Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Usia Setengah Abad, Lamborghini Jarama GT Masih Mempesona

Lamborghini Jarama GT pertama kali diperkenalkan di Geneva Motor Show 1970. Jarama, yang namanya berasal dari daerah adu banteng di utara Madrid, adalah evolusi dari konsep sedan touring besar 2+2, bermesin 4 liter V12 silinder yang dipasang di depan.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 13 November 2020  |  05:41 WIB
Jarama diproduksi hanya 328 unit. Ini adalah grand tourer bermesin depan terakhir Lamborghini.  - Lamborghini\\r\\n\\r\\n
Jarama diproduksi hanya 328 unit. Ini adalah grand tourer bermesin depan terakhir Lamborghini. - Lamborghini\\r\\n\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun ini, yang merupakan tahun pandemi Covid-19, ada yang spesial bagi Lamborghini. Pabrikan yang berbasis di Sant’Agata Bolognese ini merayakan ulang tahun ke-50 Jarama GT.

Lamborghini Jarama GT pertama kali diperkenalkan di Geneva Motor Show pada Maret 1970. Jarama, yang namanya berasal dari daerah adu banteng di utara Madrid, adalah evolusi dari konsep sedan touring besar 2+2 perusahaan, dengan mesin 4 liter V12 silinder yang dipasang di depan.

Dikembangkan secara teknis berdasarkan 400 GT dan Islero sebelumnya, ia Jarama mempertahankan tata letak mekanis yang sama tetapi menampilkan siluet rancangan Marcello Gandini untuk Carrozzeria Bertone, lebih sesuai dengan tren gaya tahun 70-an, menggunakan garis-garis yang kencang dan bersudut.

Sasis diperbarui, dengan sistem pengereman yang menampilkan empat cakram besar, di mana cakram depan berventilasi, lebar track diperlebar 10 sentimeter menjadi 1.490 mm (58,7 in), dan roda magnesium Campagnolo 15 ”, untuk memasuki dekade baru. dengan cara yang sesuai dengan Lamborghini yang sporty.

Mesinnya, ditenagai oleh enam karburator Weber 40 DCOE berbadan ganda, adalah Lamborghini V12 yang terbukti dengan baik, dengan camshaft overhead ganda per bank, mampu menghasilkan 350 hp untuk kecepatan tertinggi 260 km / jam (161 mph).

Bodywork unit pra-seri dirakit oleh Carrozzeria Marazzi dari Caronno Pertusella (Varese), yang baru saja menyelesaikan produksi Islero, sedangkan model seri akan diproduksi di pabrik Carrozzeria Bertone di Grugliasco (Turin). 100 unit terakhir Jarama yang diproduksi, pada tahun 1972, akan hybrid, dengan panel bodi yang diproduksi oleh Bertone dan dirakit di Marazzi.

Interiornya sangat mewah, dengan jok kulit, AC, dan kompartemen penumpang yang nyaman untuk sebuah mobil sport plus bagasi yang lapang.

Produksi Jarama, setelah Geneva Motor Show 1972, diperluas dengan versi Jarama GTS dengan 365 HP, menampilkan asupan udara melintang di kap mesin dan dua saluran keluar udara di belakang lengkungan roda depan.

Di dalam, terdapat dasbor yang didesain ulang dengan instrumen baru, dan bentuk kursi depan yang berbeda untuk meningkatkan kelapangan di bagian belakang. Yang juga berbeda pada versi "S" adalah peleknya: tidak terlalu rumit dan tanpa mur pusat tunggal.

Jarama, dengan total 328 unit diproduksi, adalah model penting dalam sejarah Lamborghini, tidak hanya karena keindahannya yang tak lekang selama 50 tahun terakhir, tetapi juga karena itu adalah grand tourer bermesin depan terakhir.

Sejak saat itu, kecuali untuk Super SUV LM 002 dan Urus, mobil Lamborghini hanya akan memiliki tata letak mesin tengah belakang.

Unit diproduksi

- Lamborghini Jarama GT: 1970-1973, 176

- Lamborghini Jarama GTS: 1972-1976, 152

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lamborghini Mobil Legendaris
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top