Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vy Buss Perkuat Armada Listrik, Volvo Pasok 70 Unit

Vy Buss AS menggandeng Volvo Buses untuk mendukung perluasan armada angkutan penumpangnya dengan target 150 bus listrik beroperasi di jalan pada 2021.
Bus Listrik Volvo yang dioperasikan oleh Vy Buss di Norwegia. / VOLVO BUSES
Bus Listrik Volvo yang dioperasikan oleh Vy Buss di Norwegia. / VOLVO BUSES

Bisnis.com, JAKARTA - Vy Buss AS menggandeng Volvo Buses untuk mendukung perluasan armada angkutan penumpangnya dengan target 150 bus listrik beroperasi di jalan pada 2021.

Saat ini, salah satu perusahaan terbesar transportasi di Skandinavia ini telah mengoperasikan enam bus Volvo 7900 Electric di jalanan Drammen, Norwegia. Dan, sebanyak 22 bus listrik tambahan akan dikirimkan akhir tahun ini, yakni 20 unit Bus 7900E dan 2 unit Bus 7900EA.

Selanjutnya 10 unit Volvo 7900E akan mulai beroperasi di Ålesund pada Januari 2021. Di Jönköping, Swedia, 48 unit Volvo 7900EA akan berada di jalan pada Juni 2021. Secara keseluruhan, Volvo akan memasok 70 unit mobil listrik ke Vy Buss.

“Kami sebenarnya membeli bus listrik pertama kami pada 2007,” kenang Ole Engebret Haugen, CEO Vy Buss AS, dalan keterangan pers Volvo, Selasa (14/7/2020). “Itu adalah minibus untuk operasi antar-jemput sederhana di Trondheim, Norwegia. Kami menyebutnya Gulliver dan memiliki dua paket baterai yang membutuhkan waktu 10 menit untuk diisi ulang.”

Sejak saat itu, Vy Buss AS telah melakukan perjalanan elektromobilitas. Sebagai bagian dari Vy Group, yang juga mengoperasikan kereta penumpang dan angkutan barang, ia membawa sekitar setengah juta orang setiap hari di Norwegia dan Swedia.

Sebagai salah satu operator bus terbesar di Skandinavia, Vy menargetkan menjadi yang terdepan dalam keberlanjutan di sektornya pada 2025, serta memberikan layanan ramah lingkungan, mudah diakses, dan aman bagi penumpangnya.

"Investasi dalam elektrifikasi armada, oleh karena itu, merupakan prioritas tinggi.

Kemitraan elektromobilitas Vy dengan Volvo Buses dimulai pada 2019 ketika bus listrik ukuran penuh pertamanya, Volvo 7900 Electric, mulai beroperasi untuk otoritas angkutan umum di kota Drammen, Norwegia. “Bus Volvo telah bersama kami sejak awal perjalanan elektromobilitas kami."

Hubungan Vy Buss dengan Volvo Buses kuat karena ditunjang produk berkualitas dan kekuatan jaringan dealer dan bengkel di Norwegia. Volvo juga telah beradaptasi dengan persyaratan Vy, yakni menyediakan semua perawatan.

Dia mengatakan beberapa tantangan ke depan. Norwegia adalah salah satu pemimpin dunia dalam hal solusi berkelanjutan di kota-kotanya.

Pada 2025, salah satu tujuan lingkungannya adalah agar semua bus baru dalam lalu lintas kota tidak memiliki emisi. Pengenalan lebih banyak bus listrik sangat penting jika bangsa ingin mencapai tujuan ini.

“Kolaborasi adalah kunci kesuksesan kami. Tetapi meskipun kami dapat menggabungkan keinginan dan pandangan tentang bagaimana bekerja menuju nol emisi, PTA yang pada akhirnya menentukan persyaratan tender,” kata Ole Engebret Haugen.

Tantangan lain adalah bahwa semua pihak yang terlibat harus beradaptasi dengan teknologi baru yang masih berkembang. Tanggung jawab juga perlu diambil untuk infrastruktur pengisian yang memadai.

“Semua orang perlu belajar dan memahami bus listrik - tidak hanya bagaimana mereka bekerja tetapi juga apa yang mereka butuhkan. Dan itu membutuhkan waktu dan usaha," katanya.

Meskipun demikian, Ole Engebret Haugen memiliki pandangan positif untuk masa depan bus listrik. “Kami belajar dan berkembang dengan sangat cepat untuk memberikan solusi mobilitas pintar, aman, mudah diakses, dan ramah lingkungan yang membuat orang keluar dari mobil mereka dan naik ke bus kami. Perjalanan elektromobilitas kami telah berjalan sangat jauh sejak zaman.

Vy Buss Perkuat Armada Listrik, Volvo Pasok 70 Unit

VY BUSS AB

- Didirikan : 1925
- Karyawan : 7.700 di Norwegia dan Swedia
- Jumlah bus: 3.000
- Bus listrik beroperasi : 65, termasuk 6 Volvo 7900E.
- Basis pelanggan: PTA di Skandinavia termasuk Ruter, Kolumbus, dan Innlandstrafikk.
- Induk perusahaan : Vy Group, salah satu operator transportasi terbesar di Skandinavia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper