Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Truk Listrik Mercedes Benz Dinilai Paling Inovatif

Dua model truk listrik Mercedes Benz menyabet penghargaan Truk Inovatif 2021 dari International Truck of the Year (IToY) yakni eActros baterai-listrik dan konsep sel bahan bakar GenH2.
Konsep truk sel bahan bakar GenH2, dan Mercedes Benz eActros baterai-listrik. /Daimler
Konsep truk sel bahan bakar GenH2, dan Mercedes Benz eActros baterai-listrik. /Daimler

Bisnis.com, JAKARTA - Dua model truk listrik Mercedes Benz menyabet penghargaan Truk Inovatif 2021 dari International Truck of the Year (IToY) yakni eActros baterai-listrik dan konsep sel bahan bakar GenH2.

Juri IToY, yang terdiri dari 25 editor kendaraan komersial dan jurnalis senior, mewakili majalah truk internasional terkemuka, secara khusus menyoroti pendekatan komprehensif terhadap mobilitas listrik berdasarkan strategi jangka panjang yang jelas.

Penghargaan diserahkan secara digital kepada Martin Daum, Ketua Dewan Manajemen Daimler Truck AG dan Anggota Dewan Manajemen Daimler AG, dan Sven Ennerst, Anggota Dewan Manajemen Daimler Truck AG untuk Pengembangan, Pengadaan dan Wilayah China, pada Senin (30/11/2020).

Daimler Trucks adalah pabrikan pertama dunia yang menghadirkan truk listrik tugas berat dengan konsep distribusi perkotaan pada 2016. Pada 2018, purwarupa eActros perdana dan uji coba pelanggan intensif dimulai pada tahun yang sama. Seri eActros produksi yang direncanakan pada 2021 akan memiliki jangkauan lebih dari 200 kilometer.

Pada September 2020, Daimler Trucks mempersembahkan Mercedes-Benz GenH2 Truck, sebuah truk konsep sel bahan bakar untuk jarak tempuh hingga 1.000 kilometer dan lebih dalam versi seri, untuk menuntut transportasi jarak jauh. Uji coba pelanggan direncanakan akan dimulai pada 2023 dan dimulainya produksi seri direncanakan untuk paruh kedua dekade ini.

“Kami merasa terhormat dan bangga bahwa juri International Truck of the Year telah mengakui eActros dan Truk GenH2 kami dengan Penghargaan Inovasi Truk 2021 yang bergengsi," kata Martin Daum.

Penghargaan itu dinilainya sebagai penegasan kuat bahwa Mercedes Benz berada di jalur yang benar dengan strategi yang berfokus pada teknologi netral CO2: tenaga baterai dan sel bahan bakar berbasis hidrogen. Kombinasi ini memungkinkan Mercedes Benz menawarkan kepada pelanggan pilihan kendaraan terbaik, tergantung pada aplikasinya.

Dengan eActros, Mercedes Benz telah mendemonstrasikan dalam beberapa tahun terakhir bahwa distribusi perkotaan dengan CO2 netral sudah dimungkinkan saat ini. Dan dengan Truk GenH2, Mercedes Benz telah mempresentasikan konsep khusus untuk truk sel bahan bakar tugas berat agar dapat melakukan pengangkutan jarak jauh yang fleksibel.

Juga pada September tahun ini, Daimler Trucks mempresentasikan strategi teknologinya untuk elektrifikasi kendaraannya, mulai dari distribusi perkotaan hingga transportasi jarak jauh internasional, sehingga menegaskan kembali komitmennya terhadap tujuan Perjanjian Perlindungan Iklim Paris.

Sebagai bagian dari pendekatan komprehensif ini, untuk pertama kalinya Daimler Trucks juga menghadirkan arsitektur platform modular baru di seluruh dunia, yang disebut ePowertrain, yang, antara lain, juga mendapatkan penghargaan dari juri.

Mercedes-Benz eActros

Temuan dari pengujian pelanggan Mercedes-Benz eActros telah mengalir kepada pengembangan prototipe dan selanjutnya kendaraan produksi seri. Sejauh ini, mereka telah menunjukkan bahwa eActros bertenaga baterai murni sangat cocok untuk transportasi distribusi tugas berat yang berkelanjutan.

Truk listrik tersebut bahkan tidak kalah dengan truk diesel konvensional dalam hal keandalan dan kinerja. Namun, eActros produksi seri akan secara signifikan lebih unggul dari prototipe saat ini dalam beberapa aspek, seperti jangkauan, daya, dan keamanan. EActros produksi seri akan setara dengan Actros konvensional juga dalam hal muatan dan akan diluncurkan sebagai truk dua gandar dan tiga gandar.

Truk Daimler akan menyematkan kendaraan dalam ekosistem holistik yang mencakup layanan konsultasi untuk mobilitas listrik seperti menganalisis rute, memeriksa kemungkinan subsidi, mendukung integrasi armada operasional, dan mengembangkan solusi infrastruktur pengisian daya yang sesuai.

Pada 2020, Daimler Trucks juga telah mempresentasikan pratinjau truk jarak jauh bertenaga baterai murni, Mercedes-Benz eActros LongHaul, yang dirancang untuk perjalanan reguler pada rute yang dapat direncanakan untuk berhemat energi. Daimler Trucks berencana menyiapkan eActros LongHaul untuk produksi seri pada 2024. Jangkauannya dengan satu kali pengisian baterai mencapai 500 kilometer.

Mercedes-Benz GenH2

Para insinyur pengembangan Truk Daimler telah mendasarkan Truk Mercedes-Benz GenH2 pada kemampuan truk jarak jauh Mercedes-Benz Actros konvensional dalam hal daya traksi, jangkauan, dan kinerja. Misalnya, versi produksi seri Truk GenH2 akan memiliki bobot kotor kendaraan 40 ton dan muatan 25 ton.

Dua tangki hidrogen cair khusus dan sistem sel bahan bakar yang sangat bertenaga akan memungkinkan muatan tinggi dan jarak tempuh yang jauh, dan karenanya membentuk inti dari konsep Truk GenH2.

Truk Daimler lebih suka menggunakan hidrogen cair (LH2) karena dalam keadaan ini, pembawa energi memiliki kepadatan energi yang jauh lebih tinggi dalam kaitannya dengan volume daripada gas hidrogen. Akibatnya, tangki truk sel bahan bakar yang menggunakan hidrogen cair jauh lebih kecil dan, karena tekanannya yang lebih rendah, menjadi jauh lebih ringan. Ini memberi truk lebih banyak ruang kargo dan muatan yang lebih tinggi.

Pada saat yang sama, lebih banyak hidrogen dapat dibawa, yang secara signifikan meningkatkan jangkauan truk. Hal ini membuat Seri GenH2 Truck, seperti truk diesel konvensional, cocok untuk transportasi jarak jauh multi-hari yang sulit direncanakan dan di mana throughput energi harian tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper