Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BMW GS, Cikal Bakal Sepeda Motor Touring Enduro

BMW GS, sepeda motor yang mengusung konsep tunggangan tur dan offroad, memasuki usia 40 tahun. Hingga saat ini, BMW Motorrad telah mampu menyerahkan lebih dari 1,2 juta model BMW GS kepada pelanggan di seluruh dunia.
BMW GS. /BMW
BMW GS. /BMW

Bisnis.com, JAKARTA - BMW GS, sepeda motor yang mengusung konsep tunggangan tur dan offroad, memasuki usia 40 tahun. Hingga saat ini, BMW Motorrad telah mampu menyerahkan lebih dari 1,2 juta model BMW GS kepada pelanggan di seluruh dunia.

BMW GS terlahir di musim gugur 1980. Generasi pertamanya diberi nama R80 G/S, sepeda motor yang menggabungkan dua area yang sangat istimewa untuk dikendarai pertama kali : off-road dan on-road.

Berkat kombinasi unik dari jalan inilah membuat R80 G/S menjadi cikal bakal konsep dari kategori sepeda motor touring enduro BMW Motorrad. Terlebih, BMW GS menjadi sinonim mitra sempurna untuk menjelajahi, bahkan sudut paling terpencil di bumi.

Hingga saat ini, populasi BMW GS telah mencapai lebih dari 1,2 juta.

BMW GS bukan hanya petualang, R80 G/S dan turunannya juga membuktikan kualitas mereka dalam balap. Pada 1981, Hubert Auriol menuju kemenangan di Paris - Dakar Rally yang sama bergengsi dan menantang. Ini hanyalah salah satu dari keberhasilan motorsport yang dirayakan BMW Motorrad dengan GS.

Bakat luar biasa dari model GS boxer - dinamika berkendara, penguasaan off-road, kenyamanan dan ketahanan - telah terus dipertahankan dan dikembangkan oleh BMW Motorrad selama 40 tahun terakhir dan berhasil ditransfer ke seri model BMW Motorrad lainnya.

Pada tahun 1993, F 650 "Funduro" adalah enduro BMW satu silinder pertama yang datang ke pasar. Sementara motor ini mengambil dinamika berkendara dari bobotnya yang rendah dan daya dorong silinder tunggal 47 hp, pergantian penjaga dilakukan secara bersamaan pada model BMW GS dengan mesin boxer.

GS adalah pendorong inovasi. Dengan BMW R 1100 GS, BMW Motorrad tidak hanya menghadirkan GS pertama dengan pendorong 4-katup dan output 80 bhp, tetapi juga menginjak jalur baru terkait teknologi suspensi untuk tur tur besar.

Pada musim gugur 2018, BMW Motorrad sekali lagi memperkenalkan peningkatan radikal untuk mesin boxer model GS besar untuk lebih meningkatkan daya dan hasil torsi serta mengurangi konsumsi bahan bakar dan nilai emisi.

Untuk tujuan ini, BMW ShiftCam Technology digunakan untuk pertama kalinya dalam produksi seri mesin BMW Motorrad. Ini memungkinkan timing katup dan stroke stroke pada sisi intake bervariasi.

Selain itu, intake camshafts dirancang untuk pembukaan asinkron dari dua katup intake, menghasilkan putaran yang lebih baik dari campuran segar dan masuk dan karenanya pembakaran lebih efektif.

Perubahan teknis lainnya pada mesin yang terkait dengan penggerak poros bubungan - yang sekarang dirawat oleh rantai bergigi (sebelumnya merupakan rantai rol) - pasokan oli yang dioptimalkan, katup injeksi twin-jet, dan sistem pembuangan baru.

BMW GS, Cikal Bakal Sepeda Motor Touring Enduro

Model Sepeda Motor BMW GS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper