Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berikut Daftar Mobil Listrik yang Bisa Kredit DP 0 Persen

Bank Indonesia menyempurnakan ketentuan uang muka atau down payment (DP) bagi pemberian Kredit/Pembiayaan Kendaraan Bermotor (KKB/PKB) untuk pembelian kendaraan listrik berbasis baterai menjadi 0 persen.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 02 Oktober 2020  |  20:35 WIB
Hyundai Ioniq terdaftar punya nilai jual Rp454 juta.  - Hyundai
Hyundai Ioniq terdaftar punya nilai jual Rp454 juta. - Hyundai

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia menyempurnakan ketentuan uang muka atau down payment (DP) bagi pemberian Kredit/Pembiayaan Kendaraan Bermotor (KKB/PKB) untuk pembelian kendaraan listrik berbasis baterai menjadi 0 persen.

Kebijakan itu tercantum di Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 22/13/PBI/2020 tentang Perubahan Kedua atas PBI No. 20/8/2018 tentang Rasio LTV untuk Kredit Properti, Rasio FTV untuk Pembiayaan Properti, dan Uang Muka untuk Kredit atau Pembiayaan Kendaraan Bermotor (PBI LTV/FTV dan Uang Muka).

Peraturan ini menjelaskan jenis kendaraan yang dapat dibeli kredit tanpa uang muka. Mobil hybrid atau PHEV tidak masuk dalam aturan ini. Hanya mobil bertenaga baterai yang bisa menikmati Dp 0 persen.

Meski pilihan mobil listrik di Indonesia belum banyak, berikut adalah beberapa pilihan mobil baterai listrik yang sudah bisa dibeli.

1. Hyundai Ioniq

Mobil listrik satu ini memang belum diumumkan resmi dijual di Indonesia. Akan tetapi mobil ini sudah menjadi armada taksi online Grab.

Hyundai Ioniq listrik dibekali baterai lithium-ion polymer 38,3 kWh. Dengan tarif PLN saat ini, harga charging mobil listrik mencpapai Rp1.467 per kWh, atau sekitar Rp60 ribuan untuk mengisi daya dari 0-100 persen.

Kapasitas penuh baterai Ioniq listrik ini bisa digunakan untuk berkendara sejauh 373 kilometer berdasarkan standar WLTP (Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure). Cukup untuk dipakai melakukan perjalanan Jakarta-Bandung-Jakarta dalam sekali pengisian daya.

Merek Hyundai Ioniq terdaftar punya nilai jual Rp454 juta. Sementara untuk pajak tahunannya sendiri untuk PKB Pokok Rp 9.534.000, ditambah SWDKLLJ Rp143 ribu, sehingga totalnya mencapai Rp9.677.000.

2. Tesla Model 3

Tesla Model 3 di Indonesia dijual dengan tiga varian, yaitu Standard Range Plus, Long Range, dan Performance. Harga yang ditawarkan mulai Rp1,5 miliar dengan status off the road atau belum pajak.

Sementara di negara asalnya Amerika Serikat, Tesla Model 3 ditawarkan dengan rentang harga US$35.000 sampai US$59.900 atau setara dengan Rp496,8 jutaan sampai dengan Rp850,26 jutaan.

Varian Standard Range Plus memiliki jarak tempuh hingga 386 km, Long Range dan Performance hingga 499 km dalam satu kali pengisian daya.

Mobil listrik Tesla di Indonesia diimpor oleh salah satu importir mobil mewah Prestige Image Motorcars, yang berada di Pluit, Jakarta Utara.

3. Tesla Model X

Tesla Model X yang hadir di Indonesia merupakan tipe 75D, dengan kapasitas baterai 75 kWh. Model ini memiliki daya tempuh 416 km. Ada juga tipe 90D, 100D, dan P100D yang bisa dipesan konsumen Indonesia.

Tesla Model X menggunakan Falcon Wing Doors (mirip gullwing). Ini guna penumpang belakang untuk masuk ke dalam kabin di tempat parkir yang sempit. Proses buka-tutup cukup dilakukan dengan mengakses remote.

Varian 75D mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 6 detik dengan top speed 210 km/jam dan jarak telajah hingga 381 km.

90D berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 4,8 detik, dengan kecepatan maksimum 250 km/jam. Jarak jelajahnya hingga 413 km.

Varian terkuat, yakni 100D mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 4,8 detik. Kecepatan maksimumnya 250 km/jam dengan jarak jelajah hingga 474 km.

4. Tesla Model S P100D

Tesla Model S P100D dibanderol jauh lebih mahal. Harga mobil Tesla ini mencapai Rp4,4 Miliar off the road. Wajar apabila harganya sangat mahal, karena mobil ini menjadi mobil listrik tercepat di dunia.

Tesla Model S P100D bisa melesat dari 0 sampai 100 km/jam dalam waktu 2.28 detik. Mobil ini juga menggunakan sistem penggerak seluruh roda atau all-wheel drive yang menggunakan sistem penggerak elektrik, sehingga mampu mengeluarkan tenaga mencapai 767.17 hp dan torsi maksimal 1.000 Nm.

Sebanding dengan harga mobil Tesla Model S P100D pembeli juga mendapatkan interior mewah dan canggih. Di dalam ruang kabinnya terpasang layar sentuh berukuran 17 inci yang bisa digunakan sebagai sistem navigasi, multimedia, dan beragam pengaturan mobil ini.

Selain itu, tersedia pula keyless entry & start serta dashboard digital. Untuk meningkatkan kenyamanan penggunanya, Tesla juga melengkapi Model S P100D dengan 7 buah speaker dan pelek sport berukuran 19 inci.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik Kredit Pemilikan Mobil
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top