Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Toyota Avanza Rajai Segmen MPV, Ini Penantang Terberatnya

Sebagai raja di kelas kendaraan multiguna (LMPV), Toyota Avanza tidak melaju sendirian. Dia mendapatkan perlawanan sengit dari pesaingnya, yakni Mitsubishi Xpander.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 23 Desember 2020  |  16:43 WIB
Model berpose saat peluncuran New Avanza dan New Veloz di Jakarta, Selasa (15/1/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam
Model berpose saat peluncuran New Avanza dan New Veloz di Jakarta, Selasa (15/1/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – Sebagai raja di kelas kendaraan multiguna (LMPV), Toyota Avanza tidak melaju sendirian. Dia mendapatkan perlawanan sengit dari pesaingnya, yakni Mitsubishi Xpander.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Avanza kembali memuncaki daftar MPV terlaris pada November 2020. Penjualan dari pabrik ke dealer atau wholesales mobil ini tercatat 3.888 unit.

Adapun, Mitsubishi Xpander menjadi penantang serius Avanza dengan total penjualan mencapai 1.139 unit. Jumlah tersebut menempatkan Xpander sebagai MPV terlaris nomor dua, sedangkan posisi ketiga dihuni Suzuki Ertiga dengan 768 unit penjualan.

Kehadiran Xpander ke pasar Indonesia pada 2017 memang digadang-gadang menjadi pesaing berat Toyota Avanza, yang tak hanya merajai segmen LMPV, tetapi juga mengukir rekor lebih dari 10 tahun bertahan sebagai model terlaris.

Di sisi lain, Xpander juga diharapkan tidak mengulang kegagalan Mitsubishi Kuda, LMPV Mitsubishi yang pada akhir 1990-an diprediksi menjadi penantang kedigdayaan Toyota Kijang.

“Walaupun banyak yang bilang ini merupakan kompetisi yang sangat berat, tetapi saya rasa tidak seperti itu,” ujar President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Naoya Nakamura, pada Desember 2018.

Nakamura meyakini Xpander dapat menyaingi Avanza di segmen mobil keluarga, meski berjarak ratusan tahun cahaya. Sebab saat itu, Xpander masih pemain baru di segmen tersebut, sementara Avanza jauh lebih dikenal publik dengan julukan mobil sejuta umat.

Namun, fakta berbicara lain. Menurut data Gaikindo Mitsubishi berhasil mendaratkan 75.075 unit Xpander ke konsumen sepanjang 2018. Jumlah ini menempel ketat raihan Avanza yang terjual sebanyak 82.167 unit.

Memasuki 2019, persaingan keduanya semakin tak terelakkan. Salip-menyalip dalam hal kinerja penjualan terjadi pada tahun tersebut. Xpander bahkan sempat beberapa kali mengungguli Avanza di segmen LMPV dalam beberapa periode.

Kendati demikian, Avanza tetap menjadi kendaraan dengan angka penjualan paling konsisten. Sepanjang 11 tahun terakhir rerata penjualan Avanza berada di kisaran 138.000 unit per tahun dengan pangsa pasar di atas 30 persen dari total pasar LMPV.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Avanza Toyota Astra Motor
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top