Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fiat Chrisler dan Renault Ajukan Merger Setara US$35 Miliar

Jika tidak ada halangan, merger senilai US$35 miliar itu akan mengubah peta persaingan dunia otomotif yang melibatkan General Motors dan Peugeot PSA Group.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 28 Mei 2019  |  06:10 WIB
The Big Three Amerika Serikat : General Motors (GM), Ford dan Fiat Chrysler Automobiles (FCA).  - FOTO ANTARA
The Big Three Amerika Serikat : General Motors (GM), Ford dan Fiat Chrysler Automobiles (FCA). - FOTO ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA – Fiat Chrysler mengajukan merger dengan status setara kepada Renault untuk mengatasi biaya perubahan teknologi dan regulasi secara luas guna menciptakan perusahaan otomotif terbesar ketiga di dunia.

Jika tidak ada halangan, merger senilai US$35 miliar itu akan mengubah peta persaingan dunia otomotif yang melibatkan General Motors dan Peugeot PSA Group. Kedua perusahaan terakhir baru-baru ini mengadakan pembicaraan dengan Fiat Chrysler (FCA) untuk mengupayakan lebih banyak kesepakatan.

Pihak Renault menyatakan sedang mempelajari proposal dari FCA, perusahaan multinasional AS- Italia, yang dinilai cukup menarik dan kompetitif.

Saham kedua perusahaan melonjak lebih dari 10 persen karena investor menyambut prospek bisnis yang meggembirakan. Pasalnya, gabungan perusahaan itu mampu menghasilkan lebih dari 8,7 juta kendaraan per tahun.

Gabungan perusahaan itu  juga menargetkan penghematan tahunan sebesar 5 miliar euro (US$5,6 miliar).

Hanya saja, para analis juga memperingatkan tentang komplikasi besar yang akan terjadi. Kerumitan itu termasuk soal aliansi Renault yang sudah ada dengan Nissan dan peran negara Perancis sebagai pemegang saham terbesar Renault. Demikian juga dengan kemungkinan penolakan dari politisi dan pengurangan tenaga kerja.

Baca Juga : Harga Emas Hari Ini

“Pasar akan berhati-hati dengan angka-angka sinergi ini karena banyak yang telah dijanjikan sebelumnya dan tidak ada satu penggabungan yang sederajat yang pernah berhasil dalam otomotif,” kata analis Evercore ISI, Arndt Ellinghorst seperti dikutip Reuters, Selasa (28/5/2019).

Menurut sumber Reuters, grup perusahaan yang digabungkan akan dipimpin oleh keluarga besar Agnelli John Elkann. Sementara itu, pimpinan Renault Jean-Dominique Senard kemungkinan akan menjadi CEO.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Fiat Chrysler Automobiles
Editor : M. Taufikul Basari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top