Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Grup Volkswagen Produksi Mobil Listrik, Bagaimana Pasokan Komponen?

Volkswagen Group Components menyumbang sekitar 40% nilai tambah keseluruhan dari SUV listrik penuh pertama dengan merek Volkswagen, e-car ID.4. Itu sekitar 10 poin persentase lebih banyak daripada model yang sebanding dengan penggerak konvensional.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 28 November 2020  |  18:20 WIB
Ralf Brandstatter, CEO of the Volkswagen Brand berdiri di sebelah ID.4 yang tengah diproduksi di fasilitas perakitan Zwickau.  - VOLKSWAGEN
Ralf Brandstatter, CEO of the Volkswagen Brand berdiri di sebelah ID.4 yang tengah diproduksi di fasilitas perakitan Zwickau. - VOLKSWAGEN

Bisnis.com, JAKARTA - Lebih dari setahun lalu, Volkswagen memulai produksi model kendaraan sepenuhnya listrik ID3, dan berlanjut ke perakitan model ID4 mulai Agustus 2020. Bagaimana dengan pasokan komponennya?

Seperti dikutip dalam keterangan pers Volkswagen, Sabtu (28/11/2020), Volkswagen Group Components merupakan pemasok utama beragam komponen untuk model pertama dari keluarga ID Volkswagen dan banyak model merek Grup lainnya berdasarkan matriks penggerak listrik modular (MEB).

Disebutkan, Volkswagen Group Components menyumbang sekitar 40% nilai tambah keseluruhan dari SUV listrik penuh pertama dengan merek Volkswagen, e-car ID.4. Itu sekitar 10 poin persentase lebih banyak daripada model yang sebanding dengan penggerak konvensional.

Unit bisnis korporat independen tersebut bertanggung jawab atas pengembangan dan pembuatan komponen strategis untuk merek Grup. Volkswagen Group Components bertindak sebagai pelopor transformasi sektor ini: sejak 2015, perusahaan ini memiliki fokus kuat pada produk yang inovatif, kompetitif, dan dapat diskalakan untuk mobilitas masa depan.

Saat ini, Components memproduksi komponen sentral di situs internasional untuk e-SUV Volkswagen ID.4, yang diperuntukkan bagi pasar Jerman, China, dan di masa depan, Amerika Serikat. Model saat ini dan masa depan berdasarkan MEB adalah pendorong paling signifikan dari transformasi ke mobilitas elektrik di pabrik Volkswagen Group Components.

Thomas Schmall, CEO Volkswagen Group Components, yakin bahwa timnya telah mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi gejolak besar. Menurutnya, bagian nilai tambah cukup besar yang disumbangkan oleh komponen pada kendaraan merek Grup merupakan indikator daya saing.

"Ini mendukung serangan listrik Grup dan menunjukkan bahwa kami telah mengambil keputusan produk yang tepat terkait fokus masa depan kami. Ini berarti Volkswagen Group Components sedang dalam perjalanan untuk menjadi salah satu produsen e-komponen otomotif terbesar di dunia.”

Pabrik Utama Penggerak Listrik

Pabrik Components di Kassel mengirimkan penggerak listrik dan suku cadang platform untuk ID.4 dan kendaraan MEB lainnya untuk Eropa dan Amerika Utara. Sebagai bagian dari transformasi, situs terbesar Grup untuk pembuatan kotak roda gigi sekarang juga mengkhususkan diri dalam pembuatan penggerak listrik. Elemen inti, seperti rotor dan stator, dikirim oleh pabrik di Salzgitter.

Motor, kotak roda gigi, dan rumah perantara dipasang di lokasi-lokasi di Hannover, Poznan, dan Kassel. Semua komponen milik penggerak listrik, termasuk transmisi 1 gigi dari Kassel, dipasang di tempat.

Penggerak listrik untuk pasar China diproduksi di pabrik Tianjin. Hal ini menjadikan Volkswagen Group Components sebagai salah satu produsen global terbesar dari komponen kendaraan listrik penting ini.

Pusat Keahlian Sistem Baterai

Sistem baterai untuk MEB diproduksi di situs Braunschweig. Keterampilan lebih lanjut telah ditambahkan pada konstruksi dan perakitan komponen sasis: pengembangan sistem baterai bertegangan tinggi dan perangkat lunak untuk masing-masing unit kendali telah dikumpulkan di sini untuk seluruh Grup. Sistem baterai juga diproduksi di situs Foshan di China.

Cetak Biru Masa Depan

Sementara ini, tidak ada tempat yang lebih kuat dari topik transformasi selain di Salzgitter. Pertama, komponen dasar mencakup rotor dan stator diproduksi di sini untuk penggerak ID.4 dan model MEB lainnya. Kedua, Volkswagen Group Components mengumpulkan keahlian dan kompetensi untuk teknologi baterai dari seluruh Grup di Center of Excellence for Battery Cells (CoE) di lokasi.

Lini produksi percontohan dan laboratorium analisis adalah pendorong pengembangan sel baterai dan teknologi manufaktur lebih lanjut. Bekerja sama dengan produsen baterai Swedia Northvolt AB, pabrik sel baterai pertama untuk usaha patungan Northvolt Zwei akan dibangun di sebelahnya, yang akan selesai pada 2024.

Pabrik percontohan untuk mendaur ulang baterai bekas bertegangan tinggi juga akan mulai beroperasi di Salzgitter dalam beberapa pekan ke depan, memulihkan logam dan bahan mentah berharga dari baterai yang tidak dapat didaur ulang atau digunakan kembali. Tujuannya adalah untuk menggunakan kembali lebih dari 90% baterai di masa mendatang.

Volkswagen telah memulai produksi ID.3 di pabrik Zwickau, Jerman, pada 4 November 2019. Berikutnya, ID4 masuk jalur produksi mulai Agustus 2020. Dipastikan, ID.3 akan menjadi produk andalan untuk mewujudkan ambisi Volkswagen menjadi pemimpin pasar mobilitas listrik global dan menargetkan produksi hingga 1,5 juta kendaraan listrik pada 2025.

Hingga 2024, Volkswagen telah menyiapkan investasi €33 miliar untuk menopang pencapaian ambisi tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik Volkswagen ID.3 Volkswagen ID.4
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top