Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Cara Tepat Membersihkan Rantai Sepeda Motor

Rantai adalah satu komponen pada motor yang penting, sehingga keberadaanya perlu selalu dirawat dan dibersihkan agar akselerasinya tidak berkurang.
Ilustrasi Rantai Sepeda Motor. Cara membersihkan rantai motor dapat dilakukan dengan menggunakan bahan yang aman. /BMW
Ilustrasi Rantai Sepeda Motor. Cara membersihkan rantai motor dapat dilakukan dengan menggunakan bahan yang aman. /BMW

Bisnis.com, JAKARTA – Rantai adalah satu komponen pada motor yang penting, sehingga keberadaanya perlu selalu dirawat dan dibersihkan agar akselerasinya tidak berkurang.

Apabila jarang dirawat, rantai akan cepat kering dan kendur. Untuk itu, membersihkan rantai sangat dianjurkan, semisal dengan melumasi agar kinclong dan tidak berkarat.

Mengutip laman resmi Suzuki, Jumat (1/1/2021), terdapat sejumlah langkah untuk membersihkan rantai secara tepat. Pertama adalah mengetahui jenis rantai motor, sehingga diketahui cara membersihkan rantai yang tepat.

“Kemudian Anda harus memposisikan motor dengan jagrak tengah, lalu mengecek keausan mata rantai dan sprocket gear. Cara mengecek mata rantai dilakukan dengan menggoyangkannya ke kanan dan kiri serta menariknya ke belakang. Di sini, Anda bisa memastikan apakah komponen tersebut kendur atau tidak,” tulis keterangan Suzuki.

Sprocket gear yang aus bisa dilihat dari mata gear yang menajam. Setelah dicek dan diperbaiki, maka proses pembersihan rantai bisa langsung dilakukan. Kegiatan melumasi rantai juga penting agar kondisi rantai tidak kering.

Jangan sesekali menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai. Oli bekas yang kotor akan mudah merusak mesin motor karena mengandung debu dan kotoran yang menempel pada komponen motor sebelumnya.

“Selanjutnya untuk membersihkan sela-sela rantai dan mata rantai, maka perlu menggunakan kuas atau sikat gigi berukuran kecil atau yang pas. Hal tersebut akan memudahkan dalam membersihkan kotoran yang sulit dijangkau. Jika permukaan rantai masih kotor, maka bisa dibersihkan dengan bensin.”

Selain itu, cara membersihkan rantai motor dapat dilakukan dengan menggunakan bahan yang aman. Contohnya, cairan penetran, minyak tanah, hingga sabun cuci piring. Bahan lainnya yang bisa digunakan yaitu bensin, sikat gigi, dan kuas.

Pertama, posisikan motor pada standar tengah. Oleskan bensin pada permukaan rantai untuk merontokkan kerak dan kotoran di rantai dan gear. Fungsi pengolesan bensin di permukaan rantai ini hanya sebagai pembersih pertama, dan selanjutnya perlu dibersihkan kembali.

Kedua, pembersihan dilakukan dengan menyemprotkan cairan penetran atau minyak tanah atau sabun cuci piring ke permukaan rantai dan diamkan sesaat. Setelah itu, gosok rantai dengan sikat gigi bekas secara perlahan hingga kotoran dan sisa oli pada rantai tersebut hilang.

Selanjutnya, lakukan penyemprotan kembali untuk lebih membersihkan rantai. Kotoran pada rantai dan gear akan rontok jika dibersihkan berulang kali. Jika sudah bersih, keringkan rantai lalu olesi rantai motor dengan chain lube di mata gear dan rantai motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper