Cruise dan General Motors Gandeng Honda Bangun Kendaraan Otonom Baru

Cruise dan General Motors bergabung dengan Honda untuk mengejar target bersama yakni mengubah mobilitas melalui penyebaran teknologi kendaraan otonom skala besar.
Fatkhul Maskur | 05 Oktober 2018 07:35 WIB
Mary T. Barra, chairwoman and chief executive of General Motors, bulan lalu di GM Shanghai. GM telah membuat mobil listrik dan mobil otonom untuk meningkatkan fokus strategi. - Reuters

Bisnis.com, SAN FRANCISCO - Cruise dan General Motors bergabung dengan Honda untuk mengejar target bersama yakni mengubah mobilitas melalui penyebaran teknologi kendaraan otonom skala besar.

Honda akan bekerja sama dengan Cruise dan General Motors untuk mendanai dan mengembangkan kendaraan otonom yang dibuat khusus untuk Cruise yang dapat melayani berbagai macam kasus penggunaan dan diproduksi dengan volume tinggi untuk penyebaran global. Selain itu, Cruise, General Motors, dan Honda akan mengeksplorasi peluang global untuk penyebaran komersial jaringan Cruise.

Honda akan menyumbang sekitar US$ 2 miliar selama 12 tahun untuk inisiatif ini, yang, bersama dengan investasi ekuitas US$750 juta di Cruise, membawa komitmen totalnya pada proyek ini menjadi US$ 2,75 miliar.

Selain investasi SoftBank yang baru-baru ini diumumkan, transaksi ini menghasilkan valuasi pascapembayaran Cruise hingga US$14,6 miliar.

"Ini adalah langkah logis berikutnya di General Motors dan hubungan Honda, mengingat kerja bersama kami pada kendaraan listrik, dan integrasi erat kami dengan Cruise," kata Ketua dan CEO General Motors Mary Barra, dalam keterangan pers, Rabu (3/10/2018).

Bersama-sama dengan Honda, General Motors akan memberikan Cruise berupa desain, rekayasa, dan keahlian manufaktur terbaik di dunia, dan jangkauan global untuk menetapkan mereka sebagai pemimpin dalam teknologi kendaraan otonom - sementara mereka bergerak untuk mengerahkan kendaraan yang bisa mengemudi sendiri dalam skala besar.

"Honda memilih untuk berkolaborasi dengan Cruise dan General Motors berdasarkan kepemimpinan mereka dalam teknologi kendaraan otonom dan listrik dan visi bersama kami tentang nol-emisi dan dunia nol-tabrakan," kata Wakil Presiden Eksekutif dan Direktur Eksekutif Honda COO Seiji Kuraishi.

Honda akan melengkapi kekuatan mereka melalui keahlian kami dalam efisiensi dan desain ruang untuk mengembangkan kendaraan otonom bersama yang paling diinginkan dan efektif.

"Dengan dukungan General Motors, SoftBank dan sekarang Honda, Cruise sangat bersumber untuk menyelesaikan misi kami untuk menyebarkan teknologi otonom secara aman di seluruh dunia," kata CEO Cruise Kyle Vogt. "Kemitraan Honda membuka jalan untuk skala besar dengan membawa kendaraan yang indah, efisien, dan dibangun khusus untuk jaringan kendaraan otonom bersama kami." Lebih detail tentang manfaat kemitraan untuk Cruise dapat ditemukan di sini.

General Motors adalah perusahaan global yang berkomitmen untuk memberikan cara yang lebih aman, lebih baik, dan lebih berkelanjutan bagi orang-orang untuk berkeliling. General Motors, anak perusahaannya, dan entitas-entitas ventura bersama menjual kendaraan di bawah merek Chevrolet, Buick, GMC, Cadillac, Holden, Baojun, Wuling dan Jiefang. Informasi lebih lanjut tentang perusahaan dan anak perusahaannya, termasuk OnStar, pemimpin global dalam keselamatan kendaraan dan layanan keamanan, dan Maven, merek mobilitas pribadinya.

Honda Motor Co. mendesain, memproduksi dan memasarkan mobil, sepeda motor, produk listrik, dan produk penerbangan Honda di seluruh dunia. Sebagai pemimpin global dalam teknologi powertrain dan elektromotif, Honda memproduksi hampir 30 juta mesin per tahun untuk tiga lini produknya. Honda dan mitranya membangun produk di lebih dari 60 pabrik di 27 negara, mempekerjakan lebih dari 208.000 rekanan secara global.

Tag : Mobil Honda, Mobil Otonom
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top