Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Setelah Zwickau, Pabrik Dresden Mulai Produksi VW ID.3

Volkswagen secara resmi telah memulai produksi mobil listrik VW ID.3 di pabrik Glaserne, Dresdenn, menyusul produksi di Pabrik Zwickau.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 04 Februari 2021  |  10:09 WIB
Pabrik Volkswagen di Glaserne, Dresden.  - Volkswagen
Pabrik Volkswagen di Glaserne, Dresden. - Volkswagen

Bisnis.com, JAKARTA - Volkswagen secara resmi telah memulai produksi mobil listrik VW ID.3 di pabrik Glaserne, Dresdenn, menyusul produksi di Pabrik Zwickau.

Unit pertama diluncurkan di hadapan beberapa eksekutif, serta Menteri Ekonomi dan Transportasi Saxony, Martin Dulig, dan Wali Kota Dresden Dirk Hilbert.

"Di Dresden, kami sudah mengubah situs keempat Volkswagen menjadi pabrik keluarga ID baru, dan model MEB," kata Anggota Dewan Manajemen Mobilitas Listrik VW, Thomas Ulbrich yang dikutip Antara dari CarsCoops, Kamis (4/2/2021).

Pada saat yang sama, Volkswagen juga meningkatkan produksi di pabrik mobil listrik Zwickau dan di dua pabrik MEB di China. Dengan melakukan itu, Volkswagen menegaskan kembali ambisi menjadi pemimpin global dalam mobilitas listrik.

Seperti e-Golf (yang sudah dihentikan), produksi ID.3 akan dimulai dengan satu shift untuk memproduksi 35 unit per pekan (Senin-Jumat). Selain Golf listrik, pabrik ini juga pernah menjadi rumah bagi sedan mewah Phaeton sejak 2001 hingga 2016 dan Bentley Flying Spur pada 2005-2006 dan 2013-2014.

Di Jerman, VW ID.3 ditawarkan dengan tiga opsi baterai, yakni berkapasitas 45 kWh, 58 kWh, dan 77 kWh. Tipe baterai terakhir tersedia untuk kelas Pro S dan Tour yang berjangkauan tertinggi atau untuk jarak mengemudi hingga 550 km (341 mil).

Berdasarkan keterangan Volkswagen, produksi ID.3 di Manufaktur Glaserne telah dijadwalkan mulai musim gugur 2020. Produksi ID.3 di Dresden ini menjadi dasar yang kokoh bagi masa depan Manufaktur Glaserne. Di fasilitas ini, Volkswagen juga berencana membangun atau memperluas area bisnis baru bidang pengumpulan kendaraan, sumber daya, dan pengujian fungsi kendaraan di titik trip perbatasan Polandia, Republik Ceko, dan Jerman.

Secara khusus, fungsi lokasi di Dresden sebagai titik pengumpulan kendaraan akan diperluas, dengan fokus khusus pada kendaraan listrik. Saat ini, sekitar 1.300 kendaraan per tahun diserahkan kepada pelanggan di Jerman. Jumlah ini akan ditingkatkan secara signifikan, sehingga menyediakan pekerjaan yang aman bagi sekitar 380 karyawan.

Produksi seri ID.3 di Zwickau dimulai awal November 20219 pada sebuah upacara yang dihadiri oleh Kanselir Angela Merkel dan CEO Grup Herbert Diess.

Grup berencana untuk meluncurkan hingga 75 model semua-listrik dan sekitar 60 kendaraan hibrida di pasar hingga 2029.

Grup Volkswagen menargetkan untuk menjual sekitar 26 juta kendaraan listrik pada 2029, dengan demikian membantu kendaraan elektronik membuat terobosan. Grup menghabiskan investasi €33 miliar untuk e-mobilitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik Volkswagen ID.3
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top