Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lotus Hadirkan Tiga Model Exige Final Edition, Ini Spesifikasi dan Harganya

Exige adalah salah satu mobil ikonik Lotus yang tahun ini telah menjalani debut selama 21 tahun terakhir. Menandai akhir perjalanannya, Lotus akan menghadirkan tiga varian edisi pamungkas mobil legendaris ini.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 10 Februari 2021  |  21:52 WIB
Edisi Pamungkas Lotus.  - Lotus
Edisi Pamungkas Lotus. - Lotus

Bisnis.com, JAKARTA - Exige adalah salah satu mobil ikonik Lotus yang tahun ini telah menjalani debut selama 21 tahun terakhir. Menandai akhir perjalanannya, Lotus akan menghadirkan tiga varian edisi pamungkas mobil legendaris ini. Rangkaian Exige edisi pamungkas tersebut adalah Exige Sport 390, Exige Sport 420, dan Exige Cup 430.

Seperti Elise, peralatan baru untuk tahun terakhir produksi ini mencakup pilihan cat yang unik, stiker baru, dan dua pelapis roda baru. Semua versi Exige juga hadir dengan dasbor digital TFT, plakat versi Final Edition, roda kemudi baru, plus trim jok baru, dan pola jahitan.

Semua model ditenagai V6 supercharged 3.5 liter dengan bah baffled, dipasang di sasis yang ringan dan kokoh yang memberikan akselerasi mendebarkan dan respons instan. Kemudi tanpa bantuan murni menawarkan umpan balik yang indah dan komunikasi jelas di semua kecepatan.

Exige mendapatkan keuntungan dari versi dipesan lebih dahulu dari sasis aluminium ikatan perintis Lotus, subframe belakang yang unik dan suspensi aluminium double wishbone yang ditempa di bagian belakang.

Seperti rangkaian Elise Final Edition, Exige juga tersedia dalam pilihan warna baru yang mewakili mobil-mobil penting dalam sejarahnya, seperti Metallic White, dari peluncuran V6 Exige di Frankfurt Motor Show 2011; dan Metallic Orange, yang digunakan pada mobil armada pers pertama pada 2000, dan konsep Exige GT3 dari Geneva Motor Show 2007.

  • Lotus Exige Sport 390 Edisi Akhir

Exige Sport 390 baru menggantikan Exige Sport 350 yang sudah lama. Peningkatan tenaga sebesar 47bhp berasal dari kalibrasi yang telah direvisi yang dihubungkan ke supercharger Edelbrock dengan pendingin baterai, untuk menghasilkan 397bhp dan 420Nm. Terkait dengan bobot ringan 1.138kg, Exige Sport 390 berakselerasi hingga 60mph hanya dalam 3,7 detik sebelum mencapai kecepatan tertinggi 172mph.

Aerodinamika canggih diseimbangkan dengan cermat, menghasilkan 70kg downforce di belakang dan 45kg di depan dengan total 115kg pada kecepatan tertinggi. Untuk memberikan tenaga ini ke jalan raya, Exige Sport 390 memiliki roda alloy tempa ringan 10-spoke silver (depan 7,5J x 17” dan belakang 10J x 18”) dan ban Michelin PS4 (depan 205/45 ZR17 dan 265/35 ZR18 belakang).

  • Lotus Exige Sport 420 Edisi Akhir

Exige Sport 420 Final Edition memperoleh 10bhp ekstra dan menggantikan Sport 410. Ini adalah Exige tercepat yang tersedia, topping out pada 180mph, dengan 0-60mph diselesaikan dalam 3,3 detik. Dengan bobot ringan 1.110kg dan 420bhp (memberikan tenaga hingga bobot 378bhp per ton) dan 427Nm dari mesin V6 supercharged dan Chargecooled, ditambah dengan kurva torsi datar dan tenaga maksimum yang tersedia untuk putaran maksimum, Exige dianggap sebagai mobil penggerak terlengkap di kelasnya.

Daftar perlengkapan standar sangat mengesankan. Batang anti-roll Eibach depan dan belakang dapat disesuaikan dan peredam Nitron tiga arah yang dapat disesuaikan memungkinkan pengaturan kompresi kecepatan tinggi dan rendah yang berbeda. Mobil ini menggunakan pelek alloy ringan antrasit 10-spoke (depan 7,5J x 17”, 10J x 18” belakang) dengan ban Michelin Pilot Sport Cup 2 (depan 215/45 ZR17 dan belakang 285/30 ZR18).

