Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daimler Trucks Ungkap Strategi Kendaraan Listrik

Daimler Trucks mengungkapkan strategi teknologinya untuk elektrifikasi kendaraannya. Selain itu, pabrikan truk ini juga memamerkan untuk pertama kalinya kendaraan konsep berpenggerak sel bahan bakar Mercedes-Benz GenH2.
Mercedes Benz e-Actros. /Daimler
Mercedes Benz e-Actros. /Daimler

Bisnis.com, JAKARTA - Daimler Trucks mengungkapkan strategi teknologinya untuk elektrifikasi kendaraannya. Selain itu, pabrikan truk ini juga memamerkan untuk pertama kalinya kendaraan konsep berpenggerak sel bahan bakar Mercedes-Benz GenH2.

Martin Daum, Ketua Dewan Manajemen Daimler Truck AG dan Anggota Dewan Manajemen Daimler AG, mengatakan bahwa pelanggan membuat keputusan pembelian yang rasional dan tidak mau berkompromi dengan kesesuaian truk mereka untuk penggunaan sehari-hari, tonase, dan jangkauan.

"Dengan konsep penggerak alternatif kami dari Mercedes-Benz - GenH2, eActros LongHaul, dan eActros - dan truk listrik merek Freightliner dan FUSO, kami memiliki fokus yang jelas pada kebutuhan pelanggan dan menciptakan alternatif netral CO2," ujarnya dalam keterangan pers, Rabu (16/9/2020)

Daimler Trucks memastikan bahwa strategi teknologinya mencakup kendaraan untuk distribusi perkotaan hingga transportasi jarak jauh internasional, dengan demikian menegaskan kembali komitmennya terhadap tujuan Konvensi Perlindungan Iklim Paris.

Dengan GenH2, Daimler Trucks mendemonstrasikan untuk pertama kalinya teknologi spesifik, yang mana truk sel bahan bakar tugas berat dapat melakukan operasi pengangkutan jarak jauh secara fleksibel dengan jangkauan hingga 1.000 kilometer dalam satu tangki hidrogen.

Truk Daimler berencana untuk memulai uji coba GenH2 pada 2023, adapun produksi seri akan dimulai pada paruh kedua dekade ini. Berkat penggunaan cairan dan bukan gas hidrogen dengan kepadatan energinya yang lebih tinggi, performa kendaraan direncanakan untuk menyamai truk diesel konvensional yang sebanding.

Daimler Trucks hari ini juga menyajikan untuk pertama kalinya pratinjau truk jarak jauh bertenaga baterai murni, Mercedes-Benz eActros LongHaul, yang dirancang untuk mencakup perjalanan reguler pada rute yang dapat direncanakan dengan cara yang hemat energi.

Daimler Trucks berencana menyiapkan Mercedes-Benz eActros LongHaul untuk produksi seri pada 2024. Jangkauannya dengan satu kali pengisian baterai akan mencapai sekitar 500 kilometer.

Selain itu, dengan Mercedes-Benz eActros untuk transportasi distribusi, yang telah diperkenalkan pada 2018 dan telah diuji secara intensif sejak saat itu oleh pelanggan dalam operasi transportasi sehari-hari.

Daimler Trucks akan memulai produksi seri truk tugas berat bertenaga baterai murni ini pada tahun depan. Kisaran eActros yang diproduksi seri dengan satu kali pengisian baterai akan secara signifikan melebihi jarak prototipe sekitar 200 kilometer.

Daimler Trucks mengejar jadwal kendaraan serupa untuk pasar Amerika Utara dan Jepang seperti halnya untuk Eropa. Pada 2022, portofolio Daimler Trucks di wilayah penjualan utamanya - Eropa, AS, dan Jepang - akan menyertakan kendaraan yang diproduksi secara seri dengan penggerak baterai-listrik.

Perusahaan juga memiliki ambisi untuk hanya menawarkan kendaraan baru yang netral CO2 dalam operasi penggerak (dari tangki ke roda) di Eropa, Amerika Utara dan Jepang pada 2039.

Sebagai arsitektur platform modular baru di seluruh dunia, apa yang disebut ePowertrain akan menjadi basis teknologi dari semua truk yang diproduksi seri-listrik dan netral-CO2 tugas menengah dan berat dari Daimler Trucks - baik yang ditenagai oleh baterai atau hidrogen- sel bahan bakar berbasis.

Platform ini akan menampilkan kinerja, efisiensi dan daya tahan tingkat tinggi. Dengan ePowertrain, Truk Daimler berencana mencapai sinergi dan skala ekonomi untuk semua kendaraan dan pasar yang relevan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper