Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Desain Mobil : Teknologi Pencahayaan pada Volkswagen ID.4

ID.4 menawarkan karakter yang kuat dan sportif sekaligus menyenangkan. Pencahayaan eksterior memainkan peran utama dalam hal ini. Ini merupakan bagian integral dari konsep desain SUV listrik dan mementaskan kendaraan dengan cara baru.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 23 September 2020  |  11:30 WIB
IQ.Light pada Volkswagen ID.4  - Volkswagen
IQ.Light pada Volkswagen ID.4 - Volkswagen

Bisnis.com, JAKARTA - ID.4 menawarkan karakter yang kuat dan sportif sekaligus menyenangkan. Pencahayaan eksterior memainkan peran utama dalam hal ini. Ini merupakan bagian integral dari konsep desain SUV listrik dan mementaskan kendaraan dengan cara baru.

Hingga saat ini, setiap kali desainer otomotif ingin menarik perhatian, mereka sering menggunakan detil dan strip krom, di bagian dalam dan luar. Selama beberapa tahun terakhir, tren bergerak ke arah elemen cahaya baru di interior kendaraan, dan bagian luar kendaraan.

“Cahaya adalah krom baru,” kata Klaus Zyciora, Kepala Desain Grup Volkswagen dan mantan Kepala Desain Merek Volkswagen, Selasa (21/9/2020). “Cahaya memainkan peran utama, terutama untuk kendaraan listrik. Ini mewakili energi dan listrik, tetapi juga kehangatan dan keamanan. Cahaya adalah simbol sempurna untuk mobilitas masa depan."

Zyciora dan timnya menerapkan filosofi ini pada ID.4, menciptakan desain cahaya baru yang tepat. Lampu depan besar mendominasi ujung depan SUV listrik ini untuk memberikan tampilan yang ramah. Mereka sebagian besar sudah menampilkan teknologi LED sebagai standar.

Cluster lampu belakang telah dilengkapi dengan dioda pemancar cahaya dan strip lampu merah menghubungkannya satu sama lain. Rumah cermin eksterior menampilkan elemen cahaya tambahan: mereka menyembunyikan proyektor logo yang memproyeksikan pola berbentuk berlian, ID. motif desain khas model, ke tanah saat membuka pintu.

Teknologi tinggi oleh Volkswagen ialah IQ.Light.

Siapa pun yang mencari jene sais quoi tertentu di masa mendatang akan dapat memesan IQ.Light yang tersedia secara opsional dengan lampu depan matriks LED.

Modul cahayanya masing-masing terdiri dari sebelas LED individu, yang masing-masing dapat dimatikan dan diredupkan. Akibatnya, mereka memancarkan sinar utama yang terus menerus dan terkontrol secara cerdas, selalu menerangi jalan seterang mungkin tanpa menyilaukan pengguna jalan lainnya.

Modulnya sangat mirip dengan mata manusia. Cincin bercahaya dengan bagian bawah rata mengelilinginya - itu adalah ciri khas ID. menampilkan model IQ.Light. Bukaan berbentuk sarang lebah di rumah modul dan kabel serat optik serba guna menghasilkan lampu berjalan siang hari. Saat pencahayaan menyala, strip cahaya melintasi ujung depan untuk menghubungkan lampu depan satu sama lain.

Modul lampu di lampu depan berkomunikasi dengan pengemudi bahkan sebelum ID.4 berangkat dalam perjalanan: setiap kali pengemudi mendekati kendaraan dengan kunci, lampu akan berputar secara elektrik ke atas dari bawah untuk menyambut mereka dengan melihat ke atas.

Dengan Keyless Advanced Sistem akses di atas kapal, kendaraan ini memiliki skenario penyambutan. Dalam hal ini, modul lampu "buka mata mereka" dan kemudian diputar ke samping, membuat kesan bahwa kendaraan sedang mencari kontak mata dengan pengemudi yang mendekat.

Inovasi global : cluster lampu belakang LED 3D opsional.

Pada ID.4, Volkswagen menggunakan klaster lampu belakang 3D LED untuk pertama kalinya. Lampu belakangnya membentuk kurva datar dan memiliki efek yang sangat homogen dan jelas. Dalam setiap kasus, sembilan permukaan kabel serat optik memancarkan cahaya dengan warna merah yang luar biasa kaya. Masing-masing disk ini, terdiri dari beberapa lapisan tipis, tampak mengambang di depan latar belakang hitam. Lampu rem menyala dalam bentuk "X".

Animasi serba cepat di lampu dimulai dari logo untuk menyambut pengemudi dan mengucapkan selamat tinggal kepada mereka. Pelanggan dapat beralih di antara dua mode desain. Cluster lampu belakang LED 3D juga menyertakan sinyal belok dinamis. Ia bergerak dari dalam ke luar untuk menyampaikan dengan jelas arah yang dituju kendaraan.

Klaus Zyciora melanjutkan dengan mengatakan bahwa “cahaya di ID.4 bukanlah tujuan itu sendiri. Ini memenuhi fungsi vital dengan cara yang cerdas dan mewakili elemen integral dari desain eksterior."

Secara elektrik ke masa depan.

Serangan listrik Volkswagen semakin meningkat dengan model ID.31 dan ID.4 yang baru: ID.3 saat ini sedang diluncurkan di pasar Eropa pertama. Penayangan perdana ID.4 di dunia, yang akan tersedia di masa mendatang di segmen SUV kompak yang sedang booming, akan dilakukan pada tanggal 23 September. Kendaraan pertama akan dikirim sebelum akhir tahun ini.

Oleh karena itu, Volkswagen menggarisbawahi ambisinya untuk menjadi pemimpin pasar mobilitas listrik global. Untuk tujuan ini, Grup akan menginvestasikan sekitar €33 miliar pada 2024, termasuk €11 miliar di merek Volkswagen.

Di Jerman, situs Zwickau akan menjadi pabrik kendaraan listrik terbesar dan paling kuat di Eropa, dengan mengambil peran perintis dalam mengubah jaringan produksi Volkswagen di seluruh dunia.

Persiapan peluncuran E-SUV juga sedang berlangsung di tingkat internasional. Pra-produksi telah dimulai di pabrik China di Anting dan produksi ID.4 di situs Chattanooga di AS akan diluncurkan pada 2022.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Warna Mobil Volkswagen ID.4
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top