Tenaga pengereman berasal dari rem AP Racing dengan kaliper empat piston tempa dan cakram rem J-hook dua bagian. Dengan kapasitas termal yang lebih tinggi dan gigitan yang ditingkatkan, cakram ini menawarkan pembersihan serpihan yang lebih baik dan getaran yang berkurang untuk rasa pedal yang lebih konsisten dan kinerja yang lebih baik dan bebas pudar.

  • Lotus Exige Cup 430 Edisi Final

Piala 430 tetap menjadi Exige yang terbaik. Sudah melegenda dalam masa hidupnya yang singkat, mobil ini dianggap sebagai salah satu mobil sport tercepat di dunia nyata. Tidak hanya cocok dengan jalan favorit pengemudi, tetapi juga di rumah di sirkuit yang menantang.

Didinginkan untuk 430bhp yang konsisten dan mampu menghasilkan tenaga bawah 171kg, ini adalah mobil jalan raya dan lintasan untuk menguasai semuanya. Paket aero radikal bukan untuk pertunjukan; Exige Cup 430 menghasilkan downforce sebanyak 100mph seperti yang dilakukan Exige Sport 390 pada 170mph. Dengan berat hanya 1.110kg, rasio power-to-weight mencapai 387bhp per ton yang mengejutkan.

Dengan torsi 440Nm dari 2.600rpm, 0-60mph diselesaikan dalam 3,2 detik menuju kecepatan tertinggi 174mph. Downforce seimbang di semua kecepatan, dengan mobil menghasilkan 76kg di depan dan 95kg di belakang, menghasilkan total 171kg.

Segala sesuatu tentang Exige Cup 430 difokuskan pada performa, baik saat mengemudi di jalan raya maupun di trek. Setiap mobil dilengkapi dengan panel serat karbon kelas motorsport termasuk splitter depan, panel akses depan, atap, diffuser surround, pod samping asupan udara yang diperbesar, pintu belakang satu bagian, dan sayap belakang turunan balap.

Selain geometri lengan kemudi yang direvisi untuk meningkatkan bump steer, karakteristik penanganan dapat diubah melalui peredam tiga arah Nitron yang dapat disetel (kompresi kecepatan tinggi dan rendah plus penyesuaian pantulan) dan anti-roll bar depan dan belakang yang dapat disetel Eibach, keduanya sebagai standar.

Ban Michelin Pilot Sport Cup 2 (depan 215/45 ZR17 dan belakang 285/30 ZR18) dipasang pada pelek alloy tempa ringan berpotongan berlian 10 spoke ultra ringan (depan 7,5J x 17”, belakang 10J x 18”).

Pengereman menggunakan kaliper rem AP Racing empat piston yang ditempa dan cakram rem J-hook dua bagian berkapasitas termal yang lebih tinggi di depan dan belakang. Sistem ini dirancang untuk memberikan gigitan yang lebih baik dan getaran yang berkurang, menghadirkan rasa pedal yang konsisten dan putaran tenaga pengereman yang bebas pudar.

Dengan sistem pembuangan titanium aliran tinggi sebagai standar, Cup 430 terdengar seperti supercar lain dalam kecepatan. Kontrol traksi variabel yang diturunkan dari motorsport yang dihubungkan langsung ke ECU membantu memaksimalkan traksi saat keluar dari tikungan dengan mengelola lonjakan torsi yang besar. Itu dikendalikan melalui sakelar putar enam posisi yang terletak di kolom kemudi. Hanya aktif dengan kontrol stabilitas ESP dimatikan, lima tingkat traksi yang telah diatur sebelumnya ditampilkan di kluster instrumen.

Berikut daftar harga edisi pamungkas Lotus Elise dan Lotus Exige.

Ketika produksi Lotus Elise, Exige dan Evora berakhir akhir tahun ini, total produksi gabungan final akan berada di wilayah 55.000 mobil. Bersama-sama, mereka menyumbang lebih dari setengah total produksi mobil jalan raya Lotus sejak Lotus pertama pada tahun 1948.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Lotus Exige Sport 410 Lotus Elise
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top