Produsen Disarankan Garap Semua Model Mobil Listrik

Produsen otomotif diharapkan menghadirkan beragam jenis kendaraan listrik ke pasaran sehingga konsumen memiliki lebih banyak pilihan.
Thomas Mola | 24 April 2019 09:35 WIB
Toyota dan Mazda berkolaborasi bangun pabrik mobil listrik. - REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA – Produsen otomotif diharapkan menghadirkan beragam jenis kendaraan listrik ke pasaran sehingga konsumen memiliki lebih banyak pilihan.

Apalagi pemerintah mengakomodasi semua model kendaraan listrik. Konsumen akhirnya dapat menentukan sendiri model mana yang paling cocok untuk digunakan.

Dosen Fakultas Teknik Univesitas Gadjah Mada I Made Miasa mengatakan, semua jenis kendaraan listrik baik itu hybrid electric vehicle (HEV), plug in electric vehicle (PHEV) dan battery electric vehicle (BEV) cocok untuk Indonesia.

"Semuanya nanti konsumen yang menentukan, bisa hybrid, PHEV ataupun BEV. Kalau mobil pertama cocok HEV atau PHEV, kalau mobil kedua bisa pakai BEV," ujarnya di Denpasar, Selasa (23/4/2019).

Pemerintah berencana menghadirkan harmonisasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) dengan memberikan insentif atas emisi kendaraan. Makin rendah emisi, PPnBM yang dikenakan juga akan makin rendah.

Made menjelaskan untuk dalam kota dengan rerata jarak tempuh di bawah 50 km, model PHEV dan BEV dapat menjadi pilihan. Namun, karena keterbatasan infrastruktur dan untuk perjalanan jauh model HEV atau PHEV dapat menjadi pilihan konsumen.

"Karena kalau hanya dalam kota PHEV atau BEV itu bisa. Kami coba PHEV kalau di bawah 50 km itu mesin tidak dipakai," katanya.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
otomotif

Editor : Galih Kurniawan
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup