Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Pintar Membuat Mobil Matik Tidak Boros BBM

Mobil bertransmisi matik dinilai lebih boros dari transmisi manual karena rotasi per menit (RPM) yang dihasilkan mobil matik lebih tinggi, sehingga membutuhkan bahan bakar lebih banyak.
Pedal rem jangan terlalu sering diinjak. /ANTAR
Pedal rem jangan terlalu sering diinjak. /ANTAR

Bisnis.com, JAKARTA – Mobil bertransmisi matik dinilai lebih boros dari transmisi manual karena rotasi per menit (RPM) yang dihasilkan mobil matik lebih tinggi, sehingga membutuhkan bahan bakar lebih banyak.

Tak banyak yang bisa dilakukan pengguna mobil matik untuk menghemat bahan bakar. Namun, menurut Suzuki, ada teknik berkendara yang mampu membuat mobil matik lebih irit.

1. Kecepatan Konstan

Tubuh yang terus bergerak sudah pasti butuh energi yang lebih banyak. Sama juga dengan mobil, jika berakselerasi semakin cepat maka mesin akan bekerja lebih keras dan bahan bakar yang dibutuhkan menjadi lebih banyak.

Oleh karena itu, usahakan jangan terlalu sering memakai rem jika tidak perlu. Jaga kecepatan mobil supaya bisa konstan, sehingga mesin juga akan bekerja lebih stabil.

2. Istirahatkan Kaki dari Pedal Rem

Pedal rem jangan terlalu sering diinjak. Pengemudi bisa sejenak mengistirahatkan kaki karena jika terlalu sering menginjak pedal rem akan berkontribusi dalam pemborosan bahan bakar.

3. Pastikan Tekanan Ban Cukup

Ban akan bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Tiap ban punya porsi tersendiri dan mempengaruhi efisiensi bahan bakar.

Ban yang punya tekanan kurang dari standar yang ditetapkan bisa membuat mesin mobil bekerja lebih keras sehingga berisiko menyedot bahan bakar lebih banyak.

4. Jaga Emosi Ketika Berkendara

Berkendara agresif seperti berakselerasi sangat cepat lalu mengeremnya mendadak bisa membuat pemakaian bahan bakar menjadi lebih boros. Jaga emosi saat berkendara dan berakselerasi secukupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper