Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cerita di Balik Peluncuran Nissan Z Proto

Nissan Z Proto resmi diluncurkan pada 16 September 2020. Kehadirannya adalah penegasan terhadap nama Z yang telah melegenda di seluruh dunia selama lebih dari 50 tahun sekaligus menandai pembaruan mobil sport legendaris di saat Nissan juga mengubah dirinya.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 17 September 2020  |  09:42 WIB
Alfonso Albaisa, Senior Vice President of Global Design Nissan.  - Nissan
Alfonso Albaisa, Senior Vice President of Global Design Nissan. - Nissan

Bisnis.com, JAKARTA - Nissan Z Proto resmi diluncurkan pada 16 September 2020. Kehadirannya adalah penegasan terhadap nama Z yang telah melegenda di seluruh dunia selama lebih dari 50 tahun. Selain itu, peluncuran Nissan Z Proto tentu saja menandai pembaruan mobil sport legendaris di saat Nissan juga mengubah dirinya sebagai perusahaan. 

Saat Z dan Nissan memulai babak baru, model tersebut merupakan unsur utama dalam mempertahankan warisan semangat, kegembiraan, dan inovasi Nissan.

Dalam sebuah wawancara, Alfonso Albaisa, Senior Vice President of Global Design Nissan, berbicara tentang arti Z Proto bagi Nissan. Dia juga menceritakan kisah tentang bagaimana tim desainnya menghidupkan Z Proto, dan membahas keseimbangan rumit dalam memberi penghormatan pada mobil Z masa lalu sambil memodernisasi desain dan performa.

Simak petikan berikut :

Apa tujuan dari Z Proto?

Yang terpenting, kami ingin memberi tahu dunia bahwa Z berikutnya akan datang! Z adalah model kunci untuk Nissan. Ini mewakili bagaimana kami mendemokratisasi teknologi, seperti dengan Nissan LEAF, yang merupakan kendaraan listrik pasar massal pertama di dunia. Z adalah demokratisasi mobil sport sejati.

Apa pendekatan Anda dalam mendesain Z Proto?

Kami menjelajahi dua arah. satu dengan nada penghormatan yang kuat, dan satu lagi dengan perasaan futuristik seluruhnya. Desainer kami membuat studi dan sketsa yang tak terhitung jumlahnya, meneliti setiap generasi untuk lebih memahami apa yang membuatnya begitu sukses dengan generasi penggemar dan pemilik. Pada akhirnya, kami sepakat bahwa Z Proto baru ini harus melakukan perjalanan antardekade, termasuk masa depan.

Seberapa penting menyertakan referensi ke Z asli?

Membuat mobil dengan sejarah ikonik adalah tantangan besar. Sekitar 1,8 juta mobil Z telah terjual di seluruh dunia, termasuk lebih dari 1,3 juta di Amerika Utara. Itu berarti ada jutaan pemilik masa lalu dan saat ini dengan sejarah dan cerita unik mereka sendiri dengan Z. Orang-orang ingat saat pertama kali melihatnya. Kami ingin melakukan perjalanan yang berbeda dari tampilan retro murni dengan mobil, untuk melihat kenangan indah apa yang akan muncul, dan memanfaatkannya dengan ketulusan yang dibangun di atas kenangan itu dan membawa senyuman di wajah semua orang.

Saya ingat melihat generasi pertama Z ketika saya masih berusia enam tahun dan tumbuh di Miami. Itu membuat kesan yang besar bagi saya. Entah bagaimana, mobil itu selalu terlihat, bahkan saat diparkir. Sejak pertama kali melihatnya, saya selalu mengikuti Z dari generasi ke generasi - dari mesin presisi murni hingga 300ZX di era 80-an dan 90-an dengan teknologi terkini. Akhirnya, tangan saya sendiri akan membantu membawa 350Z ke generasi baru keajaiban bermata lebar, berbagi aspirasi dan intrik yang sama dengan yang saya rasakan.

Apakah model Z lain selain generasi pertama (S30) menginspirasi tim Anda?

Kami mengambil inspirasi dari semua generasi selama fase desain awal, dengan penghormatan yang kuat kepada generasi pertama Z tetapi juga dengan anggukan 300ZX. 300ZX mewakili terobosan teknologi untuk Z dan Nissan. Permukaan yang mulus dan tidak adanya garis bodi memberikan kualitas yang halus seperti batu sungai. Lampu depan proyektor yang sangat miring mengkomunikasikan tampilan yang ramping dan canggih. Anda bisa melihatnya di Z Proto. Permukaan eksterior yang halus memberikan bentuk aerodinamis yang bersih seperti mimpi.

Selain siluet profil, di mana lagi kita bisa melihat referensi ke Zs sebelumnya?

Ada anggukan ke masa lalu, beberapa lebih terlihat dari yang lain. Salah satu elemen desain eksterior utama yang ingin kami perbaiki adalah ketinggian kap mesin. Sama seperti generasi pertama Z (S30), kapnya lebih tinggi dari buntutnya. Ini cukup sulit untuk dicapai oleh desainer kami, tetapi kami tahu kami ingin mempertahankan siluet ikonik itu.

Selain itu, lampu depan LED memiliki dua setengah lingkaran yang mungkin dikenali oleh pemilik model "G-nose" ZG generasi pertama. ZG memiliki lensa kubah bening di atas ember lampu depan. Di bawah cahaya, bentuk kubah itu mengeluarkan dua pantulan melingkar. Kami menyukai karakteristik unik itu dan menemukannya secara alami sesuai dengan identitas Z Proto.

Lampu belakang belakang terinspirasi oleh desain lampu belakang berbentuk pil 300ZX yang bercahaya. Sama seperti 300ZX yang merupakan simbol lompatan teknologi untuk Z, kami menerapkan metode desain terbaru pada lampu belakang Z Proto untuk menciptakan iluminasi tajam dan bersih yang bersinar terang, siang atau malam.

Apa karakteristik menonjol dari Z Proto?

Meski dengan unsur Z pertama, mobil ini punya attitude yang berbeda. Pusat gravitasi yang "sangat rendah" memberi Z Proto postur yang benar-benar baru. Patung eksterior memberikan tampilan yang alami dan memikat sekaligus mempertahankan dinamisme otot. Paha belakang sepatbor belakang yang rendah mendorong roda ke luar, memberi kesan seperti kucing yang siap menerkam.

Z generasi pertama lebih ringan dan lebih gesit. Z Proto ini memiliki otot yang dibangun di atas itu. Ini mengisyaratkan kekuatan "mengangkat rambut" di dalam, siap untuk dilepaskan pada lari pagi yang sejuk, menyatu di antara gigi sambil mengukir di sekitar terra firma.

Z Proto memiliki cat kuning yang mencolok. Apakah ini petunjuk lain di masa lalu?

Ya, kami memilih kuning mutiara sebagai simpul ke opsi warna kuning Z dan 300ZX asli. Kami menambahkan kualitas pearlescent untuk menambahkan tampilan cemerlang dan berkilauan di bawah matahari. 300ZX memiliki warna dalam kisaran ini, tetapi karena teknologi saat itu tidak dapat mempertahankan tingkat kroma Z Proto.

Pendekatan apa yang Anda ambil dengan desain interior?

Penting bagi kami bahwa masuk ke kabin harus menjadi pengalaman transformatif. Interiornya harus pas seperti sarung tangan, menciptakan ikatan fisik langsung dengan tubuh pengemudi dan akses visual cepat untuk informasi berkendara. Tentu saja, kokpit juga merupakan ruang yang menyenangkan baik secara visual maupun fisik selama kapal pesiar santai di jalan terbuka.

Kami sangat fokus untuk memastikan bahwa informasi kendaraan dapat dipahami secara sekilas, untuk memungkinkan pengalaman berkendara yang murni dan tanpa gangguan. Inilah mengapa pengukur instrumen digital memiliki pembacaan yang seragam. Kemudi menempatkan infotainment dan kontrol kendaraan di ujung jari pengemudi dengan tetap mempertahankan tampilan klasik mobil sport.

Meski demikian, interiornya memiliki kesan modern yang kuat, dengan elemen digital di tempat yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pengemudi masa kini tanpa mengganggu atau menambah kerumitan.

Pesan apa yang ingin Anda kirim dengan Z Proto?

Z Proto mewakili komitmen untuk penggemar kami, warisan kami, dan tetap setia pada DNA Nissan. Ini bukan konsep atau studi model potensial. Z Proto adalah pernyataan bahwa Z baru akan datang, titik.

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya mengapa kami terus mengembangkan Z. Bagi saya, itu seperti bertanya mengapa manusia bernapas - ini adalah bagian integral dari kehidupan Nissan. Nissan adalah komunitas kreatif dengan jajaran produk dan sejarah yang beragam. Kami berharap orang-orang merasakan hasrat kami untuk masa lalu serta masa depan. Kami senang menciptakan mobil yang terhubung secara emosional dengan pelanggan kami. Z Proto adalah sebuah penghormatan, tetapi juga berbicara tentang teknologi masa kini, dengan sentuhan canggih luar dalam.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Sport Mobil Legendaris Nissan Z
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top