Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dampak Pandemi Covid-19, Pabrik Mobil Ini Kurangi Jumlah Toilet

Pengurangan jumlah toilet telah dilakukan di beberapa fasilitas produksi.
Stellantis. /Groupe-PSA
Stellantis. /Groupe-PSA

Bisnis.com, JAKARTA — Pandemi Covid-19 rupanya bukan hanya mengurangi aktivitas di pabrik otomotif, tetapi juga jumlah toilet.

Pengurangan toilet, menurut laporan Reuters, sudah dilakukan di beberapa fasilitas produksi Stellantis

Stellantis adalah pabrikan mobil hasil merger Fiat Chrysler Automobiles dengan PSA Group dengan tujuan menghemat uang. 

Dilaporkan pada Kamis lalu, 25 Maret 2021, jumlah toilet di pabrik Mirafiori, Turin, telah berkurang. Reuters mengkonfirmasi kepada anggota serikat pekerja, yang menambahkan bahwa kebijakan itu telah mengkhawatirkan karyawan.

Di pabrik Atessa, layanan pembersihan telah turun sekitar 35 persen, padahal di masa pandemi Covid-19 soal kebersihan menjadi prioritas bagi masyarakat.

Seorang pemimpin serikat pekerja menyatakan langkah-langkah tersebut  datang dari manajemen lokal, bukan Stellantis pusat.

Pengurangan jumlah toilet dan layanan kesehatan bukan satu-satunya kebijakan yang diambil. Stellantis juga mengatur ulang layanan transportasi dan mengurangi suhu ruangan di beberapa pabrik.

Adapun Stellantis memang memiliki tugas untuk mengelola uang sambil mengembangkan beberapa merek di bawahnya, seperti Alfa Romeo, Lancia, DS, selain Peugeot dan Fiat.

Seperti diberitakan sebelumnya hasil merger PSA Group dan Fiat itu diumumkan pada medio 2020. Kemudian disetujui oleh Uni Eropa, dan kemudian pada 28 Oktober 2020 keduanya juga sudah mendapatkan restu dari pada pemegang obligasi PSA.

Pimpinan Fiat Chrysler Automobiles John Elkann kepada Reuters sempat mengatakan bahwa melalui merger bersama PSA, mereka berhasrat menjadi pembuat mobil terbesar keempat di dunia pada awal tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper