Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Merawat Mesin Mobil Matic dan Manual saat Musim Hujan

Saat musim hujan, mesin mobil memerlukan perhatian dan perawatan khusus. Berikut tips merawat mobil baik manual maupun matic.
Tips merawat mesin mobil manual dan matic saat musim hujan- Bloomberg/Linh Pham
Tips merawat mesin mobil manual dan matic saat musim hujan- Bloomberg/Linh Pham

Bisnis.com, JAKARTA - Berikut adalah beberapa tips merawat mobil saat musim hujan yang bisa Anda lakukan di rumah. Indonesia sudah memasuki musim hujan. Namun hal tersebut bukan menjadi alasan bagi sebagian orang untuk berhenti beraktivitas, bahkan sebagian orang memanfaatkan mobil sebagai alat transportasi utama saat hujan.

Jika Anda merupakan salah satu orang cukup sering menggunakan kendaraan roda empat untuk beraktivitas, maka Anda mungkin perlu tips perawatan mesin mobil berikut ini, baik mobil manual maupun mobil matic.

Sebab dengan tips merawat mobil ketika musim hujan, membuat Anda bisa terhindar dari berbagai masalah yang disebabkan oleh air hujan pada mobil Anda.

Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Berikut beberapa langkah dalam melakukan perawatan mobil disaat musim penghujan, diantaranya:

1. Bersihkan kaca depan mobil Anda dengan benar

Perawatan pertama pada mobil saat musim hujan adalah memperhatikan kebersihan kaca. Jarak pandang merupakan hal yang penting, terutama saat berkendara di tengah hujan lebat. Selain mengarungi banjir dan berisiko mengalami hydroplaning, beberapa kecelakaan juga disebabkan oleh jarak pandang yang buruk.

Air hujan yang mengering akan meninggalkan endapan mineral yang menumpuk dan kemudian berubah menjadi kotoran jika tidak segera dibersihkan. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk membersihkan kaca depan Anda dengan benar.

Memiliki jendela yang bersih juga penting untuk membantu Anda mengemudi dengan aman sehingga Anda dapat melihat sekeliling dengan lebih baik. Anda dapat berinvestasi pada detail jendela atau membersihkannya secara teratur untuk menghindari penumpukan kotoran dan debu.

2. Periksa wiper kaca depan Anda

Hal yang harus diperhatikan pada mobil saat musim hujan kedua adalah wiper. Di sebelah kaca depan terdapat wiper, yang bertugas menjaga kaca depan dan jendela belakang bebas dari air dan kontaminan lainnya.

Bagian dari perawatannya adalah memeriksa bilah penghapus dan menentukan apakah bilah penghapus sudah waktunya diganti. Bilah penghapus kaca depan rata-rata dapat bertahan antara 6 bulan hingga satu tahun.

Jika waktunya telah tiba, Anda harus mengganti bilahnya agar dapat melihat jalan dengan baik bahkan dalam kondisi yang menantang.

3. Rawat lampu depan Anda

Hujan deras dapat memengaruhi visibilitas Anda di jalan raya, itulah sebabnya lampu depan yang dirawat dengan baik adalah suatu keharusan, sehingga Anda dapat memperoleh visibilitas optimal saat hujan deras.

Seperti kaca depan mobil Anda, lampu depan juga bisa menjadi kabur atau keruh seiring waktu karena sinar ultraviolet (UV) matahari dan kotoran yang menumpuk.

Untuk menghindari hal ini, sangat disarankan agar lampu depan Anda dibersihkan secara teratur, tidak hanya untuk penampilan semata, tetapi juga untuk menjaga fungsinya dengan baik, sehingga Anda dapat memperoleh jalur yang cukup terang saat musim hujan.

Pastikan untuk memeriksa bohlam lampu depan Anda apakah ada kerusakan atau perlu diganti. Selalu gunakan spesifikasi bohlam yang benar pada lampu depan Anda.

4. Periksa aki mobil Anda

Tips merawat mobil saat musim hujan selanjutnya adalah memperhatikan aki mobil. Umur aki mobil mungkin bisa menjadi pendek karena korosi yang disebabkan oleh kelembapan dan potensi percikan tetesan air saat musim hujan.

Kesulitan menyalakan mobil atau tidak bisa menyalakan lampu merupakan salah satu gejala kekurangan daya aki. Jika sudah berpengalaman, sangat disarankan untuk segera mengganti aki mobil Anda agar Anda terhindar dari terdampar di tengah hujan lebat.

5. Periksa ban mobil Anda, ganti kalau sudah halus

Traksi kendaraan merupakan hal yang penting, dan daya cengkeram maksimal pada musim hujan dapat dicapai dengan memiliki ban yang dirawat dengan baik.

Tentu saja, hal ini memberi imbalan kepada pengemudi dan penumpangnya dengan keselamatan yang lebih baik, karena memiliki tapak yang memadai memungkinkan kendaraan memindahkan kelebihan air dari ban, sehingga mengurangi risiko terjadinya hydroplaning.

