Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Merek Mobil AS Terlaris, Sejumlah Model Ford Catatkan Rekor Baru

Ford Motor Company melaporkan hasil penjualan AS pada kuartal keempat 2020. Ford mengukuhkan diri sebagai merek mobil Amerika terlaris dengan sejumlah model yang mencapai rekor baru penjualan.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 08 Januari 2021  |  09:15 WIB
Ford F-150. Pikap F-Series mengukuhkan diri sebagai model terlaris selama 44 tahun terakhir.  - Ford
Ford F-150. Pikap F-Series mengukuhkan diri sebagai model terlaris selama 44 tahun terakhir. - Ford

Bisnis.com, JAKARTA - Ford Motor Company melaporkan hasil penjualan AS pada kuartal keempat 2020. Ford mengukuhkan diri sebagai merek mobil Amerika terlaris dengan sejumlah model yang mencapai rekor baru penjualan.

“Kuartal keempat mewakili titik perubahan Ford dalam transisi dari mobil ke fokus yang jauh lebih besar pada truk ikonik, SUV, dan kendaraan listrik untuk melayani pelanggan kami dengan lebih baik," kata Andrew Frick, Wakil President Ford Sales U.S. and Canada, Kamis (7/1/2021).

Ia mulai melihat bukti terkuat Ford ini pada Desember dengan penjualan ritel naik 5,3 persen seiring dengan peluncuran F-150 baru, Bronco Sport dan Mustang Mach-E. Ford berada dalam posisi yang baik untuk melihat manfaat dari upaya terfokus sepanjang 2021.

Sepanjang kuartal keempat, total penjualan industri mencapai 4,3 juta kendaraan, penurunan kecil 2,8 persen dibandingkan dengan periode setahun yang lalu. Ford memperkirakan industri ritel naik 2,7 persen, sementara armada turun 26,3 persen.

Desember 2020 mengakhiri tahun dengan penjualan kuat dengan peningkatan 5,2 persen dari tahun lalu, setara dengan total SAAR kendaraan 16,9 juta.

Ford menyatakan Pikap F-Series mengukuhkan diri sebagai model terlaris selama 44 tahun terakhir, Ford Explorer menempati posisi pada 2020, adapun SUV Lincoln mencapai penjualan tertingginya selama 17 tahun terakhir.

Penjualan F-150 2021 baru dimulai pada Desember. Sementara rata-rata hari kerja hanya 6 hari di banyak dealer. Penjualan Ford dipengaruhi oleh persediaan F-150 yang lebih rendah dari efek yang tersisa dari penghentian produksi akibat virus korona pada Q2 yang mengarah ke transisi F-150 yang semuanya baru.

Penjualan Super Duty mempertahankan kecepatan penjualan yang kuat dan naik 14,1 persen sementara penjualan F-150 turun 32,7 persen.

Kuartal keempat 2020 menandai titik perubahan untuk Ford, seiring dengan penurunan penjualan Fusion dan Fiesta, transisi F-150 dan SUV baru termasuk penjualan Bronco Sport dan Mustang Mach E. Penjualan ritel Ford selama kuartal keempat yang disesuaikan untuk transisi F-150 naik 4 persen – mengungguli perkiraan kenaikan industri ritel sebesar 2,7 persen.

Penjualan SUV merek Ford pada kuartal keempat mencatatkan peningkatan secara keseluruhan sebesar 4,7 persen dan 9,8 persen di ritel, dipimpin oleh Explorer, Ekspedisi, dan all-new Bronco Sport.

Explorer mengklaim sebagai SUV menengah terlaris di Amerika dengan penjualan 226.217 kendaraan. Explorer mewakili salah satu dari sedikit kendaraan yang meningkatkan penjualannya pada 2020, dengan peningkatan 20,9 persen.

Kuartal keempat merupakan inisiasi dari Bronco Sport dan akhir Desember pengenalan Mustang Mach-E sebagai transisi Ford dari mobil ke SUV.

Dipimpin oleh Transit, penjualan van Ford pada kuartal keempat mencapai 59.056 kendaraan - menjadikan Ford sebagai pembuat van komersial terlaris selama 42 tahun, dengan angka penjualan sebanyak 203.153 kendaraan.

Penjualan SUV ritel Lincoln meningkat 5,3 persen, menjadikan performa penjualan SUV ritel terbaik Lincoln 2020 dalam 17 tahun. Pangsa SUV ritel Lincoln meningkat 0,4 poin persentase menjadi 6,7 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ford Mobil Terlaris Ford Bronco
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top