Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertama! Polisi Patwal di Jawa Barat Gunakan Mobil Listrik

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dalam akun resmi Instagramnya, memamerkan mobil listrik pertama yang digunakan oleh polisi di Indonesia.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 08 Februari 2021  |  12:39 WIB
Polisi Patroli dan Pengawalan (Patwal) di kantor Gubernur Jawa Barat dengan mobil listrik Hyundai Kona.  - Bisnis.com/Pemprov Jabar
Polisi Patroli dan Pengawalan (Patwal) di kantor Gubernur Jawa Barat dengan mobil listrik Hyundai Kona. - Bisnis.com/Pemprov Jabar

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dalam akun resmi Instagramnya, memamerkan mobil listrik pertama yang digunakan oleh polisi di Indonesia.

Dalam keterangan foto tersebut, Ridwan Kamil mengatakan bahwa kendaraan listrik tersebut digunakan oleh polisi Patroli dan Pengawalan (Patwal) di kantor Gubernur Jawa Barat.

"Ini mobil polisi pertama di Indonesia yang menggunakan mobil listrik. Mobil patwal yang bertugas di kantor Gubernur Jawa Barat," tulisnya pada Minggu (7/2/2021).

Menurut Ridwan Kamil, penggunaan mobil listrik tidak hanya mengurangi polusi dan kebisingan, tetapi juga menghemat biaya dan anggaran bulanan untuk kendaraan dinas Pemprov Jawa Barat hingga 70 persen dibandingkan kendaraan bensin.

Mobil listrik pertama yang digunakan polisi di Indonesia ini adalah Hyundai Kona Electric, yang diluncurkan pada November 2020. Dia dirilis bersamaan dengan Ioniq Electric.

Kona EV dibanderol seharga mencapai Rp674,8, sementara Ioniq EV dibanderol Rp624,8 juta (Prime) dan Rp664,8 juta (Signature). Kedua mobil ini hadir dalam empat pilihan warna.

Kona merupakan mobil listrik jenis sport utility vehicle (SUV) yang bermain di segmen subkompak. Versi bensinnya sudah dijual di Indonesia sejak 2019.

SUV ini merupakan salah satu mobil listrik Hyundai yang populer di Eropa. Mobil ini memiliki dua varian, dengan baterai 42 kWh dan 64 kWh. Varian 42 kWh memiliki daya jangkau sejauh 255 km dan akselerasi 0—100 km/jam 9,9 detik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polisi Hyundai Kona
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top