Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cara Mengenali Busi Mobil yang Perlu Diganti

Busi mobil merupakan komponen terpenting pada mesin mobil dan memiliki fungsi penting dalam memberikan percikan api ke dalam ruang bakar, sehingga mobil dapat menyala.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 21 Juli 2020  |  19:52 WIB
Mesin mobil Suzuki. - SIS
Mesin mobil Suzuki. - SIS

Bisnis.com, JAKARTA - Busi mobil merupakan komponen terpenting pada mesin mobil dan memiliki fungsi penting dalam memberikan percikan api ke dalam ruang bakar, sehingga mobil dapat menyala.

Sebagaimana komponen mesin lainnya yang juga akan aus, busi juga mempunyai usia pakai. Dengan demikian, para pengendara mobil perlu mengetahui ciri busi mobil yang perlu diganti.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), dalam situs resminya, memberikan penjelasan mengenai ciri-ciri busi pada mobil yang perlu diganti, berikut penjelasan lengkapnya.

Kondisi Terganggu Saat Mesin Idle

ldle merupakan keadaan saat mesin bekerja tetapi mobil tidak bergerak. Ketika mobil dalam keadaan idle, putaran mesin terasa tidak halus bahkan tidak wajar. Getaran-getaran yang tidak normal dalam keadaan diam tandanya terdapat masalah pada busi di mobil.

Ketika tuas gas terasa berat ketika diinjak, hal itu juga menunjukkan bahwa busi pada mobil harus diganti. Segera lakukan penggantian pada busi agar kembali berfungsi secara normal.

Mengalami Kesulitan Starter Saat Menghidupkan Mobil

Ketika Anda mengalami kesulitan dalam menyalakan mobil, kemungkinan terdapat masalah pada busi kendaraan tersebut. Busi merupakan komponen yang terdapat pada sistem starter mobil dan memiliki peran penting, yaitu memberikan percikan api sebagai pemicu mesin menyala.

Jika masalah busi disebabkan sudah usang atau rusak, alangkah baiknya menggantinya dengan yang baru. Jika hanya kotor, busi bisa cukup dibersihkan saja. Pemilik mobil bisa melakukan pengecekan apakah kerusakan pada busi tergolong parah atau tidak.

Kurang Cepat Saat Menyalakan Mesin

Tanda busi perlu diganti lainnya yaitu kurang cepat ketika menyalakan mobil. Hal ini terjadi karena terdapat kerusakan pada busi, sehingga menyebabkan kecepatan pada mobil tidak bekerja secara maksimal. Apabila hal ini terjadi perlu adanya perbaikan agar kembali merespon cepat.

Warna Busi Menjadi Gelap

Warna busi mobil yang awalnya bersih menjadi gelap disebabkan oleh proses pembakaran pada ruangan bahan bakar yang kurang sempurna yang menyisakan butiran-butiran halus seperti arang pada bagian elektroda dan ujung insulator.

Hal ini juga menjadi penyebab asap mobil berwarna hitam dan kadang susah ketika ingin memanaskan mesin ketika dalam keadaan dingin.

Perhatikan Perubahan Warna Pada Busi

Untuk mengetahui kerusakan dari busi bisa dilakukan dengan cara melihat warna komponen ini. Apabila busi telah berubah warna menjadi kecoklatan, berarti hal ini dapat menandakan bahwa masa penggunaan busi hampir habis dan harus segera diganti.

Sementara untuk warna busi kemerahan atau kekuningan menandakan bahwa mesin mobil Anda sering melakukan pemanasan secara berlebihan. Hal lain yang harus dilakukan adalah mengecek pada bagian pendingin.

Suara Mesin Brebet Ketika Akselerasi

Tanda selanjutnya yaitu suara mesin yang terdengar brebet ketika akselerasi terjadi. Hal ini timbul akibat busi kendaraan yang mulai rusak. Perubahan kecepatan mesin akan membuat RPM naik, sehingga mempercepat kerja mesin. Akibatnya busi harus bekerja lebih cepat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bengkel mobil mesin mobil Perawatan Mobil
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top