Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kuartal Pertama Tumbuh, Penjualan Mobil Sedan Kembali Melambat

Setelah menikmati pertumbuhan penjualan di kuartal pertama 2020, segmen mobil sedan mengalami pelemahan dengan catatan penurunan sebesar 86% pada Mei.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 07 Juli 2020  |  17:40 WIB
Kuartal Pertama Tumbuh, Penjualan Mobil Sedan Kembali Melambat
Sedan Chrysler 200 - en.wikipedia.org
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah menikmati pertumbuhan penjualan di kuartal pertama 2020, segmen mobil sedan mengalami pelemahan dengan catatan penurunan sebesar 86% pada Mei.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan dari pabrikan ke dealer atau wholesale mobil sedan tercatat sebanyak 92 unit pada Mei, sedangkan realisasi pada Mei 2019 membukukan 664 unit.

Sementara itu, pada kuartal pertama 2020, segmen mobil sedan sempat mengalami bertumbuh meski pasar otomotif nasional mulai melemah akibat pandemi Covid-19. Data Gaikindo menyebutkan segmen mobil sedan pada kuartal pertama tumbuh 26,26% secara tahunan.

Penurunan ini sejalan dengan prediksi Gaikindo, yang menyatakan krisis akibat virus corona akan melanda seluruh segmen, tak terkecuali mobil sedan.

“Covid-19 ini melanda semua segmen. Apabila ada kenaikan di segmen sedan pada kuartal pertama, mungkin karena ada model baru yang diluncurkan di tahun lalu,” ujar Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiarto, Selasa (7/7/2020).

Penjualan mobil sedan dihuni oleh sejumlah merek, seperti Toyota, Honda, BMW, Mercedes-Benz, Audi, Lexus, Hyundai, dan Mazda. Sampai dengan kuartal I/2020, Toyota menjadi pemimpin di segmen ini dengan model Camry.

Penyegaran model Toyota Camry pada awal 2019, disebut sebagai faktor kuat mengapa mobil sedan medium itu menjadi yang terlaris pada kuartal pertama 2020. Sementara itu, penjualan wholesale Camry pada Mei tercatat 11 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil sedan Penjualan Mobil
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top