Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

LAPORAN DARI TOKYO MOTOR SHOW : Mobil Hidrogen Toyota Mirai Terbaru Segera Masuk Pasar

Toyota Mirai adalah kendaraan penumpang bertenaga fuel cell elecetric battery yang pertama kali diluncurkan pada 2014 sebagai bagian dari upaya mengatasi masalah isu lingkungan dan energi.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 24 Oktober 2019  |  05:35 WIB
Toyota Mirai. BISNIS - Fatkhul Maskur
Toyota Mirai. BISNIS - Fatkhul Maskur

Bisnis.com, TOKYO –Toyota Motor Corporation memperkenalkan lima kendaraan listrik baterai konsep di ajang Tokyo Motors Show (TMS) 2019 di Aomi Exhibition, Tokyo, 24 Oktober – 4 November 2019.

Kelima mobil itu adalah Toyota LQ, Ultra Compact EV, Mirai Concept, e Palette, dan Lexus LF30 Electrified.

Chief Engineer MS Product Planning Toyota Motor Corporation (TMC) Yoshikazu Tanaka mengatakan Mirai adalah kendaraan penumpang bertenaga fuel cell elecetric battery (FCEV) yang pertama kali diluncurkan pada 2014 sebagai bagian dari upaya mengatasi masalah isu lingkungan dan energi.

“Setelah menghadirkan generasi awal Toyota Mirai sejak 2014, Toyota memperkenalkan konsep generasi ke-2 Mirai di TMS 2019. Mirai baru akan pasarkan perdana di Jepang akhir 2020,” ujarnya pada acara presentasi produk TMS 2019, Selasa (23/10/2019).

Mirai masuk dalam cluster kendaraan FCEV karena menggunakan gas hidrogen sebagai sumber tenaga penggerak dan hanya menghasilkan emisi gas buang berupa air.

Calon model baru Mirai ini mengadopsi platform TNGA untuk sedan premium dengan penggerak roda belakang untuk mengombinasikan desain atraktif dan agresif di luar dan dalam, keandalan di jalan dengan pengalaman berkendara mengesankan, performa menghibur, dan penambahan daya tempuh.

“Senada dengan produk Toyota lain yang telah mengadopsi sasis TNGA, tampilan Mirai lebih besar dari pendahulunya,” kata Yoshikazu Tanaka.

Mirai generasi kedua punya dimensi panjang 4.975 mm (+85 mm), lebar 1.885 mm (+70 mm), tinggi 1.470 mm (-65 mm), dan wheelbase 2.920 mm (+140 mm).

Kombinasi dimensi seperti ini memastikan 5 penumpang merasa nyaman di dalam, tapi mobil tidak kehilangan aroma sporty dan dinamis saat dikendarai.

Mirai baru tampil sebagai sedan dengan desain yang mengundang perhatian. Desain ala Keen Look yang sarat guratan tajam dan agresif semakin terlihat dominan dengan penggunaan pelek alloy 20 inci.

Ke dalam, penumpang akan disuguhi kabin lapang, posisi duduk rendah dan suportif, dengan area kokpit dikuasai oleh sepasang monitor 12,3 inci di balik kemudi dan di tengah dasbor. Kesan simpel yang disajikan berpadu apik dengan desain keseluruhan kabin yang kokoh dan karismatik.

Toyota mengklaim ada ubahan dalam sistem pengolahan gas hidrogen dan tangki penyimpan yang membuat Mirai memiliki jarak tempuh lebih jauh hingga 30% dari generasi awal.

Mirai juga memiliki aliran tenaga yang lebih halus dan tidak seketika ala mobil listrik, namun tetap responsif ketika dibutuhkan. Mirai juga memiliki kecakapan pengendalian yang lebih optimal dan begitu menggairahkan di jalan dengan mengandalkan sistem penggerak roda belakang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

toyota Tokyo Motor Show 2019
Editor : Hendra Wibawa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top