Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Honda Gandeng Cruise GM Hadirkan Mobil Otonom di Jepang

Honda mengumumkan berkolaborasi dengan Cruise dan General Motors pada kendaraan self-driving untuk bisnis Autonomous Vehicle Mobility Service (MaaS) di Jepang, berdasarkan perjanjian pengembangan dan komersial yang ditandatangani pada Oktober 2018.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 21 Januari 2021  |  12:06 WIB
Honda Gandeng Cruise GM Hadirkan Mobil Otonom di Jepang
Cruise akan mengirimkan kendaraan uji self-driving pertama ke Jepang. - Honda

Bisnis.com, JAKARTA - Honda mengumumkan berkolaborasi dengan Cruise dan General Motors pada kendaraan self-driving untuk bisnis Autonomous Vehicle Mobility Service (MaaS) di Jepang, berdasarkan perjanjian pengembangan dan komersial yang ditandatangani pada Oktober 2018.

Cruise akan mengirimkan kendaraan uji self-driving pertama ke Jepang dan memulai pengembangan untuk pengujian tahun ini sebagai bagian dari bisnis mobilitas baru Honda.

Takahiro Hachigo, President & Representative Director Honda Motor Co, Ltd, mengatakan kolaborasi dengan Cruise akan memungkinkan terciptanya nilai baru untuk mobilitas dan kehidupan sehari-hari masyarakat, yang diperjuangkan di bawah Visi Honda 2030 dalam melayani orang-orang di seluruh dunia dengan kegembiraan dalam mengembangkan potensi hidup mereka.

"Melalui kolaborasi aktif dengan mitra yang memiliki minat dan aspirasi yang sama, Honda akan terus mempercepat realisasi bisnis MaaS kendaraan otonom kami di Jepang," katanya dalam keterangan pers, Rabu (21/1/2021).

Lebih jauh ke depan, Honda akan meluncurkan bisnis MaaS menggunakan Cruise Origin, kendaraan yang dikembangkan bersama oleh tiga perusahaan secara eksklusif untuk bisnis layanan mobilitas kendaraan otonom.

Honda Mobility Solutions Co., Ltd., didirikan pada Februari 2020, akan menjadi operator bisnis MaaS tersebut di Jepang.

"Misi kapal pesiar untuk menyediakan transportasi yang lebih aman, lebih bersih, dan lebih mudah diakses tidak terbatas di AS. Ini adalah perubahan besar yang dibutuhkan hampir di semua tempat di dunia, dan ini adalah langkah kecil namun simbolis bersama Honda dalam perjalanan global kami," kata Dan Ammann, CEO Cruise.

Cruise merupakan anak perusahaan yang mayoritas dimiliki General Motors. Didirikan dan berkantor pusat di San Francisco, Cruise bertujuan mendorong perubahan dengan membangun kendaraan bersama yang dapat mengemudi sendiri, serba listrik, dan paling canggih di dunia yang menghubungkan orang-orang dengan aman ke tempat, benda, dan pengalaman yang mereka pedulikan.

Cruise pada Rabu (8/5/2019) mengumumkan telah mendapatkan sokongan dana sebesar US$1,15 miliar (Rp16,4 triliun). Dana dari SoftBank Vision Fund Jepang dan Honda Motor Co Ltd itu akan digunakan untuk peluncuran kendaraan terbaru Cruise pada akhir 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Otonom Cruise GM
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top