6. Selalu lakukan pemeriksaan rem

Rem membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering saat situasi hujan. Oleh karena itu, penting untuk memeriksanya dari waktu ke waktu untuk memastikan kondisi optimal.

Dapatkan servis rem sesuai spesifikasi pabrikan kendaraan. Jika Anda melihat adanya bunyi mencicit atau bunyi gerinda saat mengerem, segera periksakan kendaraan Anda karena bantalan rem mungkin perlu diganti.

Perhatikan bahwa pengereman saat hujan mungkin tidak bekerja secepat pada hari kering, oleh karena itu, yang terbaik adalah mengemudi lebih lambat dari biasanya dan mengatur jarak antar mobil.

Tips Merawat Mobil Manual

Dalam melakukan perawatan mobil, mungkin terdapat beberapa perbedaan atau perbedaan treatment pada mobil manual dan matic. Berikut tips khusus merawat mobil manual, diantaranya:

  • Ganti Oli Secara Teratur

Pastikan untuk mengganti oli mesin sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil. Oli yang bersih dan berkualitas akan membantu menjaga performa mesin dan memperpanjang umur mesin mobil Anda.

  • Periksa Tekanan Ban

Selalu periksa tekanan udara di ban mobil secara teratur untuk memastikan ban terisi dengan benar. Tekanan ban yang tepat akan memperpanjang umur ban, meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan meningkatkan keamanan berkendara.

  • Lakukan Pemeriksaan Rutin di Bengkel

Selain perawatan mandiri, bawa mobil Anda ke bengkel resmi secara rutin untuk pemeriksaan dan perawatan lebih mendalam. Bengkel resmi biasanya memiliki teknisi yang terlatih dan menggunakan suku cadang asli untuk memastikan kualitas perawatan yang baik.

  • Jaga Kebersihan Interior dan Eksterior

Rutin membersihkan interior dan eksterior mobil akan membantu menjaga nilai estetika mobil Anda, mencegah kerusakan akibat kotoran dan debu yang menumpuk, serta memberikan kenyamanan bagi pengguna mobil.

  • Stel Kopling Sesuai Pabrikan

Pastikan kopling mobil Anda diatur sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrikan. Kopling yang disetel dengan benar akan menghindari keausan yang berlebihan dan memperpanjang umur kopling mobil.

Tips Merawat Mobil Matic

Berikut tips dalam merawat mobil automatic/matic, diantaranya:

  • Panaskan Mobil Setiap Hari

Penting untuk memanaskan mesin mobil setiap hari sebelum digunakan, terutama saat kondisi suhu ekstrem, untuk mengurangi gesekan dan memastikan pelumasan yang baik.

  • Ganti Oli Mesin dan Oli Transmisi secara Berkala

Rutin mengganti oli mesin dan oli transmisi sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh pabrikan akan membantu menjaga performa mesin dan transmisi mobil matic Anda.

  • Perhatikan Kondisi Transmisi Mobil Matic

Selalu perhatikan kondisi transmisi mobil matic Anda, dan jika terdapat gejala atau suara yang tidak biasa, segera periksakan ke bengkel resmi untuk pengecekan lebih lanjut.

  • Lakukan Uji Jalan

Secara berkala, lakukan uji jalan untuk memastikan bahwa mobil matic Anda berjalan dengan lancar dan tidak ada masalah pada transmisi atau sistem lainnya.

  • Kontrol Tekanan Ban

Pastikan untuk memeriksa dan menjaga tekanan udara ban mobil secara teratur untuk meningkatkan kenyamanan berkendara dan efisiensi bahan bakar.

Tips Merawat Mesin Mobil

  • Ganti Oli dan Filter Secara Rutin

Rutin mengganti oli mesin dan filter oli sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh pabrikan akan menjaga mesin tetap bersih dan berkinerja optimal.

  • Periksa Suhu Mesin

Pastikan mesin mobil tidak overheat dengan memantau suhu mesin secara teratur. Jika suhu terlalu tinggi, segera hentikan mobil dan periksakan ke bengkel terdekat.

  • Bersihkan dan Ganti Filter Udara

Filter udara yang bersih akan membantu menjaga kualitas udara yang masuk ke mesin. Selalu bersihkan atau ganti filter udara sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

  • Periksa dan Ganti Sistem Pengapian

Sistem pengapian yang baik akan memastikan mesin berjalan dengan lancar. Periksa busi dan sistem pengapian secara berkala, dan ganti jika diperlukan.

  • Jaga Kebersihan Mesin

Rutin membersihkan bagian-bagian mesin dari kotoran dan debu akan membantu mencegah kerusakan serta memperpanjang umur mesin. Gunakan air dan sikat lembut untuk membersihkan mesin dengan hati-hati.

Itulah beberapa tips merawat mobil manual, matic dan tips perawatan mesin mobil disaat musim hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper