Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fitur Bermasalah, Ford Motor Recall Lincoln hingga Model Transit

Ford Motor Company mengambil kebijakan recall atau menarik kembali sejumlah model kendaraaannya di Amerika Utara yang memiliki masalah terkait dengan fitur keselamatan.
 Pabrik mobil Ford di Amerika Utara. ANTARA
Pabrik mobil Ford di Amerika Utara. ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA – Ford Motor Company mengambil kebijakan recall atau menarik kembali sejumlah model kendaraaannya di Amerika Utara yang memiliki masalah terkait dengan fitur keselamatan.

Dilansir dari laman resmi Ford, Rabu (13/5/2020), Ford memutuskan untuk menarik model Lincoln Navigator 2020, Ford Expedition 2020, Ford Mustang 2019-2020, dan Ford Transit Connect 2014-2017.

Untuk model Lincoln Navigator dan Ford Expedition 2020, terdapat sejumlah fitur keselamatan yang tidak berfungsi, antara lain Pre-Collision Assist, fitur peringatan tabrak depan, dukungan rem dinamis, dan sistem pengereman darurat.

“Ford tidak mengetahui adanya laporan kecelakaan atau cedera terkait dengan kondisi ini. Tindakan [recall] ini memengaruhi 25.081 unit kendaraan di AS dan wilayah federal dan 1.106 unit di Kanada,” tulis keterangan resmi tersebut.

Ford Expedition yang terdampak dibuat pada periode 16 April 2019 hingga 20 Maret 2020, sementara Lincoln Navigator dibangun 15 Juli 2019 sampai dengan 19 Maret 2020. Kedua model tersebut diproduksi di Kentucky Truck Plant, Amerika Serikat.

Dealer Ford akan memprogram ulang seluruh modul kontrol tubuh, sistem rem antipenguncian, kluster panel instrumen dan modul kontrol headlamp dengan kalibrasi perangkat lunak yang sesuai. Pemrograman ulang juga membutuhkan reset sistem monitor pada tekanan ban.

Sementara masalah keamanan Ford Mustang berkaitan dengan pesan peringatan “Transmission Not in Park”, sehingga membuat lonceng hanya aktif selama 3 detik ketika transmisi berada di parkiran, kunci kontak mati, dan pintu pengemudi ditutup.

Lonceng seharusnya tetap aktif selama 10 detik dengan kondisi transmisi dalam keadaan parkir dan pesan peringatan akan ditampilkan selama 30 menit ketika pintu pengemudi ditutup.

Penarikan kembali model tersebut memengaruhi 10.460 unit kendaraan di AS dan wilayah federal, 158 unit di Kanada, dan 17 unit di Meksiko. Ford Mustang dibangun di Flat Rock Assembly Plant pada periode 26 April hingga 10 Oktober 2019.

Adapun, Ford Transit Connect memiliki kendala pada bagian atap panorama dan badan kendaraan yang menyatu secar utuh, sehingga menyebabkan kebisingan angin, kebocoran air, dan dalam beberapa kasus, kedua bagian itu terpisah.

Sebanyak 5.088 unit Ford Transit Connect di AS dan 45 unit di Kanada akan ditarik kembali. Model ini diproduksi di Valencia Assembly Plant pada periode 17 Juli 2014 hingga 1 Oktober 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper