Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lotus Elise Edisi Pamungkas Hadirkan 2 Pilihan, Ini Harga dan Detilnya

Elise adalah salah satu mobil ikonik Lotus yang tahun ini telah menjalani debut selama 25 tahun terakhir. Menandai akhir perjalanannya, Lotus akan menghadirkan dua varian edisi pamungkas mobil legendaris ini.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 10 Februari 2021  |  21:37 WIB
Lotus Elise Final Edition 240.  - Lotus
Lotus Elise Final Edition 240. - Lotus

Bisnis.com, JAKARTA - Elise adalah salah satu mobil ikonik Lotus yang tahun ini telah menjalani debut selama 25 tahun terakhir. Menandai akhir perjalanannya, Lotus akan menghadirkan dua varian edisi pamungkas mobil legendaris ini.

Keduanya adalah Elise Sport 240 dan Elise Cup 250. Edisi Final adalah penghargaan, eksklusivitas, serta kelangkaannya tidak diragukan lagi akan memastikan permintaan yang tinggi dan menjamin status klasik di masa depan.

Mereka mempertahankan semua nilai dan fitur inti yang menjadikan Elise sebagai mobil ikonik, yakni mobil dua tempat duduk kecil, ringan, dan gesit yang ditenagai oleh mesin 1,8 liter, empat silinder yang dipasang di tengah supercharged dan didinginkan.

Sebagai standar, kedua mobil Edisi Akhir menerima daftar fitur interior dan eksterior terlengkap yang pernah ada. Perubahan terbesar adalah dasbor digital TFT baru dengan pilihan dua layar, satu dengan satu set dial konvensional dan yang lainnya bergaya mobil balap dengan pembacaan kecepatan digital dan bilah kecepatan mesin.

Kemudinya memiliki desain baru dan dibalut kulit dan alcantara. Ini fitur dasar datar untuk menciptakan jarak kaki yang lebih baik untuk pengemudi yang lebih tinggi dan untuk membantu masuk dan keluar. Setiap mobil dilengkapi dengan plakat versi Final Edition, ditambah trim kursi dan pola jahitan baru.

Pilihan warna baru telah diperkenalkan untuk Elise Sport 240 dan Elise Cup 250, mengingatkan kembali pada beberapa skema warna ikonik dari masa lalu Elise dan Lotus.

Warna ini mencakup Azure Blue, yang digunakan dalam gambar mobil produksi pertama pada 1996; Hitam, warna merek divisi motorsport ketika perusahaan menjalankan seri balapan Autobytel Lotus Elise Championship; dan Racing Green untuk penghormatan terhadap warna mobil aslinya yang diperkenalkan pada Pameran Motor Frankfurt 1995.

  • Lotus Elise Sport 240 Edisi Akhir

Elise Sport 240 Final Edition memperoleh 23bhp ekstra dari kalibrasi yang direvisi dan menggantikan Sport 220. Menghasilkan tenaga 240bhp dan 244Nm, mesin telah disetel untuk memberikan kinerja dunia nyata yang menakjubkan dan efisiensi kelas terdepan. Sprint 0-60mph diselesaikan dalam 4,1 detik berkat rasio power-to-weight 260bhp per ton. Emisi CO2 177 g / km sangat rendah untuk kinerja yang ditawarkan.

Mobil ini dilengkapi dengan pelek aluminium ringan antrasit 10-spoke sebagai standar (depan 6J x 16 "dan belakang 8J x 17"). Bobotnya 0,5kg lebih ringan dari roda pada Elise Sport 220 dan menggunakan ban Yokohama V105 (depan 195/50 R16 dan belakang 225/45 R17).

Penghematan bobot lebih lanjut dapat dicapai dengan berbagai macam panel serat karbon opsional, termasuk penutup sill dan penutup mesin, baterai lithium-ion plus jendela belakang polikarbonat ringan. Dengan semua opsi ringan yang dipilih, massa Elise Sport 240 semakin berkurang dari 922kg menjadi 898kg.

  • Lotus Elise Cup 250 Edisi Final

Kunci dari performa Elise Cup 250 adalah aerodinamis dan downforce yang dihubungkan dengan tenaga dan bobotnya yang ringan. Dengan komponen yang dioptimalkan secara aerodinamis seperti splitter depan, sayap belakang, diffuser belakang, dan ekstensi lantai samping, mobil Edisi Akhir ini menghasilkan downforce 66kg pada 100mph dan downforce 155kg pada kecepatan maksimum 154mph.

Mobil ini menggunakan roda tempa baru 10-spoke Diamond Cut ultra-ringan M Sport (depan 7J x 16 ”dan belakang 8J x 17”) dengan ban Yokohama A052 (depan 195/50 R16 dan belakang 225/45 R17).

Daftar lengkap peralatan standar termasuk peredam olahraga Bilstein dan anti-roll bar yang dapat disesuaikan, untuk membantu memaksimalkan downforce aerodinamis yang tersedia dan meningkatkan cengkeraman sambil mempertahankan penanganan Elise yang legendaris. Juga dipasang sebagai standar adalah baterai lithium-ion ringan dan jendela belakang polikarbonat.

Pilihan serat karbon ringan lainnya, seperti pada Elise Sport 240 Final Edition, tersedia untuk mengurangi massa menjadi berat tanpa beban hanya 931kg.

Daftar harga Lotus edisi pamungkas.

Selain Elise, edisi pamungkas juga akan dibuat untuk model Lotus Exige. Di samping itu, Lotus Evora juga telah memasuki tahun terakhir produksinya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Lotus Cars Lotus Elise
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top