengatakan bahwa Honda harus banyak mengejar ketertinggalan dengan pesaing di arena elektrifikasi. Takaki Nakanishi, Kepala Eksekutif dari Institut Penelitian Nakanishi, mengatakan pergantian CEO ke tangan Mibe, yang pandai dalam teknologi elektrifikasi dan telah melakukan negosiasi dengan pembuat mobil global adalah kesempatan bagi Honda untuk mempercepat elektrifikasi.

Selama enam tahun sebagai kepala eksekutif, Hachigo berusaha menyederhanakan proses pengembangan kendaraan dengan menggabungkan beberapa operasi untuk mobil dan sepeda motor.

Dia juga memangkas biaya dengan merampingkan model line-up Honda dan mengonsolidasikan pabrik di dalam dan luar negeri. Hachigo juga memperluas kemitraan dengan General Motors Co termasuk kerja sama dalam pengembangan kendaraan listrik dan otonom.

Untuk fokus pada teknologi nol emisi, Honda menyatakan akan berhenti berpartisipasi sebagai pemasok mesin di Kejuaraan Dunia Formula 1 FIA pada akhir musim 2021.

Mibe, yang akan mengambil alih kursi kepresidenan Honda pada April, bergabung dengan Honda pada 1987 dan telah berfokus pada penelitian & pengembangan mobil, khususnya pengembangan powertrain. Pada 2019, Mibe menjadi President and Representative Director Honda R&D Co., Ltd., dan sejak 2020, Mibe merangkap sebagai Senior Managing Director di Honda Motor Co., Ltd.

Data Toshihiro Mibe

Tanggal Lahir : 1 Juli 1961

Pengalaman Profesional :

April 1987,
- Joined Honda Motor Co., Ltd.

April 2012,
- Managing Officer, Honda R&D Co., Ltd.

April2014,
- Operating Officer, Executive in Charge of Powertrain Business; Head, Powertrain Production Supervisory Unit,
- Automobile Production, Automobile OperationsHonda Motor Co., Ltd

April 2015
- Executive in Charge of Powertrain and Drivetrain Business
- Head, Drivetrain Business Unit
- Automobile Production, Automobile Operations Honda Motor Co., Ltd.

April2016
- Senior Managing Officer and Director, Honda R&D Co., Ltd.

April 2018
- Managing Officer, Honda Motor Co., Ltd.
- Executive Vice President and Director,Honda R&D Co., Ltd.

April 2019
- Executive in Charge of Intellectual Propertyand Standardization, Honda Motor Co., Ltd.
- President and Representative Director, Honda R&D Co., Ltd.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper