Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Museum Mercedes-Benz : 9 Cerita Seputar Alat Perbaikan Kendaraan

Sebanyak 160 kendaraan dan total 1.500 barang lainnya dipamerkan dalam beragam koleksi permanen di Museum Mercedes-Benz.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 18 Oktober 2020  |  16:34 WIB
Kit perkakas kendaraan: Kendaraan modern sangat andal dan hampir tidak memerlukan pekerjaan pemeliharaan. Kit peralatan kendaraan adalah salah satu dari 33 Ekstra di Museum Mercedes-Benz.  - Mercedes Benz
Kit perkakas kendaraan: Kendaraan modern sangat andal dan hampir tidak memerlukan pekerjaan pemeliharaan. Kit peralatan kendaraan adalah salah satu dari 33 Ekstra di Museum Mercedes-Benz. - Mercedes Benz

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 160 kendaraan dan total 1.500 barang lainnya dipamerkan dalam beragam koleksi permanen di Museum Mercedes-Benz.

Mengusung tema 33 Ekstra, Mercedes-Benz menghidupkan sejarah mobilitas pribadi dan budaya otomotif menggunakan detil yang sering kali mengejutkan.

Seri buletin Mercedes-Benz Museum Inside menarik perhatian terhadap 33 Extras dan berfokus pada cerita latar belakangnya.

Adapun masalah hari ini adalah tentang kit peralatan kendaraan.

1 - Alat bantu.

Berhati-hatilah, di mana kit alat kendaraan disimpan di kendaraan sendiri secara benar. Pemilik kendaraan perlu memikirkan hal yang satu itu terlebih dahulu. Tentu saja, perlu memastikan apakah kendaraan itu dilengkapi dengan peralatan yang dibutuhkan. Jangan lupa, kenali kegunanya jika terjadi kerusakan.

2 - Standar.

Dulu berbeda. Pekerjaan persiapan dan pemeliharaan serta perbaikan merupakan bagian integral dari mengemudi mobil. Pengemudi juga mengandalkan keahlian mekanik dan listrik yang mendalam tentang kendaraannya.

Peralatannya sangat luas - dan peralatan selalu tersedia. Terkadang pemegang khusus di kompartemen bagasi memastikan hal ini terjadi. Misalnya, pemegang ini dipasang di sedan mewah model seri W 108 dan W 109. Di kendaraan tersebut, tas kain yang berisi kit peralatan kendaraan digantung di kunci pas roda untuk disimpan.

Dan, Fritz Nallinger, Anggota Dewan Manajemen 1941-1965 yang dulunya adalah Daimler-Benz AG, memiliki ingatan yang jelas tentang kit perkakas di mobil orang tuanya. Sebagai seorang anak laki-laki pada acara hari Minggu di awal abad ke-20, dia terkadang harus duduk di antara kunci pas, kaleng minyak, dan suku cadang.

3 - Lakukan sendiri.

Pada Agustus 1888, ketika Bertha Benz dan putra-putranya berangkat dari Mannheim dalam perjalanan jarak jauh otomotif pertama dengan kemudi Patent Motor Car yang ditemukan suaminya, ketiganya lupa membawa perangkat sendiri. Perjalanan berjalan lancar, tetapi kendaraan, prototipe dari perspektif hari ini, mengalami kerusakan yang aneh.

Masalah itu bisa menggagalkan tujuan mencapai Pforzheim pada malam hari. Namun, improvisasi dan keterampilan telah membuka jalan. Bahkan, pin topi Bertha diubah menjadi alat saat dia menggunakannya untuk membersihkan pipa bensin yang tersumbat.

4 - Dapat Dipelajari

Hanya beberapa tahun kemudian mobil bermotor semakin menyebar sebagai alat transportasi. Sopir pertama adalah mekanik terlatih atau, selain pelatihan pengemudi, mereka juga dilatih secara ekstensif dalam bidang mekanik dan listrik di pabrik pabrik.

Setelah itu, mereka dapat melakukan pekerjaan apa pun. Berkat perawatan rutin, teknologi ini memiliki masa pakai yang lebih lama. Siapa pun yang ingin mencapai tujuan dengan andal harus terbiasa dengan teknologi untuk mencegah kerusakan dengan pekerjaan pencegahan atau dengan cepat menghilangkan masalah apa pun.

5 - Bengkel keliling.

Produsen kendaraan menyediakan pilihan kunci pas dan peralatan lain khusus untuk pekerjaan biasa - kit peralatan kendaraan. Misalnya, perkakas dibungkus dengan tas kain atau disimpan dalam wadah dengan sisipan khusus.

Untuk banyak seri model, peralatan dasar ini dapat ditingkatkan untuk membentuk kit perkakas yang ekstensif berdasarkan katalog aksesori. Pada 1960-an, elemen termasuk pistol gemuk untuk sasis dan suspensi masih menjadi bagian dari jangkauan, misalnya.

6 - Versi profesional.

Kit peralatan kendaraan "33 Extras" di Museum Mercedes-Benz berasal dari sepertiga pertama abad ke-20. Lebar seluruh flat kunci pas sangat besar dan akibatnya ditujukan untuk sasis dan suspensi, misalnya, untuk membatalkan tutup hub atau mengerjakan bantalan roda dan as roda.

Fakta bahwa beberapa kunci pas tersedia dalam duplikat menunjukkan sambungan sekrup yang berlawanan - mur dikencangkan satu sama lain untuk mencegahnya lepas secara tidak sengaja. Namun, fakta bahwa mereka relatif pendek menunjukkan bahwa alat universal itu sendiri juga ada di kapal: palu.

7 - Petunjuk

Bukan hanya alatnya yang lengkap. Di masa lalu, manual pemilik juga digunakan sangat luas, menjelaskan berbagai urutan pekerjaan pada kendaraan secara mendetail - dari perspektif saat ini, Anda hampir dapat menganggapnya sebagai manual bengkel.

Saat ini, penggemar mobil klasik sangat menghargai publikasi ini karena memberikan petunjuk yang akurat tentang cara menangani kendaraan mereka. Sebagai bagian otentik dari kendaraan klasik, manual ini dicari seperti kit perkakas kendaraan asli.

8 - Bantuan cepat

Kit perkakas kendaraan menjadi kurang signifikan selama beberapa dekade: kendaraan menjadi semakin dapat diandalkan, interval perawatan diperpanjang dan jaringan servis ditingkatkan. Nomor darurat juga diperkenalkan sehingga bantuan dapat dipanggil jika terjadi kerusakan.

Di Eropa, Mercedes-Benz menawarkan Pusat Bantuan Pelanggan untuk menjaga mobilitas 24 jam sehari, tujuh hari sepekan dan 365 hari setahun. Akibatnya, perangkat perkakas kendaraan menjadi kurang ekstensif dan manual pemilik tidak lagi membahas begitu banyak detail.

9 - Tekanan ban dan jarak pandang jelas

Saat ini pemilik kendaraan hampir tidak melakukan perawatan kendaraan sendiri. Kualitas jangka panjang komponen kendaraan dan pemeriksaan rutinnya di bengkel spesialis berfungsi sebagai perlindungan luar biasa terhadap kerusakan.

Namun, pemeriksaan tekanan ban atau pengisian cairan wiper kaca depan secara teratur tetap penting dan berpotensi mencegah kejutan yang tidak menyenangkan. Semua untuk memastikan segala sesuatunya tetap sebagaimana mestinya: perjalanan yang aman setiap saat!

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bengkel mobil produsen peralatan mandi Museum Mobil
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top