Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fiat Chrysler dan Waymo Perluas Kolaborasi Mobil Otonom

Fiat Chrysler Automobiles (FCA) dan Waymo memperluas kemitraan pengembangan mobil otonom mereka ke segmen kendaraan komersial, dilansir USA Today, Minggu (26/7/2020).
Mobil Van Pasifica yang dilengkapi  Driver Waymo. /FCA
Mobil Van Pasifica yang dilengkapi Driver Waymo. /FCA

Bisnis.com, JAKARTA - Fiat Chrysler Automobiles (FCA) dan Waymo memperluas kemitraan pengembangan mobil otonom mereka ke segmen kendaraan komersial.

Dalam perluasan kemitraan 4 tahun mereka, FCA dan Waymo, yang dulu dikenal sebagai proyek mobil self-driving Google, berencana untuk mencocokkan van ProMaster Ram dengan Waymo Driver, otak otonom di balik ratusan minivan Chrysler Pacifica Hybrid di teknologi ride-hailing fleet Waymo.

Van ProMaster Ram sudah dijual Fiat Chrysler secara global.

"Perluasan kemitraan memperdalam hubungan dengan mitra teknologi terbaik, kami beralih ke kebutuhan pelanggan komersial dengan bersama-sama memungkinkan self-driving, dimulai dengan Ram ProMaster,” kata Mike Manley, Chief Executive Officer FCA, dalam keterangan pers yang dikutip, Minggu (26/7/2020).

Perusahaan mobil otonom dan produsen mobil telah mengalihkan investasi dan rekayasa ke pengiriman dan penggunaan mobil komersial tanpa supir.

Menurut keduanya, hal ini dinilai lebih cepat menguntungkan dibanding mobil otonom untuk penumpang yang dinilai banyak mengalami hambatan teknis, sosial, dan regulasi lainnya.

FCA dan Waymo telah berkolaborasi sejak 2016 untuk teknologi otonomi L4 di seluruh armada FCA, dan mulai bekerja dengan Waymo untuk merancang produk FCA di masa depan untuk pergerakan orang dan barang yang dioperasikan oleh Driver Waymo.

Kedua perusahaan juga telah mengintegrasikan sistem kendaraan self-driving Driver Waymo ke dalam kendaraan, seperti minivan Chrysler Pacifica.

Kemitraan yang diperluas dengan Fiat Chrysler akan mencakup ride-hailing, pengiriman komersial, dan kendaraan pribadi di seluruh dunia, kata Kepala Eksekutif Waymo John Krafcik dalam sebuah pernyataan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper