Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Merawat Mobil PHEV Saat Lama Tak Digunakan

Mitsubishi Motors membagikan cara merawat mobil PHEV (plug-in hybrid) seperti Outlander PHEV yang terpakir lama sejak pandemi virus corona melanda Indonesia.
Pengisian daya listrik pada Mitsubishi Outlander PHEV. /Mitsubishi
Pengisian daya listrik pada Mitsubishi Outlander PHEV. /Mitsubishi

Bisnis.com, JAKARTA - Mitsubishi Motors membagikan cara merawat mobil PHEV (plug-in hybrid) seperti Outlander PHEV yang terpakir lama sejak pandemi virus corona melanda Indonesia.

Boediarto, Head of After Sales & CS Operation Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengatakan guna menjaga performa, persentase baterai Outlander PHEV atau mobil listrik harus terhindar dari kondisi rendah.

Meski demikian, Boediarto juga tidak merekomendasikan kondisi baterai dalam keadaan penuh saat mobil tidak digunakan dalam waktu lama.

“Sebaiknya dijaga agar persentase baterai pada kondisi 40 persen sampai 60 persen, apalagi ketika mobil tidak digunakan dalam waktu lama,” ujar Boediarto, dikutip dari laman resmi MMKSI, Jumat (12/6/2020).

Outlander PHEV sendiri memiliki fitur yang bisa menurunkan level baterai secara bertahap. Fitur tersebut berfungsi mencegah kerusakan baterai. Karena itu, pemilik Outlander PHEV diharapkan memeriksa pengukur tingkat energi setiap tiga bulan.

Pemilik mobil pun harus tetap mengisi daya baterai atau bisa mengatur mode power supply. Untuk pengisian baterai, sebaiknya juga menggunakan arus rendah (home charging) saat mobil hanya parkir lama.

Sementara itu, penggunaan quick charging atau arus tinggi bisa diminimalkan. Apabila hanya bisa menggunakan pengisian daya cepat, disarankan untuk menggunakan normal-charge setidaknya dua minggu sekali.

"Jika kondisi baterai menunjukkan baterai kosong atau 0 harus diisi dayanya sampai naik. Atau, mengisi daya dari tenaga mesin dengan mengatur mode power supply ke status ready, kemudian tunggu hingga mesin berhenti secara otomatis. Selanjutnya, matikan mode power supply dari sakelar motor listrik," jelas Boediarto.

Keuntungan lain dari mobil PHEV, kata Boediarto, adalah ketika posisi baterai kosong sehingga secara otomatis sistem manajemen baterai akan menyalakan mesin yang bekerja untuk mengisi baterai.

Dengan demikian, kerusakan pada baterai dapat dihindari. Pengaktifan mesin sebelum baterai kosong hanya bisa dilakukan selama kendaraan dalam kondisi hidup dan menyimpan bahan bakar di dalam tangki.

Boediarto juga menyarankan untuk memperhatikan lokasi parkir terutama dalam jangka waktu lama. Sebaiknya, hindari parkir kendaraan PHEV di lokasi dengan temperatur tinggi dan terkena sinar matahari langsung, sebab lokasi yang panas akan memengaruhi kapasitas baterai serta masa pakainya.

Bagi pemilik Outlander PHEV bisa melakukan pengisian daya dengan home charger yang sudah menjadi bagian dari paket penjualan. Pilihan lainnya, bisa mengisi baterai menggunakan mesin dengan memilih charge mode yang terdapat di konsol tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper