Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Barang Jadul! Ini Fakta Seputar Kotak P3K di Mobil

Di antara perlengkapan wajib dalam mobil ialah Kotak P3K atau pertolongan pertama pada kecelakaan. Ternyata, kotak ini bukanlah barang baru tetapi sudah ada sejak jaman dulu.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 12 Desember 2020  |  10:35 WIB
Kotak P3K dalam kemasan kotak dan kantong diperkenalkan pada 1920.  - MERCEDES BENZ
Kotak P3K dalam kemasan kotak dan kantong diperkenalkan pada 1920. - MERCEDES BENZ

Bisnis.com, JAKARTA - Di antara perlengkapan wajib dalam mobil ialah Kotak P3K atau pertolongan pertama pada kecelakaan. Ternyata, kotak ini bukanlah barang baru tetapi sudah ada sejak jaman dulu.

Salah satu bukti ini dapat dijumpai di Museum Mercedes-Benz, tempat yang menyimpan sejarah salah satu merek mobil paling tua di dunia, dengan kisah mobilitas dan budaya otomotif.

Seperti diungkap seri buletin Mercedes-Benz Museum Inside, salah satu kisah menarik dari museum tersebut adalah tentang kotak P3K alias fist aid box, yang menjadi perlengkapan dalam berkendara.

Berikut ini fakta seputar Kotak P3K.

Tersedia di Kendaraan

Kotak P3K selalu ada di kendaraan, bahkan sejak jaman baheula. Jika terjadi kecelakaan di jalan, idealnya tersedia kotak P3K standar dengan semua yang diperlukan untuk mengobati cedera ringan. Kotak P3K yang berisi perban dan bahan medis lainnya bahkan dapat menyelamatkan nyawa. Di Jerman dan di negara-negara lain, Kotak P3K untuk Kendaraan pertama kali diluncurkan di pasar pada 1920-an. Saat ini ada banyak set yang tersedia sebagai aksesoris.

Wajib Sejak 50 Tahun Terakhir

Menurut Bundesverband Medizintechnologie - Asosiasi Teknologi Medis Jerman Federal - kotak P3K telah diwajibkan di setiap kendaraan yang baru didaftarkan di Republik Federal Jerman sejak 1 Januari 1970. Amandemen Pasal 35 h Peraturan Perizinan Lalu Lintas Jalan Jerman (StVZO) dari 1969 menetapkan rinciannya. Sudah menjadi kewajiban bagi bus dan gerbong untuk membawa kotak P3K sejak 1 Agustus 1960.

Tak lama kemudian peraturan tersebut diperluas ke semua kendaraan, tidak hanya yang baru terdaftar: sejak 1 Januari 1972 semua kendaraan di Republik Federal Jerman telah memiliki untuk membawa kotak P3K. Pasal 37 Peraturan Perizinan Lalu Lintas Jalan Republik Demokratik Jerman juga mewajibkan kotak P3K bawaan untuk kendaraan. Aturan serupa berlaku di banyak negara saat ini.

Pemeriksaan Menyeluruh

Di Jerman, kotak pertolongan pertama juga diperiksa sebagai bagian dari inspeksi menurut undang-undang. Menurut otoritas pengujian TÜV Rheinland, ini menjadi wajib untuk pertama kalinya pada 1 Januari 1971. Setelah tidak memperhatikan detail ini selama beberapa tahun, memeriksa apakah kotak P3K tersedia di dalam kendaraan telah menjadi bagian yang pasti dari undang-undang inspeksi sejak 2012. Insinyur pengujian melihat dari dekat apakah kotak pertolongan pertama sudah lengkap dan mereka juga memeriksa tanggal terbaik sebelum material.

Kotak atau Kantong.

Kotak P3K pertama disimpan dalam kotak logam yang kokoh, tetapi seiring waktu kotak plastik dan kantong lembut yang terbuat dari bahan yang tahan lama telah menang. Dalam setiap kasus, isi steril kotak P3K dilindungi oleh kemasan tersendiri.

Keahlian Langsung

Kotak P3K tidak terlalu efektif kecuali isinya digunakan dengan benar. Untuk itu, pengemudi perlu mengetahui cara memberikan pertolongan pertama. Pada 1970, Peraturan Perizinan Lalu Lintas Jalan Jerman memastikan hal ini terjadi dengan membuat kursus pertolongan pertama wajib bagi mereka yang mendapatkan SIM. Keberhasilan menyelesaikan kursus tersebut dibuktikan dengan sertifikat "induksi ke tindakan darurat di tempat kejadian kecelakaan", yang umumnya dikeluarkan oleh organisasi bantuan yang menawarkan kursus terkait. Penyegaran materi dilakukan secara berkala.

Penyelamat di Dalam Kendaraan

Sementara petugas pertolongan pertama membawa kotak P3K mereka di dalam mobil, kru ambulans profesional memiliki peralatan medis yang jauh lebih komprehensif yang dapat mereka gunakan di kendaraan mereka. Kendaraan yang paling sering digunakan saat ini adalah ambulans dan kendaraan paramedis. Selama 25 tahun terakhir, Mercedes-Benz Sprinter telah menjadi basis populer untuk badan ambulans yang dipasang oleh perusahaan spesialis. Namun, merek bertuliskan bintang tersebut telah menyediakan van sebagai kendaraan dasar yang sukses sebelum itu.

Bantuan Cepat

Mobil Medis Formula 1 resmi adalah contoh kendaraan paramedis yang luar biasa. Mercedes-AMG terus menyediakan mobil Estate yang kuat ini sejak tahun 1996. Mobil medis diperkenalkan selama era kepala legendaris tim medis di trek Formula 1 Eric Sidney "Professor Sid" Watkins, pelopor dalam keselamatan Formula 1. Hingga 2004, Watkins sendiri bekerja di balapan dari kursi penumpang Mobil Medis.

Kru Saat Ini

Sejak 2009 Alan van de Merwe dari Afrika Selatan berada di belakang kemudi Mobil Medis Formula 1, sementara Brit Ian Roberts berada di sisinya sejak 2013 dalam perannya sebagai koordinator penyelamatan medis FIA F1. Awak dalam pesawat diselesaikan oleh dua dokter dari rumah sakit di dekat trek balap yang sesuai.

Tabrakan Romain Grosjean di Grand Prix Bahrain pada 30 November 2020 menggarisbawahi pentingnya Mobil Medis: dalam beberapa detik Mobil Medis ada di sana untuk menyelamatkan pengemudi dari bola api yang berkobar. Bersama dengan polisi trek, kru memulai tindakan pertolongan pertama yang efektif, yang kemungkinan besar menyelamatkan nyawa pebalap.

Mulai dengan Ambulans

Ambulans dengan basis sasis Mercedes-Benz 170 V (W 136) termasuk di antara kendaraan pertama yang diproduksi Mercedes-Benz setelah berakhirnya Perang Dunia Kedua pada 1945. Mobil sebagai ambulans dijalankan oleh organisasi atau dewan bantuan didirikan pada 1920-an - pada saat yang sama peralatan P3K diperkenalkan.

Kunjungi Mercedes-Benz Museum's Collection 3, dan lihat ambulans Mercedes-Benz 320 (W 142) tahun 1937 di The Gallery of Helpers.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kecelakaan Tip Berkendara Museum Mobil
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top