Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pulih! Penjualan Grup BMW di Kuartal 3 Naik Signifikan

BMW Group membukukan pertumbuhan penjualan tahun-ke-tahun yang solid sebesar 8,6 persen di kuartal ketiga, dengan total 675.680 kendaraan dikirim ke pelanggan.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 07 Oktober 2020  |  16:03 WIB
BMW M1000RR.  - BMW
BMW M1000RR. - BMW

Bisnis.com, JAKARTA - BMW Group membukukan pertumbuhan penjualan tahun-ke-tahun yang solid sebesar 8,6 persen di kuartal ketiga, dengan total 675.680 kendaraan dikirim ke pelanggan.

Seperti yang diharapkan, kinerja penjualan dari Januari hingga September mencerminkan dampak global dari Pandemi Corona. Selama periode ini, perusahaan menjual 1.638.316 (-12,5 persen) kendaraan premium BMW, MINI dan Rolls-Royce di seluruh dunia.

“Berkat jajaran model kami yang kuat, kami dapat meningkatkan penjualan kuartal ketiga tahun-ke-tahun, meskipun efek pandemi virus korona bertahan lama,” kata Pieter Nota, Anggota Dewan Manajemen BMW AG, bertanggung jawab atas Pelanggan, Merek, Penjualan, Rabu (07/10/2020).

Nota mengaky sangat senang dengan pertumbuhan penjualan hampir 50 persen pada kendaraan listrik. Hal ini membuat elektromobilitas menjadi pendorong pertumbuhan yang substansial. Grup BMW telah mengirimkan sekitar 10.000 MINI listrik penuh sejak awal tahun.

Portofolio Produk

Pada kuartal ketiga, penjualan kendaraan BMW 9,8 persen lebih banyak (585.336 unit) dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Perusahaan menghasilkan momentum produk yang penting dengan model-model baru, seperti BMW Seri 2 Gran Coupé, model-model BMW Seri 5 yang diperbarui, dan BMW X3, yang sekarang tersedia dengan empat varian drive train yang berbeda.

Akibat efek dari virus korona, kendaraan BMW dikirim ke pelanggan dalam sembilan bulan pertama tahun ini 11,3 persen lebih sedikit.

Merek MINI mengirimkan total 208.144 (-20,0 persen) kendaraan kepada pelanggan di tahun hingga akhir September. Di kuartal III, MINI membukukan pertumbuhan penjualan yang menggembirakan sebesar 1,9 persen.

Rolls-Royce Motor Cars melaporkan penjualan 2.651 (-28,5 persen) mobil dari tahun ke tahun. Permintaan global tetap kuat di semua model, dengan penjualan kuartal ketiga naik +54 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya (Q2 2020).

Meningkatkan asupan pesanan menunjukkan kuartal keempat yang kuat dan akhir tahun yang kuat. Ghost Baru diluncurkan pada bulan September dengan pengiriman pelanggan pertama pada akhir Q4.

Adapun di segmen sepeda motor, BMW Motorrad mencatatkan penjualan sebanyak 129.599 unit pada Januari dan September (-5,4 persen); 52.892 di antaranya terjadi pada kuartal ketiga atau meningkat 20,9 persen tahun-ke-tahun.

Kendaraan Listrik

BMW Group mengirimkan total 116.381 (+ 20,0 persen) kendaraan berlistrik BMW dan MINI kepada pelanggan dalam sembilan bulan pertama tahun ini. Dengan pengiriman 54.719 unit pada kuartal ketiga, perusahaan menjual 46,6 persen lebih banyak kendaraan listrik dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Varian hibrida plug-in baru dari BMW X2, BMW Seri 3, dan BMW Seri 5 menegaskan peran utama BMW Group dalam segmen listrik premium di Eropa dan seluruh dunia. Pengiriman BMW iX3 elektrik sepenuhnya akan dimulai sebelum akhir 2020.

Tahun depan, BMW Group akan melanjutkan elektrifikasi sistematis dari jajaran modelnya, dengan BMW i4 elektrik penuh dan BMW iNEXT. Perusahaan berencana untuk memiliki lebih dari tujuh juta kendaraan listrik di jalan raya pada 2030; dua pertiganya bertenaga listrik.

Pada 2023, BMW Group akan menawarkan kepada pelanggan tidak kurang dari 25 model berlistrik - termasuk varian elektrik penuh dari BMW Seri 7 generasi berikutnya, BMW X1 dan BMW Seri 5. Pelanggan akan dapat memilih antara kendaraan listrik murni, hibrida plug-in, diesel yang efisien, dan versi bensin dengan teknologi 48 volt.

Model MINI juga berkontribusi pada kesuksesan penjualan di bidang elektromobilitas. MINI Cooper SE yang sepenuhnya elektrik terbukti sangat populer di kalangan pelanggan, dengan sekitar 10.000 unit terjual sepanjang tahun hingga saat ini.

Sekilas tentang penjualan BMW Group pada Q3 / YTD September 2020

Pasar Utama

Jerman

BMW Group meningkatkan penjualan sebesar 12,1 persen (85.579 unit) di kampung halamannya sendiri pada kuartal ketiga. Akibat virus corona, jumlah mobil yang terjual sejak awal tahun turun 16 persen secara keseluruhan menjadi 201.865 unit. Dengan kenaikan sekitar 44 persen, penjualan kendaraan listrik sangat positif sejak awal tahun mencapai pangsa sekitar dua belas persen dari total penjualan.

Eropa

Di kawasan Eropa, total 648.107 (-19,7 persen) kendaraan BMW dan MINI telah dikirim ke pelanggan sejak awal tahun. Penjualan kuartal ketiga lebih tinggi 7,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu (275.618 unit). Penjualan kendaraan listrik (+ 85,1 persen) sangat menggembirakan selama periode ini. Secara keseluruhan, situasi di Eropa terus bervariasi dari satu wilayah ke wilayah lainnya akibat pandemi virus corona.

Amerika

Dengan 99.052 kendaraan terjual pada kuartal ketiga (-17,0 persen) dan 251.154 pada tahun hingga September (-25,7 persen), situasi penjualan di Amerika saat ini tampaknya paling terpukul oleh pandemi. Namun, permintaan pelanggan kuartal terakhir untuk kendaraan BMW di AS pulih lebih cepat dari yang diharapkan. Pada kuartal terakhir, penjualan kendaraan listrik di wilayah Amerika meningkat lebih dari seperempat (+ 28,2 persen).

China

Di China, penjualan kendaraan BMW dan MINI mencapai 559.681 unit selama sembilan bulan pertama tahun ini; 6,4 persen lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Setelah kuartal kedua yang menggembirakan, pemulihan berlanjut di China pada kuartal ketiga dengan peningkatan penjualan yang signifikan sebesar 31,1 persen menjadi 230.612 unit. Per September penjualan kendaraan listrik di China meningkat 7,4 persen (20,713 unit).

Penjualan BMW & MINI di daerah pasar utama:

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Penjualan Mobil Global BMW Group
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top