Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rilis September 2020, Intip Spesifikasi Porsche Taycan

Porsche Taycan adalah kendaraan listrik pertama yang diproduksi Porsche.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 25 Mei 2020  |  17:53 WIB
Porsche Taycan kendaraan listrik pertama yang diproduksi Porsche ini direncanakan meluncur di Indonesia pada September 2020 - www.porsche.com
Porsche Taycan kendaraan listrik pertama yang diproduksi Porsche ini direncanakan meluncur di Indonesia pada September 2020 - www.porsche.com

Bisnis.com, JAKARTA – Mobil listrik pertama dari Porsche, yakni sedan Taycan dikabarkan bakal meluncur di Indonesia pada pertengahan tahun ini atau tepatnya September 2020.

Porsche Taycan adalah kendaraan listrik pertama yang diproduksi Porsche. Mobil ini mendapatkan permintaan luar biasa di seluruh dunia. Porsche bahkan memprediksi penjualan mobil tersebut akan melampaui penjualan Porsche 911.

Besarnya permintaan atas model tersebut membuat PT Eurokars Artha Utama (EAU), distributor resmi Porsche di Indonesia berencana memboyong model sedan sportif elektrik itu ke pasar otomotif nasional.

Managing Director Porsche Indonesia, Jason Broome, belum lama ini mengungkapkan keinginannya untuk memperkenalkan model tersebut ke Indonesia. “Porsche Taycan akan kami hadirkan sekitar bulan September 2020,” tuturnya dalam konferensi daring.

Berbeda dengan produsen otomotif besar lain yang merilis mobil listrik pada segmen SUV, Porsche pertama kali merilis mobil listrik pada segmen sedan melalui generasi terbaru Taycan. Dengan merilis varian sedan sport listrik, Porsche akan bersaing dengan Tesla.

Taycan, yang memiliki arti kuda yang lincah, mampu mengisi daya baterai hanya dalam 8 jam. Pengisian itu dilakukan dengan daya 22 kilowatt serta arus 32 ampere dan tegangan 400 volt. Dengan kapasitas itu, Taycan mampu menempuh jarak hingga 432 kilometer.

Porsche Taycan yang dipasarkan secara global memiliki empat varian, yaitu Taycan, Taycan S, Taycan Turbo dan Turbo S. Turbo S dari Taycan dapat menghasilkan daya overboost hingga 761 PS dalam kombinasi dengan Launch Control, dan Taycan Turbo hingga 680 PS.

Taycan Turbo S mampu berakselerasi dari nol hingga 100 km / jam dalam 2,8 detik, sedangkan Taycan Turbo menyelesaikan sprint ini dalam 3,2 detik. Turbo S memiliki jangkauan hingga 412 kilometer, sementara Turbo berkisar hingga 450 kilometer.

Taycan menandai era mobil listrik dari Porsche dengan desainnya yang murni. Dari depan, mobil ini terlihat sangat lebar dan rata dengan sayap berkontur. Siluetnya dibentuk oleh garis atap sportif yang miring ke bawah dan ke belakang.

Mobil tersebut memiliki kabin yang ramping dengan pilar C yang ditarik dari bahu sayap, sehingga bagian belakang mobil ini memiliki DNA khas Porsche.

Dari sisi interior, Taycan mempunyai dasbor dengan klaster instrumen yang berdiri bebas dan melengkung. Sistem hiburan mobil ini terpusat pada layar berukuran 10.9 inci dan layar penumpang opsional digabungkan untuk membentuk pita kaca yang terintegrasi dalam tampilan panel hitam

Broome mengatakan harga jual Porsche Taycan di Indonesia akan disesuaikan dengan skema pajak dan insentif pemerintah terkait dengan mobil listrik. Apabila menggunakan skema pajak saat ini, dia memperkirakan harga Taycan berada di kisaran Rp2,8 miliar dan Rp2,9 miliar untuk varian Taycan S. Harga itu meliputi biaya pemasangan pengisi daya di rumah pelanggan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif porsche
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top