Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota Reproduksi dan Jual Onderdil Mobil Legendaris 2000GT

Toyota Gazoo Racing (TGR) mengumumkan rencananya mereproduksi suku cadang untuk Toyota 2000GT sebagai bagian dari Proyek GR Heritage Parts, dan akan menjualnya, termasuk ke pasar global.
Toyota 2000GT. Toyota
Toyota 2000GT. Toyota

Bisnis.com, JAKARTA - Toyota Gazoo Racing (TGR) mengumumkan rencananya mereproduksi suku cadang untuk Toyota 2000GT sebagai bagian dari Proyek GR Heritage Parts, dan akan menjualnya, termasuk ke pasar global.

"Proyek ini adalah inisiatif mereproduksi suku cadang yang tak lagi tersedia, dan menjualnya sebagai suku cadang asli kepada pelanggan yang ingin terus mengendarai mobil kesayangan mereka yang penuh dengan kenangan," demikian Toyota dalam keterangan pers Senin (6/7/2020).

Pada konferensi pers GR Supra, Mei 2019, Toyota Gazoo Racing (TGR) telah mengumumkan rencana mereproduksi dan menjual suku cadang untuk A70 dan A80 Supra, dan setelah itu Toyota 2000GT.

Toyota 2000GT adalah mobil sport yang diluncurkan pada 1967 melalui kolaborasi dengan Yamaha Motor Co., Ltd.. Produksi terakhir pada 1970 sebanyak 337 unit.

Toyota 2000GT mengadopsi teknologi Jepang terbaru, termasuk 2.0-liter DOHC lurus enam mesin, suspensi empat roda double-wishbone, rem cakram empat roda, ban radial, roda magnesium alloy, dan lampu depan ditarik, dan membual kecepatan maksimum 220 kpj, setara dengan mobil sport Eropa saat itu.

Sebelum diluncurkan, ia mengambil bagian dalam uji kecepatan. Terlepas dari kondisi buruk dengan topan yang mendekat, Toyota 2000GT menetapkan tiga rekor dunia (10.000 mil, 15.000 km, 72 jam) dan 13 catatan internasional.

Toyota 2000GT juga meraih kemenangan di berbagai balapan sehingga menjadi mobil sport terkenal di dunia untuk Toyota. Selain itu, mobil ini juga digunakan dalam adegan pengambilan gambar di Jepang untuk film James Bond, You Only Live Twice.

Saat ini, pabrikan Toyota tengah membangun berkolaborasi khusus dengan para pemasok dalam persiapan untuk produksi. Mulai 1 Agustus 2020, informasi akan terus diperbarui di situs web TGR, dan pesanan akan diterima.

Selain itu, suku cadang yang direproduksi dapat dibeli dari dealer Toyota dengan cara yang sama seperti suku cadang asli yang normal. Namun, karena keunikan Toyota 2000GT, penjualan akan dibatasi untuk pemilik, untuk mencegah penjualan kembali; dan jumlah suku cadang yang dijual akan dibatasi per mobil.

Toyota Reproduksi dan Jual Onderdil Mobil Legendaris 2000GT

Komponen yang direproduksi untuk transmisi manual 5 kecepatan.

Pertama, onderdil terkait transmisi mencakup gear, transmisi sinkron, hub dan selongsong transmisi, kit gasket dan seal oli, kit bearing, kit ring snap, mesin cuci dorong, garpu shift.

Kedua, onderdil terkait dengan differential, seperti kit final gear, baut set ring gear.

Adapun suku cadang yang direproduksi untuk A70 dan A80 Supra akan tersedia mulai 1 Juli. Onderdilnya mencakup alat penyalur bahan bakar A70, gagang pintu A70, dan gagang pintu A80.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper