Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Cara Pintar Membuat Mobil Matik Tidak Boros BBM

Mobil bertransmisi matik dinilai lebih boros dari transmisi manual karena rotasi per menit (RPM) yang dihasilkan mobil matik lebih tinggi, sehingga membutuhkan bahan bakar lebih banyak.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 02 Februari 2021  |  12:03 WIB
Cara Pintar Membuat Mobil Matik Tidak Boros BBM
Pedal rem jangan terlalu sering diinjak. - ANTAR
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Mobil bertransmisi matik dinilai lebih boros dari transmisi manual karena rotasi per menit (RPM) yang dihasilkan mobil matik lebih tinggi, sehingga membutuhkan bahan bakar lebih banyak.

Tak banyak yang bisa dilakukan pengguna mobil matik untuk menghemat bahan bakar. Namun, menurut Suzuki, ada teknik berkendara yang mampu membuat mobil matik lebih irit.

1. Kecepatan Konstan

Tubuh yang terus bergerak sudah pasti butuh energi yang lebih banyak. Sama juga dengan mobil, jika berakselerasi semakin cepat maka mesin akan bekerja lebih keras dan bahan bakar yang dibutuhkan menjadi lebih banyak.

Oleh karena itu, usahakan jangan terlalu sering memakai rem jika tidak perlu. Jaga kecepatan mobil supaya bisa konstan, sehingga mesin juga akan bekerja lebih stabil.

2. Istirahatkan Kaki dari Pedal Rem

Pedal rem jangan terlalu sering diinjak. Pengemudi bisa sejenak mengistirahatkan kaki karena jika terlalu sering menginjak pedal rem akan berkontribusi dalam pemborosan bahan bakar.

3. Pastikan Tekanan Ban Cukup

Ban akan bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Tiap ban punya porsi tersendiri dan mempengaruhi efisiensi bahan bakar.

Ban yang punya tekanan kurang dari standar yang ditetapkan bisa membuat mesin mobil bekerja lebih keras sehingga berisiko menyedot bahan bakar lebih banyak.

4. Jaga Emosi Ketika Berkendara

Berkendara agresif seperti berakselerasi sangat cepat lalu mengeremnya mendadak bisa membuat pemakaian bahan bakar menjadi lebih boros. Jaga emosi saat berkendara dan berakselerasi secukupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penghematan bbm Tip Berkendara
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top