Bingung Pilih Mobil Hybrid atau PHEV? Simak Perbandingannya Berikut Ini

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pekan ini akan kedatangan beberapa model kendaraan listrik yang mulai dipasarkan secara masal.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 16 Juli 2019  |  05:52 WIB
Bingung Pilih Mobil Hybrid atau PHEV? Simak Perbandingannya Berikut Ini
Mitsubishi Outlander PHEV. - Bisnis.com/Chamdan Purwoko

Bisnis.com, JAKARTA – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pekan ini akan kedatangan beberapa model kendaraan listrik yang mulai dipasarkan secara masal. Selain BMW, Toyota dan Mitsubishi telah menyatakan akan memasarkan kendaraan listrik.

Beberapa pemain otomotif lain juga dikabarkan akan menghadirkan kendaraan listrik. Sayangnya, sejauh ini belum banyak yang berani memasarkan secara resmi karena alasan harga yang mahal lantaran belum ada aturan terkait kendaraan listrik.

Terlepas dari itu, jika Anda ingin memiliki kendaraan, lantas apa model kendaraan listrik yang paling cocok di Indonesia saat ini?

Mari melihat model yang telah dipasarkan. Di Tanah Air, sejauh ini terdapat minimal dua model kendaraan listrik yang dipasarkan secara resmi oleh agen pemegang merek (APM) yakni hibrida dan plug in hybrid electric vehicle (PHEV). Adapun, kendaraan listrik berbasis baterai murni umumnya belum dipasarkan secara resmi.

BMW memulai dengan memasarkan BMW i8 Roadster pada GIIAS 2018 dengan harga Rp3,9 miliar. BMW i8 Roadster merupakan sedan cantik dengan sokongan mesin konvensional dan baterai listrik. Sebagai merek premium, i8 Roadster tentu populasinya akan sangat terbatas.

Model kendaraan listrik selanjutnya ialah yang dipasarkan Toyota. Tahun ini, Toyota aktif memperkenalkan model kendaraan listrik hibrida. Toyota C-HR Hybrid saat ini menjadi kendaraan listrik paling murah karena dibandrol Rp523 juta.

Sebagai sport utility vehicle (SUV), C-HR Hybrid sejauh ini mendapat respon yan cukup positif. Pasalnya, selain konsumsi bahan bakar yang efisien, C-HR juga bisa mengangkut 5 penumpang ditambah modal ground clearance tinggi khas SUV.

Mobil hibrida ini tidak membutuhkan stasiun pengisian daya karena dilengkapi mesin pembakaran sebagai penggerak dengan bantuan tenaga baterai. Sebagai tahap awal era kendaraan listrik mobil ini cocok karena tidak membutuhkan charging station.

Toyota masih memiliki line up kendaraan hibrida lain yakni Camry Hybrid. Kendati penjualannya diklaim sangat baik, pasar sedan sendiri tidak begitu besar di Tanah Air. Namun, model ini bisa menjadi pilihan bagi pencinta sedan medium up.

Model lainnya ialah mobil listrik racikan Mitsubishi Motors yang bakal resmi dipasarkan pada GIIAS 2019, Outlader PHEV. Pabrikan Jepang itu punya alasan sendiri berani memasarkan Outlander PHEV dengan harga pada kisaran Rp1,2 miliar hingga Rp1,3 miliar.

Salah satunya ialah model SUV dan kemampuan adaptif Outlander PHEV. SUV ini diklaim memiliki tiga mode berkendara yang sedikit banyak bisa mengatasi terbatasnya infrastruktur pengisian daya.

Outlander PHEV menawarkan tiga mode berkendara yakni EV Drive Mode, Series Hybrid Mode, dan Parallel Hybrid Mode.

Pada mode EV Drive, motor menggerakkan kendaraan dengan tenaga listrik dari baterai sehingga tidak ada konsumsi bahan bakar dan emisi CO2 yang membuat kendaraan menjadi senyap, bersih dan bertenaga.

Adapun, Hybrid Driving Mode dibagi menjadi dua mode yakni Series Hybrid Mode yang  merupakan perpaduan mode elektrik dan mesin. Mesin gasoline 2,4 L akan menghasilkan listrik jika baterai lemah dan menambah tenaga saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi atau menanjak.

Pada Parallel Hybrid Mode, mesin gasoline akan melaju dengan bantuan motor saat kendaraan membutuhkan ekstra tenaga (saat kecepatan tinggi atau saat efisiensi mesin tinggi).

Kembali pada pertanyaan apa model kendaraan listrik yang paling cocok bagi Indonesia? Jawabannya, tergantung pada kebutuhan dan pertimbangan masing-masing.

Jika ingin mengangkut banyak orang, C-HR dan Outlander PHEV sebagai SUV bisa menjadi pilihan, sedangkan untuk efisiensi model PHEV dinilai efisien dari hibrida.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mobil Listrik, GIIAS 2019

Editor : Galih Kurniawan
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top