Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daimler Trucks dan Luminar Siap Hadirkan Truk Otomatis

Luminar Technologies, Inc., pemimpin global dalam teknologi perangkat keras dan perangkat lunak lidar otomotif, dan produsen kendaraan komersial terbesar di dunia Daimler Truck AG, hari ini Jumat (30/10/2020), mengumumkan kemitraan untuk menghadirkan truk otomatis di jalan raya.
Kemitraan antara Luminar dan Daimler Trucks akan lebih dari sekadar menyediakan solusi teknologi otomotif penting. /Daimler
Kemitraan antara Luminar dan Daimler Trucks akan lebih dari sekadar menyediakan solusi teknologi otomotif penting. /Daimler

Bisnis.com, JAKARTA - Luminar Technologies, Inc., pemimpin global dalam teknologi perangkat keras dan perangkat lunak lidar otomotif, dan produsen kendaraan komersial terbesar di dunia Daimler Truck AG, hari ini Jumat (30/10/2020), mengumumkan kemitraan untuk menghadirkan truk otomatis di jalan raya.

Para ahli di Daimler Trucks, anak perusahaan, Daimler Trucks North America (DTNA) dan Torc Robotics yang bagian dari Autonomous Technology Group Daimler Trucks, dengan para ahli di Luminar secara kolaboratif mengejar target membawa truk (SAE Level 4) ke jalan raya secara global.

Tim akan bekerja sama erat untuk meningkatkan penginderaan lidar, persepsi, dan kinerja tingkat sistem untuk truk Daimler yang bergerak dengan kecepatan jalan raya. Untuk memperkuat kemitraan, Daimler Trucks telah mengakuisisi saham minoritas di Luminar.

Peter Vaughan Schmidt, Kepala Grup Teknologi Otonom di Daimler Trucks, mengatakan Luminar telah memelopori teknologi yang memungkinkan kendaraan otomatis berada di jalan. "Kami sangat senang bekerja sama dengan mereka untuk memajukan teknologi ini," katanya.

Truk otonom diharapkan mampu meningkatkan efisiensi dan keamanan logistik secara signifikan, dengan fokus awal pada rute jarak jauh. Penerapan otonomi terbatas ini memungkinkan teknologi digunakan secara komersial dalam produksi seri dalam jangka pendek.

"Kemitraan kami dengan Daimler Trucks memelopori era transportasi komersial berikutnya, membawa industri truk dan logistik global multi-triliun secara langsung," kata Austin Russell, Pendiri dan CEO Luminar. "Bisnis angkutan truk otonom sangat kuat, dan sekarang melihat program OEM pertama yang menghadirkannya ke dunia."

Michael Fleming, CEO Torc Robotics mengaku sangat senang bekerja sama dengan Luminar dan Lidar beresolusi tinggi jarak jauh mereka untuk meningkatkan keselamatan truk dan memungkinkan komersialkan truk tanpa pengemudi. "Ini adalah teknologi yang penting dan memungkinkan di jalur pengembangan kita."

Kemitraan antara Luminar dan Daimler Trucks akan lebih dari sekadar menyediakan solusi teknologi otomotif penting. Sebagai bagian dari komitmen bersama mereka terhadap keselamatan, perusahaan juga akan berkolaborasi dalam standar keselamatan dan praktik operasi, serta membuat kemajuan kebijakan dan peningkatan keselamatan di masa mendatang sebagai hasil dari program bersama tersebut.

Selain dengan Luminar, Daimler Truck dan Waymo juga telah berkolaborasi untuk menghadirkan truk otonom yang mengusul teknologi SAE L4. Kedua perusahaan akan mengawinkan teknologi pengemudi otomatis Waymo dengan truk Freightliner Cascadia dari Daimler.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper