Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Volkswagen ID.4, Jagoan Baru SUV Sepenuhnya Listrik

Volkswagen memastikan model ID.3, mobil kompak sepenuhnya listrik yang menandai era baru mobilitas elektriknya, akan mengaspal pada musim panas tahun ini. Pabrikan Jerman ini juga telah merilis purwarupa ID.4.
proses produksi ID.4 dirancang netral karbon di sepanjang rantai nilai keseluruhan. Jadi, ramah lingkungan dan berkelanjutan. /VOLKSWAGEN
proses produksi ID.4 dirancang netral karbon di sepanjang rantai nilai keseluruhan. Jadi, ramah lingkungan dan berkelanjutan. /VOLKSWAGEN

Bisnis.com, JAKARTA - Volkswagen memastikan model ID.3, mobil kompak sepenuhnya listrik yang menandai era baru mobilitas elektriknya, akan mengaspal pada musim panas tahun ini. Pabrikan Jerman ini juga telah merilis purwarupa ID.4.

Volkswagen ID.4 merupakan model kedua dari keluarga ID. Model pertamanya adalah ID.3 yang menjalani debut perdana globalnya pada September 2019, dan saat ini telah memasuki tahap produksi ketika musim semi tengah berlangsung di Eropa.

Volkswagen mengungkapkan purwarupa ID.4 bersamaan dengan rilis model produksi ID.3, awal Maret 2020. Seperti ID.3, Volkswagen ID.4 merupakan mobil sepenuhnya bertenaga listrik. Bedanya, ID.4 adalah sosok sport utility vehicle (SUV).

Semula ID.4 akan diungkap di Geneva Motor Show 2020, namun lantaran agenda pameran itu dibatalkan, Volkswagen mengungkapkannya melalui siaran web. Volkswagen ID.4 adalah perwujudkan produk konsep ID.Crozz dalam versi produksi. 

ID.4 sepenuhnya memanfaatkan manfaat dari matriks penggerak listrik modular: ujung depan kendaraan pendek, jarak sumbu roda panjang dan interior kendaraan mencukupi.

Mobil ini didesain memiliki jarak tempuh yang lumayan jauh sekali isi bateri. Berkat aerodinamika dan baterai besar yang luar biasa, ID.4 dapat menjangkau hingga 500 kilometer (dalam WLTP) tanpa harus berhenti untuk mengisi daya listrik.

Desain SUV tanpa emisi ini sangat aerodinamis, yang mengurangi koefisien drag sehingga meningkatkan jangkauan ID.4 hingga 500 kilometer, tergantung pada paket drive.

Pada tahap awal, ID.4 akan diluncurkan dengan penggerak roda belakang. Adapun versi penggerak semua roda listrik akan ditambahkan ke portofolio di kemudian hari. Baterai tegangan tinggi diposisikan dekat pusat bagian bawah bodi mobil untuk menciptakan pusat gravitasi rendah dan optimal dalam hal dinamika berkendara, bersama dengan distribusi beban gandar yang seimbang.

Sama seperti semua model MEB lainnya, ID.4 menawarkan banyak ruang interior berkat teknologi penggerak listriknya yang ringkas. Kokpit sepenuhnya digital dari SUV nol-emisi telah terstruktur dengan jelas. Ini dioperasikan terutama menggunakan permukaan sentuh dan kontrol suara yang cerdas dan intuitif.

Untuk Volkswagen, ID.4 dan ID.3 merupakan tonggak penting dalam upaya merek untuk menjadi sepenuhnya netral karbon pada tahun 2050 - sejalan dengan perjanjian iklim Paris. Rencana telah diberlakukan untuk mengurangi emisi CO2 armada Volkswagen hingga sepertiga paling cepat pada 2025.

Hebatnya lagi, proses produksi ID.4 dirancang netral karbon di sepanjang rantai nilai keseluruhan. Jadi, ramah lingkungan dan berkelanjutan.

"Sama seperti ID.3, ID.4 juga akan datang ke pasar sebagai kendaraan netral karbon," jelas Ralf Brandstätter, Chief Operating Officer Volkswagen. "Kami akan memproduksi dan menjual ID.4 di Eropa, China, dan AS."

Volkswagen ID.4, Jagoan Baru SUV Sepenuhnya Listrik

Dipastikan, ID.4 akan menjadi produk andalan untuk mewujudkan ambisi Volkswagen menjadi pemimpin pasar mobilitas listrik global dan menargetkan produksi hingga 1,5 juta kendaraan listrik pada 2025.

Hingga 2024, Volkswagen telah menyiapkan investasi €33 miliar untuk menopang pencapaian ambisi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper