Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Melejit, Audi e-Tron Memimpin Segmen SUV Listrik

Audi AG sepanjang semester pertama 2020 mencatatkan penjualan global e-Tron sebanyak 17.641 unit, melejit 86,8 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sekaligus menjadikannya memimpin segmen pasarnya.
Audi Q4 Sportback e-tron. /Audi
Audi Q4 Sportback e-tron. /Audi

Bisnis.com, JAKARTA - Audi AG sepanjang semester pertama 2020 mencatatkan penjualan global e-Tron sebanyak 17.641 unit, melejit 86,8 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sekaligus menjadikannya memimpin segmen pasarnya.

Model Audi yang sepenuhnya listrik ini jauh di depan para pesaingnya di segmen SUV besar bertenaga listrik baterai di seluruh dunia. Ini bahkan merupakan SUV listrik terlaris secara keseluruhan di Eropa.

Model produksi seri sepenuhnya listrik pertama dari Audi ini memang populer, yang ditunjukkan dengan banyaknya penghargaan. Dengan e-tron GT, e-tron Q4, dan e-tron Q4 Sportback, Audi melihat tahun listrik 2021 dalam dua sisi.

Audi e-tron sangat dicari di pasar Skandinavia. Di Norwegia, yang merupakan negara perintis dalam hal mobilitas listrik, Audi e-tron menjadi mobil penumpang paling laris pada semester pertama tahun ini.

E-tron mengontribusi 92 persen dari volume model Audi yang dikirim di Norwegia. Model ini juga mengontribusi porsi pengiriman signifikan di Islandia (93 persen), Swedia (12 persen), dan Israel (14 persen). Di AS, e-tron telah mencatat peningkatan penjualan lebih dari 50 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Hildegard Wortmann, Anggota Dewan Manajemen untuk Penjualan dan Pemasaran, mengatakan Audi e-tron adalah pengubah permainan nyata dan dengan jelas menggambarkan visi tentang mobilitas premium yang berkelanjutan dan progresif.

"SUV listrik sepenuhnya pertama kami menggabungkan desain, penanganan dinamis, dan kualitas interior dengan teknologi terbaru - untuk mengemudi bebas emisi tanpa harus berkompromi. E-tron adalah awal dari era baru untuk Audi. Kami akan melanjutkan kisah sukses ini," ujarnya dalam keterangan pers Audi yang dikutip, Sabtu (18/7/2020).

Keberhasilan Audi e-tron terutama ditopang oleh kegunaannya sehari-hari. Selain ruang kompartemen penumpang besar, kemampuan tempuhnya juga memainkan peran menentukan. Jarak lebih jauh dapat ditempuh dengan e-tron Sportback 55, yang memiliki jangkauan 446 kilometer (277,1 mi) (WLPT), dan e-tron 55, yang memiliki jangkauan 436 kilometer (270,9 mi) (WLTP).

Penjualan Melejit, Audi e-Tron Memimpin Segmen SUV Listrik

Pengemudi e-tron juga mendapat manfaat dari kecepatan pengisian cepat. Kapasitas pengisian hingga 150 kW tersedia untuk sebagian besar proses pengisian. Untuk jarak sekitar 110 kilometer (68,4 mi), pelanggan idealnya menghabiskan waktu kurang dari 10 menit di terminal pengisian daya. Audi e-tron 55 mencapai angka 80 persen setelah sekitar 30 menit.

Selain itu, sekitar 155.000 titik pengisian publik di 25 negara dapat diakses dengan satu kartu pengisian. Saat mengemudi di luar negeri, pelanggan dapat mengisi mobil mereka sesuai dengan kondisi pembelian lokal tanpa biaya tambahan.

Aplikasi myAudi dan sistem navigasi Audi memudahkan pengoperasian. Selain merencanakan rute dan mengaktifkan titik pengisian, pengemudi juga selalu diberitahu apakah terminal pengisian saat ini tersedia untuk digunakan.

Audi e-tron adalah pemenang, seperti yang ditunjukkan oleh berbagai tes komparatif dan penghargaan. Pada 2019, e-tron memenangkan lebih dari dua pertiga dari semua tes perbandingan.

E-tron juga meyakinkan Lembaga Asuransi AS untuk Keselamatan Jalan Raya (IIHS) dalam uji tabrak dan merupakan mobil listrik pertama di dunia yang menerima "Top Safety Pick +."

Audi e-tron menandai dimulainya serangan listrik yang akan mencakup 20 model sepenuhnya listrik pada 2025. Audi e-tron Sportback ditambahkan ke keluarga e-tron pada April. Versi “S” dari e-tron dan e-tron Sportback, yang baru-baru ini diperkenalkan, membentuk ujung tombak sporty dari seri model.

Keberhasilan hari ini adalah insentif untuk tujuan masa depan. Dengan konsep Audi Q4 e-tron, Audi memberi pengunjung Geneva Motor Show 2019 cita rasa SUV elektrik kompak pertama dari merek tersebut.

Dengan Q4 Sportback e-tron, merek kini telah menghadirkan model kedua dari lini produk, yang akan mulai diproduksi pada 2021 sebagai coupe SUV. Kedua model akan menjadi pilar penting dari strategi listrik.

Pelanggan dapat menantikan sorotan besar lain yang akan datang tahun depan. Keempat cincin akan meluncurkan Audi e-tron GT. Performa dan desain ekspresif adalah bahan terpenting untuk e-tron GT. Dengan demikian menekankan sporty dari merek dan melanjutkan kisah sukses Audi e-tron bersama dengan model Q listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper