Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Skoda 1100 OHC, Tonggak Keterlibatan Merek Ceko di Motorsport

Skoda membangun contoh pertama dari prototipe mobil sport 1100 OHC, 60 tahun yang lalu. Mobil balap dua tempat duduk terbuka dengan tipe 968 menunjukkan sejumlah inovasi teknis inovatif.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 21 Juli 2020  |  13:40 WIB
Penampilan pertama mobil sport itu menghasilkan kemenangan pertamanya. Pengemudi pabrik berpengalaman Miroslav Fousek memenangkan perlombaan di sirkuit kota di Mlad Boleslav dengan kemudi Skoda 1100 OHC pada akhir Juni 1958. - Skoda
Penampilan pertama mobil sport itu menghasilkan kemenangan pertamanya. Pengemudi pabrik berpengalaman Miroslav Fousek memenangkan perlombaan di sirkuit kota di Mlad Boleslav dengan kemudi Skoda 1100 OHC pada akhir Juni 1958. - Skoda

Bisnis.com, JAKARTA - Skoda membangun contoh pertama dari prototipe mobil sport 1100 OHC, 60 tahun yang lalu. Mobil balap dua tempat duduk terbuka dengan tipe 968 menunjukkan sejumlah inovasi teknis inovatif.

Skoda 1100 OHC dengan dua tempat duduk mulai dirancang pada musim semi 1956. Pada 1959, dua coupe dibangun atas dasar ini. Salah satunya mobil balap atap terbuka berwarna merah yang menarik perhatian di Museum Skoda di Mladá Boleslav.

"Skoda 1100 OHC adalah contoh utama rekayasa dan konstruksi Ceko," kata Andrea Frydlova, Direktur Museum Skoda, dalam publikasi Skoda yang dikutip, Selasa (21/7/2020). "Mobil itu adalah salah satu tonggak penting dalam keterlibatan Skoda dalam motorsport."

Skoda 1100 OHC ditenagai mesin 1.089 cc empat silinder segaris yang dipasang di depan dengan dua poros bubungan di kepala silinder, dengan output 92 hp pada 7.700 rpm, dan kecepatan engine maksimum adalah 8500 / mnt. Pada masanya, output 85 hp adalah spektakuler. Skoda 1100 OHC meminum bahan bakar pesawat terbang beroktan tinggi.

Dengan jarak sumbu roda 2.200 milimeter, panjang total 3.880 milimeter, lebar 1.430 milimeter dan tinggi hanya 964 milimeter, mobil balap ini sangat rata dan memanjang.

Berkat bodinya ringan yang terbuat dari plastik dan diperkuat serat gelas (GRP), Skoda 1100 OHC dengan atap-terbuka memiliki bobot hanya 550 kilogram.

Desain yang sangat ringan ini memberi kontribusi signifikan terhadap akselerasi dan kemampuan melesat hingga 190-200 km / jam, tergantung pada rasio gandar. Sama pentingnya adalah faktor resistansi udara rendah dari tubuh.

Pada tahap awal pengembangan, mobil balap masih memiliki lampu lipat lipat yang dapat ditarik, tetapi ini segera harus memberi jalan kepada solusi yang lebih praktis: lampu tetap dengan penutup aerodinamis yang terbuat dari Plexiglas.

Skoda 1100 OHC adalah prototipe. Berbeda dengan model Skoda Sport dan Supersport yang didasarkan pada sasis kuat dari model produksi Skoda 1101.

Basis strukturalnya adalah bingkai tabung berkisi yang dilas dari tabung berdinding tipis. Mobil ini berkarakter penanganan yang sangat baik untuk distribusi berat yang hampir sempurna: dengan pengemudi 75 kilogram, rasionya adalah 49,7 hingga 50,3 persen mendukung gandar belakang yang digerakkan.

Kopling, gearbox lima kecepatan, dan wadah transfer terletak di bagian belakang dan membentuk unit perakitan tunggal. Di bagian depan, roda dipasang pada poros wishbone trapesium; di belakang, pada poros pendulum dengan lengan trailing. Suspensi torsion bar dari roda spoked 15-inci adalah teknologi tercanggih di akhir 1950-an.

Penampilan pertama mobil sport itu menghasilkan kemenangan pertamanya. Pengemudi pabrik berpengalaman Miroslav Fousek memenangkan perlombaan di sirkuit kota di Mladá Boleslav dengan kemudi Skoda 1100 OHC pada akhir Juni 1958.

Selain kemenangan di acara sport lokal, pebalap lain meraih sukses di negara lain. Karena situasi politik yang sulit pada akhir 1950-an dan awal 1960-an, mobil balap dari Mladá Boleslav tak lagi bebas bersaing di negara-negara sosialis.

Selain dua kendaraan atap-top dengan tubuh GRP yang dibangun pada akhir 1957, Skoda juga memproduksi dua unit 1100 OHC Coupe pada 1959 dengan bodi aluminium tertutup. Bahkan dengan versi ini, para insinyur mampu mencapai berat total sangat rendah hanya 618 kilogram sambil mempertahankan kinerja luar biasa dari versi open-top.

Akan tetapi, kedua coupe itu rusak parah akibat kecelakaan di jalan umum, dan saat ini tengah menjalani pemulihan di di Museum Skoda berdasarkan sasis yang diawetkan dan sistem penggerak salah satu kendaraan.

Salah satu Skoda 1100 OHC dimiliki oleh importir Inggris Skoda UK, yang terutama menggunakannya di acara-acara di Inggris. Mobil balap lain biasanya dipamerkan di Museum Skoda di kota Bohemian Mlada Boleslav, kecuali jika ia berpartisipasi dalam acara mobil vintage nasional dan internasional.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Balap Skoda Auto Mobil Legendaris
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top