Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lepas Pabrik di Thailand, General Motors Obral Produk

Chevrolet Captiva, yang diimpor dari Wuling Motors Indonesia dan merupakan kembaran Wuling Almaz untuk model 2020, dijual dengan harga 999.000 baht Thailand  atau setara Rp433,4 juta dengan potongan hingga 500.000 baht (Rp 216,9 juta).
General Motors/Bsuinessinsurance.com
General Motors/Bsuinessinsurance.com

Bisnis.com, JAKARTA - General Motors (GM), produsen otomotif global asal Amerika Serikat, telah menandatangani perjanjian dengan Great Wall Motor, raksasa otomotif Cina, untuk melepas fasilitas produksinya di Thailand pada awal pekan ini.

Dampak dari peralihan pabrik dan rencana bisnis GM itu ternyata berdampak pada produsen otomotif Indonesia. Pasalnya, setelah pengumuman itu mobil Chevrolet di Negeri Gajah Putih didiskon hingga 50 persen, termasuk untuk Chevrolet Captiva, produk yang diimpor dari Wuling Motors Indonesia.

Dilansir autoindustriya.com, kembaran Wuling Almaz untuk model 2020 itu dijual dengan harga 999.000 baht Thailand  atau setara Rp433,4 juta. Dalam program cuci gudang itu, diler memberikan potongan sebesar 500.000 baht (Rp 216,9 juta).

Kini konsumen cukup membayar uang setara Rp 217 juta untuk bisa memboyong Chevrolet Captiva terbaru.

Selain Thailand, General Motors memutuskan untuk mundur dari Australia dan Selandia Baru serta menghentikan produksi merek Holden pada 2021.

Pada awal pekan ini, Senin (17/2/2020), Great Wall Motor Co Ltd dikabarkan telah setuju untuk membeli pabrik manufaktur GM di Thailand. Transaksi pembelian ini diharapkan selesai pada akhir tahun 2020.

Langkah GM ini diklaim sebagai upaya untuk mengatur ulang bisnis global ke negara-negara yang lebih menguntungkan seperti Amerika Serikat, Cina, Amerika Latin, dan Korea Selatan. Australia dan Selandia Baru masuk ke negara yang tidak menguntungkan secara bisnis bagi GM.

Sebelumnya, General Motors juga telah memutuskan untuk menghentikan penjualan Chevrolet di Indonesia mulai awal 2020. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper