Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengintip Rak Belakang Mobil-mobil Mercedes-Benz

Untuk mengetahui tentang Mercedes-Benz dan yang terkait dengannya, Anda bisa mengunjungi Museum Mercedes-Benz. Dilansir dari lamannya, terdapat 160 kendaraan dengan total 1.500 pameran disajikan dalam pameran museum Mercedes-Benz.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 27 April 2021  |  15:00 WIB
Rak belakang pada Mercedes-Benz Saloon, model seri 124, dengan relung samping untuk penahan kepala yang dapat ditarik secara pneumatik di bagian belakang dan ceruk untuk menyimpan kotak P3K. Foto dari 1984.  - Daimler
Rak belakang pada Mercedes-Benz Saloon, model seri 124, dengan relung samping untuk penahan kepala yang dapat ditarik secara pneumatik di bagian belakang dan ceruk untuk menyimpan kotak P3K. Foto dari 1984. - Daimler

Bisnis.com, JAKARTA — Mercedes-Benz adalah salah satu merek mobil yang sangat terkenal dan salah satu yang tertua yang ada di dunia, dan masih bertahan hingga saat ini. Merek yang sangat dikenal dengan sebutan Three Pointed Stars telah menghasilkan sejumlah kendaraan.

Untuk mengetahui tentang Mercedes-Benz dan yang terkait dengannya, Anda bisa mengunjungi Museum Mercedes-Benz. Dilansir dari lamannya, terdapat 160 kendaraan dengan total 1.500 pameran disajikan dalam pameran museum Mercedes-Benz.

Di antara pameran tersebut, terdapat 33 Extras yang merupakan sorotan khusus, yang dapat menghidupkan sejarah mobilitas pribadi dan budaya otomotif yang menggunakan detail yang seringkali mengejutkan. Salah satunya adalah rak belakang.

  • Ruang penyimpanan yang bergaya

Jika Anda seorang pria di pertengahan abad ke-20 dan suka berpakaian elegan, Anda mungkin mengenakan topi sebagai penutup kepala di luar rumah. Namun, di dalam mobil tertutup, terutama saloon atau coupe, hal ini tidak perlu dan topi bisa dilepas.

Penutup yang dipasang secara permanen di atas kompartemen bagasi terbukti menjadi ruang penyimpanan sempurna. Ruang ini terletak di antara sandaran kursi belakang dan jendela belakang dan memisahkan kompartemen bagasi di bawah dari interior kendaraan. Karena biasanya digunakan untuk tujuan ini, dengan cepat diberi nama biasa hat rack, setidaknya di Jerman.

  • Ruang kosong untuk aksesori

Istilah hat rack sebenarnya agak terlambat disematkan mengingat jumlah pria yang memakai topi sudah menurun sejak keajaiban ekonomi Jerman pada 1950-an.

Kemudian area tersebut digunakan sebagai platform untuk memajang berbagai aksesoris, termasuk anjing sosis bobblehead, penutup gulungan tisu toilet yang dirajut, dan bantal bersulam. Ketiga contoh tersebut dipajang bersama di Museum Mercedes-Benz sebagai salah satu dari 33 Ekstra.

  • Favorit yang bergerak mengangguk

Dachshund atau sausage dog adalah salah satu anjing paling populer di Jerman, dan menjadi sebagai maskot di dalam mobil pada era 1960an. Figur plastik berwarna coklat dan rambut pendek itu memiliki kepala bergerak terayun-ayun saat mobil bergerak.

Pada 1980-an, bobblehead ini kemudian dihapus dari kebanyakan mobil karena dianggap aksesori yang agak borjuis. Namun, tidak lama kemudian, para apresiator klasik muda dan pecinta budaya populer lainnya di akhir abad ke-20 menemukannya kembali sebagai sosok ikonik dan populer.

Siapa pun yang mencari sosok seperti itu hari ini akan menemukannya di Mercedes-Benz: item itu tersedia sebagai aksesori asli - termasuk kerah dengan bintang Mercedes.

  • Peran gulungan

Kertas toilet dengan penutup rajutan sendiri juga sering ditemukan di rak belakang ketika otomotif menjadi populer di kalangan masyarakat luas setelah 1950-an.

Alasannya, infrastruktur sanitasi di sepanjang jalan utama tidak berkembang secepat antusiasme untuk bertamasya dengan mobil sendiri. Jadi, sebaiknya Anda memiliki cadangan.

  • Bantal, alat bantu

Bantal bersulam di rak belakang sering kali tampak seperti saudara kembar dari bantal sofa Biedermeier yang kitsch. Tetapi ada juga versi dengan konten yang lebih bermakna: pada 1970-an, banyak mobil menggunakan kotak P3K yang disamarkan sebagai bantalan plastik di rak belakang.

  • Keamanan yang utama

Walaupun tampak lucu dan aneh seperti beberapa ornamen di rak belakang, akal sehat sangat menyarankan agar tidak membiarkan benda tergeletak begitu saja di area ini.

Jika mereka terlempar ke depan dengan kekuatan yang cukup besar dalam suatu kecelakaan, maka hal tersebut menimbulkan risiko bagi penumpang.

  • Inovasi

Rak belakang kerap dianggap sebagai komponen yang tidak mencolok di mobil. Tapi di Mercedes-Benz, itu juga mencakup semangat inovatif tertentu. Selama bertahun-tahun, ceruk untuk penahan kepala yang dapat ditarik atau ceruk yang diamankan dengan penutup untuk kotak P3K telah digabungkan di dalamnya.

  • Topi Adenauer

Topi pria telah memainkan peran berulang dalam sejarah Mercedes-Benz - meskipun tidak selalu di rak topi. Kanselir Jerman pertama, Konrad Adenauer, misalnya, diduga memilih Mercedes-Benz 300 yang diperkenalkan pada 1951 sebagai mobil resminya sebagian karena ia mengenakan topi.

Dia menemukan bahwa dia bisa masuk ke mobil saloon yang luas itu tanpa harus melepaskan topinya - seperti yang terjadi dengan merek lain.

  • Topi itu kembali

Ikon unik topi kembali lagi setelah sekian lama. Slogan Pengendara Mercedes menggunakan topi lagi telah diguanakan pada 9 tahun lalu saat peluncuran New Mercedes-Benz A-Class.

Pada kenyataannya, saat peluncuran pada 2012, topi Trilby yang modis terbuat dari wol hitam dengan pola kotak-kotak kontras yang cerdas tersedia sebagai aksesori untuk menyesuaikan citra muda dan sporti dari model-model ringkas ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mercedes Benz Museum Mobil
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top