Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kuartal Pertama Tumbuh, Penjualan Mobil Sedan Kembali Melambat

Setelah menikmati pertumbuhan penjualan di kuartal pertama 2020, segmen mobil sedan mengalami pelemahan dengan catatan penurunan sebesar 86% pada Mei.
Sedan Chrysler 200/en.wikipedia.org
Sedan Chrysler 200/en.wikipedia.org

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah menikmati pertumbuhan penjualan di kuartal pertama 2020, segmen mobil sedan mengalami pelemahan dengan catatan penurunan sebesar 86% pada Mei.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan dari pabrikan ke dealer atau wholesale mobil sedan tercatat sebanyak 92 unit pada Mei, sedangkan realisasi pada Mei 2019 membukukan 664 unit.

Sementara itu, pada kuartal pertama 2020, segmen mobil sedan sempat mengalami bertumbuh meski pasar otomotif nasional mulai melemah akibat pandemi Covid-19. Data Gaikindo menyebutkan segmen mobil sedan pada kuartal pertama tumbuh 26,26% secara tahunan.

Penurunan ini sejalan dengan prediksi Gaikindo, yang menyatakan krisis akibat virus corona akan melanda seluruh segmen, tak terkecuali mobil sedan.

“Covid-19 ini melanda semua segmen. Apabila ada kenaikan di segmen sedan pada kuartal pertama, mungkin karena ada model baru yang diluncurkan di tahun lalu,” ujar Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiarto, Selasa (7/7/2020).

Penjualan mobil sedan dihuni oleh sejumlah merek, seperti Toyota, Honda, BMW, Mercedes-Benz, Audi, Lexus, Hyundai, dan Mazda. Sampai dengan kuartal I/2020, Toyota menjadi pemimpin di segmen ini dengan model Camry.

Penyegaran model Toyota Camry pada awal 2019, disebut sebagai faktor kuat mengapa mobil sedan medium itu menjadi yang terlaris pada kuartal pertama 2020. Sementara itu, penjualan wholesale Camry pada Mei tercatat 11 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper