Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

ID.3, Tonggak Era Baru Mobilitas Elektrik Volkswagen

Volkswagen ID.3 adalah model produksi pertama dalam keluarga ID yang sepenuhnya listrik, yang sekaligus menjadi mobil pertama dalam sistem penjualan baru yang diterapkan merek Jerman itu.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 22 Mei 2020  |  20:50 WIB
ID.3 adalah perwujudkan ID. Space Vizzion, anggota ketujuh Keluarga ID. yang mengusung konsep aerodinamika sempurna dan ruang yang lapang. ID. Space Vizzion merupakan pemenang untuk kategori Konsep.  - VOLKSWAGEN
ID.3 adalah perwujudkan ID. Space Vizzion, anggota ketujuh Keluarga ID. yang mengusung konsep aerodinamika sempurna dan ruang yang lapang. ID. Space Vizzion merupakan pemenang untuk kategori Konsep. - VOLKSWAGEN

Bisnis.com, JAKARTA - Volkswagen ID.3 adalah model produksi pertama dalam keluarga ID yang sepenuhnya listrik, yang sekaligus menjadi mobil pertama dalam sistem penjualan baru yang diterapkan merek Jerman itu.

Volkswagen ID.3 merupakan generasi terbaru dari model Golf, yang dikembangkan dengan basis konsep ID. Space Vizzion. Produk konsep ini menjalani debut global di Los Angeles Auto Show 2019, bersama enam model konsep lainnya. ID. Space Vizzion. mengusung desain aerodinamis sempurna dan ruang yang lega.

Seperti konsepnya, Volkswagen ID.3 juga menampilkan desain baru yang menarik, rentang tempuh lebih jauh, dan dinamika berkendara yang mengesankan.

ID.3 adalah mobil sepenuhnya listrik yang menandai awal dari era baru dunia e-mobilitas. Mobil ini mengincar konsumen yang mencari perubahan dan siap menyongsong masa depan.

Daya tarik paket keseluruhan juga didukung oleh struktur harga yang menarik. Tidak mengherankan, Volkswagen ID.3 berhasil menggaet lebih dari 37.000 pelanggan ketika mobil tersebut diluncurkan. Volkswagen ID.3 hadir dengan pilihan baterai berkapasitas energi 45 kWh, 58 kWh, dan 77 kWh. Jarak tempuh sekali isi baterai hingga 550 km.

Versi entry-level ID.3 dibanderol kurang dari 30.000 euro atau sekitar Rp487 juta. Bahkan ID.3 edisi eksklusif khusus yang dilengkapi baterai 58-kWh dengan jangkauan sekitar 420 kilometer (menurut WLTP) tersedia dengan harga kurang dari 40.000 euro atau sekitar Rp649 juta.

Awal April 2020, Volkswagen ID.3 dianugerahi gelar Best of Best di kategori Exterior Volume Brand dan Interior Volume Brand. Putusan resmi panel juri menyebut ID.3 itu ekspresif, menampilkan garis melengkung namun serentak ketat dengan interior dan eksterior yang koheren.

ID.3 adalah interpretasi kontemporer yang mengesankan dari idiom desain khas yang disempurnakan oleh Volkswagen. Ini adalah model Volkswagen yang telah lama ditunggu-tunggu, menunjukkan keberanian untuk memicu gerakan baru.

“Bagi kami, ID.3 mewakili awal era baru mobilitas. Pada saat yang sama, ini menandai munculnya era desain digital di mana kami bertujuan untuk secara virtual menciptakan pengalaman pengguna terbaik di semua tim menggunakan metode terkini. Pengakuan dari panel juri ini menunjukkan bahwa kita berada di jalur yang benar," kata Klaus Bischoff, Kepala Desain Grup Volkswagen.

ID.3 atau Golf generasi kedelapan yang sepenuhnya baru ini diluncurkan pada akhir 2019, muncul sebagai pemenang dalam kompetisi 2020, untuk kategori Exterior Volume Brand dan Interior Volume Brand.

ID.3 adalah perwujudkan ID. Space Vizzion, anggota ketujuh Keluarga ID. yang mengusung konsep aerodinamika sempurna dan banyak ruang. ID. Space Vizzion merupakan pemenang untuk kategori Konsep.

Automotive Brand Contest didirikan pada 2011. Dewan Desain Jerman (Rat für Formgebung), yang dibentuk oleh parlemen Jerman Bundestag pada 1953, menghormati produk yang luar biasa dan desain komunikasi dan menarik perhatian pada pentingnya dasar desain dan merek dalam industri otomotif.

Panel interdisipliner terdiri dari anggota yang bekerja di media, desain, perusahaan industri, lembaga pendidikan tinggi dan arsitektur. Penyerahan penghargaan resmi berlangsung di Frankfurt am Main pada musim gugur.

Volkswagen ID.3 diproduksi di pabrik Zwickau, Jerman. Produksi ID.3 sempat ditangguhkan pada awal Maret 2020 lantaran pandemi Covid-19, dan kembali beroperasi secara terbatas pada 27 April 2020.

Dua karyawan Volkswagen di pabrik Zwickau tengah memasang lampu depan pada ID.3. Pabrik ini beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti pemakaian penutup mulut-hidung di tempat kerja dengan jarak antarpekerja kurang dari 1,5 meter.

Dipastikan, ID.3 akan menjadi produk andalan untuk mewujudkan ambisi Volkswagen menjadi pemimpin pasar mobilitas listrik global dan menargetkan produksi hingga 1,5 juta kendaraan listrik pada 2025.

Hingga 2024, Volkswagen telah menyiapkan investasi €33 miliar untuk menopang pencapaian ambisi tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik Volkswagen AG Volkswagen ID.3
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top