Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

VW Jual Langsung Mobil Listrik ID, Dealer Dijatah Komisi

Volkswagen (VW) menerapkan model penjualan baru untuk mobil listrik keluarga ID, yang bisa dibeli pelanggan langsung dari Volkswagen, sedangkan dealer hanya menyediakan pelayanan bersifat lokal.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 22 Mei 2020  |  12:40 WIB
Model ID.3 adalah model pertama keluarga ID yang menggunakan sistem agensi. Selain ID.3, Volkswagen memiliki banyak model keluarga ID, yakni ID Crozz, ID Buzz, ID Vizzion, ID Buggy, dan ID Roomzz.  - VOLKSWAGEN
Model ID.3 adalah model pertama keluarga ID yang menggunakan sistem agensi. Selain ID.3, Volkswagen memiliki banyak model keluarga ID, yakni ID Crozz, ID Buzz, ID Vizzion, ID Buggy, dan ID Roomzz. - VOLKSWAGEN

Bisnis.com, JAKARTA - Volkswagen (VW) menerapkan model penjualan baru untuk mobil listrik keluarga ID.3, yang mana pelanggan bisa langsung membeli dari Volkswagen, adapun dealer hanya mendapatkan alokasi separuhnya.

Holger B. Santel, Kepala Penjualan dan Pemasaran Volkswagen di Jerman, mengatakan bahwa semua mitra dealer sekarang 100% telah bergabung dalam sistem penjualan baru. Persetujuan luas dari mitra ritel untuk model agensi dinilai sebagai sinyal kuat untuk sukses masa depan.

"Dari perspektif pelanggan, Volkswagen, dan penjual ritel menjadi satu kesatuan dengan model agensi. Dan pengalaman berbelanja ini terkoordinasi pada titik kontak yang diinginkan pelanggan kami,” ujarnya dalam keterangan Volkswagen yang dikutip, Jumat (22/5/2020).

Dengan sistem baru ini, calon pembeli dimudahkan melakukan pembelian langsung ke Volkswagen melalui saluran daring maupun luring. Adapun dealer tetap menjadi kontak lokal mereka. Dealer yang berperan sebagai agen akan mendapatkan komisi dari Volkswagen.

Model agensi ini meletakkan dasar kontrak untuk mengintegrasikan bisnis daring dan bisnis berbasis showroom. Dari peluncuran sistem baru ini, pelanggan bisa memesan model ID. langsung kepada Volkswagen, sekaligus memilih dealer pilihan untuk layanan pelanggan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Sebagai agen, dealer akan melayani bea balik nama kendaraan, konsultasi penjualan, mengatur test drive, pemrosesan transaksi, hingga penyerahan kendaraan dengan berkoordinasi dengan Volkswagen.

Berbeda dengan sistem sebelumnya, harga produk ditentukan oleh Volkswagen. Jadi, tidak ada negosiasi harga yang rumit. Oleh karena itu, dealer perlu memperhitungkan nilai kompensasi, terlepas dari apakah pelanggan membeli kendaraan mereka secara daring atau di ruang pamer.

Volkswagen juga bertanggung jawab atas urusan pembiayaan kendaraan dan menanggung risiko pengembalian dan nilai sisa. Dengan demikian, “Dealer tidak perlu lagi membiayai kendaraan di muka. Kami juga menanggung biaya persediaan dan biaya terkait dengan kendaraan showroom. Kami menawarkan dealer konsep leasing yang sangat menarik untuk kendaraan demonstrasi."

Dirk Weddigen von Knapp, Ketua asosiasi mitra Volkswagen dan Audi, mengatakan bahwa model agensi membawa pertolongan finansial yang signifikan bagi para dealer, dan itu sangat penting pada saat ini.

"Mitra kami karena itu dapat fokus pada apa dibutuhkan untuk penjualan, yakni sentuhan pribadi dan berkompetensi. Saya senang semua mitra telah menandatangani perjanjian yang disusun bersama. Itu adalah konfirmasi dari kepercayaan besar pada model agensi dan asosiasi kami."

Model agensi juga merespons meningkatnya permintaan pelanggan untuk beralih dari saluran luring ke daring dalam proses pembelian. Ini juga berkaitan dengan persetujuan pelanggan, data pelanggan dan kendaraan mereka.

Thunder, yang merupakan sistem berbasis teknologi informasi baru sedang dikembangkan dan akan debut di dealer dengan peluncuran model keluarga ID. Proses konfigurasi juga disederhanakan: Hanya dibutuhkan sepuluh klik untuk mengonfigurasi seluruh kendaraan.

Model ID.3 adalah model pertama keluarga ID yang menggunakan sistem agensi. Selain ID.3, Volkswagen memiliki banyak model keluarga ID yang akaan lahir dari beberapa produk konsep ID Crozz, ID Buzz, ID Vizzion, ID Buggy, hingga ID Roomzz.

Volkswagen ID.3 dikembangkan dengan basis model konsep ID yang dirilis di Paris Motor Show 2016. Mobil ID 125 kW ini adalah mobil listrik yang sangat otomatis berdasarkan All-New Electric Architecture milik Volkswagen. Sekali pengisian daya baterai, ID dapat menempuh jarak 400-600 kilometer. Versi produksi yang diluncurkan pada 2020 dibanderol dengan level harga Golf dengan output daya dan peralatan yang sebanding.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Volkswagen AG dealer Volkswagen I.D. Family
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top