Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lotus Cars Luncurkan Program Sertifikat Asal Mobil

Lotus Cars meluncurkan program Certificate of Provenance baru yang menunjukkan penerima pertama mobil. Penerima sertifikat pertama adalah Turbo Esprit, mobil perusahaan terakhir dari pendiri Lotus Colin Chapman.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 18 Agustus 2020  |  12:55 WIB
Certificate of Provenance. Arsip Lotus adalah database informasi yang sepenuhnya dikatalogkan dan dapat memberikan banyak fakta tentang mobil Lotus dari era mana pun.  - Lotus Cars
Certificate of Provenance. Arsip Lotus adalah database informasi yang sepenuhnya dikatalogkan dan dapat memberikan banyak fakta tentang mobil Lotus dari era mana pun. - Lotus Cars

Bisnis.com, JAKARTA - Lotus Cars meluncurkan program Certificate of Provenance baru yang menunjukkan penerima pertama mobil. Penerima sertifikat pertama adalah Turbo Esprit, mobil perusahaan terakhir dari pendiri Lotus Colin Chapman.

Certificate of Provenance tersedia di seluruh dunia melalui pengecer Lotus. Di Inggris, biayanya £170 + ongkos kirim. Harga di pasar lain kemungkinan berbeda.

Certificate of Provenance dirancang untuk menarik para pemilik mobil Lotus dari era mana pun. Mereka dapat membeli satu untuk diri mereka sendiri atau menerimanya sebagai hadiah dari teman atau keluarga. Ini disampaikan dalam kotak presentasi 'For the Drivers' Lotus yang khas, yang berisi:

> Certificate of Provenance

Dicetak di atas kertas premium. Sertifikat ini memberikan ringkasan detil mobil, termasuk NIK, warna cat, dan spesifikasinya. Sertifikat tersebut juga mencatat tanggal mobil tersebut menyelesaikan produksinya di pabrik Hethel dan diserahkan ke tim penjualan Lotus.

> Surat Spesifikasi Bangun.

Surat disusun dengan menggunakan informasi kendaraan secara terperinci dari arsip Lotus, dokumen ini memberikan informasi yang lebih mendalam tentang mobil, termasuk mesin, transmisi, fitur standar, dan tambahan opsional.

> Surat dari CEO Lotus.

Surat ini dipersonalisasi kepada pelanggan yang ditandatangani oleh Phil Popham, CEO, Lotus Cars. Berisi ungkapan terima kasih atas pembelian mereka dan memperbarui mereka tentang transformasi yang sedang terjadi di Lotus.

Ketiga dokumen tersebut disajikan dalam amplop hitam sederhana di dalam kotak. Di bawahnya adalah pilihan koleksi Lotus, termasuk plakat aluminium yang diukir dengan nama pemilik dan informasi dari Certificate of Provenance; gantungan kunci teratai dari kulit; penanda serat karbon yang menampilkan sembilan kemenangan motorsport paling signifikan dari merek tersebut; sebuah kaleng presentasi berisi empat lencana; dan pena tinta Lotus.

Turbo Esprit 1981

Turbo Esprit model 1981 adalah mobil pernah dikendarai oleh Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher saat berkunjung ke Norfolk. Mobil ini baru-baru ini diakuisisi oleh Lotus. Setelah direstorasi, Turbo Esprit akan bergabung dengan koleksi perusahaan.

Lotus Turbo Esprit 1981 memiliki plat nomor Inggris UVF 464X dan pertama kali didaftarkan ke Lotus pada 1 Agustus 2020. Lotus Certificate of Provenance mengungkapkan bahwa mobil itu milik pendiri perusahaan Colin Chapman untuk penggunaan eksklusifnya.

Setelah kematian Chapman pada Desember 1982, mobil dijual oleh Lotus pada Juli 1983 dan telah menjadi milik pribadi sejak itu. Mobil ini tercatat hanya menempuh jarak 11.000 mil dan dirawat secara teratur.

Finishing cat Silver Diamond metalik dengan stiker Turbo Esprit, tambahan opsional yang dipasang di pabrik termasuk interior kulit merah penuh, AC, dan sistem audio Panasonic yang terintegrasi ke dalam headliner.

Namun, spesifikasinya benar-benar unik karena memiliki beberapa fitur yang ditambahkan atas permintaan Chapman untuk meningkatkan kenyamanan dan kenikmatan berkendara sendiri.

Tambahan ini termasuk power steering. Ini menjadikan Esprit pertama yang memiliki teknologi power steering. Selain itu, Esprit ditambah suspensi yang dimodifikasi dan diturunkan, rem yang dimodifikasi, dan pelek kisi BBS Mahle.

Pada 5 Agustus 1981 mobil itu digunakan oleh Chapman untuk mempromosikan rangkaian Lotus terbaru kepada Perdana Menteri Inggris saat itu, Margaret Thatcher, ketika dia melakukan tur ke Norfolk.

Setelah mendarat di Bandara Norwich dan berbicara dengan Chapman, dia duduk di belakang kemudi dan mengendarainya mengitari jalan pribadi situs tersebut. Media lokal melaporkan bahwa dia berkata, "Saya tergoda untuk pergi begitu saja."

CEO Lotus Cars Phil Popham mengatakan Certificate of Provenance menunjukkan bagaimana sertifikat tersebut telah memvalidasi sejarah Turbo Esprit yang ikonik dan unik.

"Arsip Lotus adalah database informasi yang sepenuhnya dikatalogkan dan dapat memberikan banyak fakta tentang mobil Lotus dari era mana pun. Ini adalah hadiah yang sempurna untuk pemilik Lotus di mana pun di dunia," katanya seperti dikutip dari keterangan pers Lotus Cars, Selasa (18/8/2020).

Berbicara tentang Turbo Esprit yang unik, dia menambahkan, “Ini adalah mobil ikonik dan unik dari katalog punggung Lotus, dipersonalisasi oleh pendiri kami Colin Chapman dan dengan asalnya yang benar-benar menarik. Itu layak mendapat tempatnya dalam koleksi kami dan kami berharap untuk memamerkannya."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sertifikat Lotus Cars
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top