Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Nissan Z Proto : Kombinasi Retro dan Mobil Sport Masa Depan

Nissan hari ini meluncurkan Z Proto, menandakan niat perusahaan untuk meluncurkan generasi baru mobil sport Z yang legendaris.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 16 September 2020  |  12:59 WIB
Nissan Z Proto.  - Nissan
Nissan Z Proto. - Nissan

Bisnis.com, JAKARTA - Nissan hari ini meluncurkan Z Proto, menandakan niat perusahaan untuk meluncurkan generasi baru mobil sport Z yang legendaris.

Tampil di acara virtual yang disiarkan ke seluruh dunia dari Paviliun Nissan di Yokohama, mobil prototipe ini menampilkan desain baru di dalam dan luar, serta mesin V-6 twin turbocharged dengan transmisi manual.

Pertama kali diisyaratkan dalam video berjudul Nissan A-Z pada Mei, Nissan Z Proto adalah wujud penghormatan penuh warisan Z selama 50 tahun. Pada saat yang sama, ini adalah mobil sport yang sepenuhnya modern.

"Z, sebagai mobil sport murni, mewakili semangat Nissan," kata CEO Nissan Makoto Uchida, Rabu (16/9/2020). "Ini adalah model kunci dalam rencana transformasi Nissan NEXT kami, dan ini adalah bukti kemampuan kami untuk melakukan apa yang tidak berani dilakukan orang lain, dari A hingga Z. Sebagai penggemar Z, saya dengan senang hati mengumumkan bahwa Z berikutnya datang. "

Komunitas global penggemar, tua dan muda, menghadiri pengungkapan virtual hari ini. Anggota Z Club di Jepang, peserta ZCON di Nashville, Tennessee, dan penggemar di berbagai pasar lainnya menonton acara tersebut.

Dibuat dan dikembangkan oleh tim desain di Jepang, Z Proto menawarkan desain eksterior yang segar dan menarik dengan siluet yang menunjukkan rasa hormat terhadap model aslinya. Mobil sport ini berbalut cat pearlescent kuning cerah - penghargaan untuk skema cat populer pada generasi pertama Z (S30) dan 300ZX (Z32) - dan atap hitam.

Alfonso Albaisa, Kepala Desain Nissan, mengatakan bahwa menggabungkan tema retro dengan tema yang juga memproyeksikan futurisme merupakan tantangan.

"Desainer kami membuat studi dan sketsa yang tak terhitung jumlahnya saat kami meneliti setiap generasi dan apa yang membuat mereka sukses," kata Albaisa. "Pada akhirnya, kami memutuskan Z Proto harus melakukan perjalanan antardekade, termasuk masa depan."

Bentuk kap mesin dan lampu depan LED berbentuk tetesan air mata di bagian miring sama-sama mengingatkan pada Z asli. Dimensi kisi persegi panjang mirip dengan model saat ini dengan tambahan sirip kisi oval untuk menawarkan tampilan modern yang diperbarui. Bentuknya terus memancarkan kesan sportifitas dan elegan.

"Lampu depan LED memiliki dua setengah lingkaran yang mengingatkan pasar Jepang-hanya 240ZG pada tahun 1970-an," Albaisa menjelaskan. "ZG memiliki lensa kubah bening di atas ember lampu depan, yang di bawah cahaya mengeluarkan dua pantulan melingkar di atas setiap lampu depan. Kami menyukai karakteristik unik itu dan menemukan bahwa itu secara alami sesuai dengan identitas Z."

Tautan ke Z asli paling mencolok saat melihat Z Proto dari samping. Garis atap mengalir dari hidung ke bagian belakang persegi untuk menciptakan profil Z generasi pertama yang khas yang tepi belakangnya sedikit lebih rendah dari tinggi spatbor depan, memberikan Z postur yang unik. Transisi khas dari kaca seperempat belakang ke posisi rendah pada ekor belakang menambah efeknya.

Bagian belakang mengambil inspirasi dari lampu belakang 300ZX (Z32), yang ditafsirkan ulang untuk dunia modern. Ditetapkan dalam bagian persegi panjang hitam yang melintang di bagian belakang dan membungkus bagian luar, lampu belakang LED menyampaikan cahaya yang tajam pada tepinya.

Perawatan serat karbon ringan pada side skirt, bibir bawah depan, dan kelambu belakang memastikan performa yang gesit. Velg 19 inci dan knalpot ganda melengkapi kehadiran Z Proto di jalan raya.

Interior : teknologi modern dengan sentuhan vintage

Didesain agar pas untuk pengemudi dan penumpang seperti sarung tangan, kabin Z Proto memadukan teknologi modern dengan sentuhan vintage Z secara mulus.

Tim desain interior meminta saran dari legenda olahraga motor profesional agar Z Proto memiliki kabin mobil sport yang ideal, baik untuk jalan raya maupun lintasan. Ini bisa dilihat di instrumentasi Z. Semua informasi penting terdapat di layar meteran digital 12,3 inci dan diatur untuk membantu pengemudi menangkapnya secara sekilas, seperti titik pergeseran garis merah pada posisi jam dua belas.

Roda kemudi baru yang dalam menawarkan kontrol akses cepat kepada pengemudi tanpa kehilangan estetika vintage-nya.

Aksen kuning ditemukan di seluruh kabin, termasuk jahitan pada panel instrumen. Kursi-kursinya memiliki aksen kuning khusus dan garis gradasi berlapis di tengah jok untuk menciptakan kedalaman.

Kegembiraan mobil sport : dinamis dan menggembirakan

Model Z asli dibuat untuk menghadirkan kegembiraan dan kegembiraan kepemilikan mobil sport kepada sebanyak mungkin orang.

"Z selalu menjadi pemain dinamis yang kuat, sehingga memudahkan pelanggan untuk menikmati kemampuannya dan merasa terhubung dengan mobil," kata Hiroshi Tamura, kepala spesialis produk Z Proto. "Ini telah terjadi di semua generasi, dan inilah yang mendorong semangat kami untuk berinovasi dan menantang norma."

Setiap generasi baru memiliki mesin yang lebih bertenaga, meskipun Z lebih dari sekadar peningkatan tenaga.

"Z adalah keseimbangan antara kekuatan dan ketangkasan," lanjut Tamura. "Ini adalah kendaraan yang menciptakan hubungan dengan pengemudi tidak hanya pada tingkat fisik, tetapi juga secara emosional, dan menanggapi impuls pengemudi."

Jangan salah, Z Proto memiliki kekuatan yang luar biasa. Di bawah kap yang memanjang adalah mesin V-6 twin-turbocharged yang disempurnakan yang dipadukan dengan gearbox manual enam kecepatan. Sebagai prototipe, pekerjaan sedang dilakukan untuk menyinkronkan kekuatan dengan keanggunan dan kontrol yang telah mendefinisikan Z selama 50 tahun terakhir.

“Dengan peluncuran terobosan Ariya EV pada musim panas ini, kami telah memulai era baru elektrifikasi dan teknologi penggerak otonom,” kata Uchida. "Dengan Z, kami menghadirkan kegembiraan mobil sport murni bagi pengemudi. Selama lebih dari 50 tahun kami telah menciptakan legenda Z bersama-sama. Saya senang Anda bersama kami untuk babak menarik berikutnya. Z sedang dalam perjalanan."

Simak video peluncurannya!

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nissan Mobil Sport Mobil Legendaris Nissan Z
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top