Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bersihkan Laut, Suzuki Inovasi Alat Pengumpul Plastik Mikro Pertama

Suzuki mengembangkan alat pengumpul mikro-plastik pertama di dunia untuk motor tempel. Langkah tersebut menjadi bagian dari inisiatif baru untuk mengatasi masalah sampah plastik laut.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 05 Oktober 2020  |  01:00 WIB
Big Engine V6 Series merupakan salah satu produk unggulan Suzuki Marine.  - Suzuki
Big Engine V6 Series merupakan salah satu produk unggulan Suzuki Marine. - Suzuki

Bisnis.com, JAKARTA - Suzuki mengembangkan alat pengumpul mikro-plastik pertama di dunia untuk motor tempel. Langkah tersebut menjadi bagian dari inisiatif baru untuk mengatasi masalah sampah plastik laut.

Sampah plastik di laut telah menjadi masalah lingkungan dalam beberapa tahun terakhir dan sejumlah besar sampah yang belum dikumpulkan dengan benar mengalir ke laut. Mereka kemudian dipecah menjadi mikro-plastik di bawah lingkungan alam dan dampaknya terhadap sistem ekologi juga menjadi perhatian.

Untuk mengatasi masalah ini, Suzuki berfokus pada struktur motor tempel, yang memompa berton-ton air laut untuk mendinginkan mesin dan kemudian kembali ke laut. Suzuki mengembangkan perangkat pengumpul limbah mikro-plastik memanfaatkan air yang kembali.

"Melalui perangkat ini, sampah mikro-plastik di sekitar permukaan air dapat dikumpulkan hanya dengan menjalankan perahu," demikian Suzuki seperti dikutip dalam keterangan pers, Senin (5/10/2020).

Perangkat dapat dipasang ke selang balik dengan mudah, dan tidak mempengaruhi kinerja mesin karena hanya menggunakan air balik yang telah digunakan untuk mendinginkan mesin.

Menurut penelitian pemantauan yang dilakukan di Jepang, ditemukan limbah mikro-plastik di dalam zat yang dikumpulkan melalui filter. Penelitian juga dilakukan di luar negeri dan perbaikan lebih lanjut akan dilakukan.

"Kami berencana untuk memperkenalkan perangkat ini sebagai bagian opsional mulai tahun 2021 dan memasukkannya ke dalam fitur standar di masa mendatang."

Tahun 2020 adalah tahun ke-10 Proyek Laut Bersih Suzuki. Selain mengumpulkan sampah mikro-plastik melalui pengembangan Alat Pengumpul Mikro-Plastik, proyek tersebut mencakup komitmen Clean-Up the World Campaign, dan Reduce Plastic Packaging.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mesin Motor Tempel Sampah Plastik
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top