Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penjualan 3 Merek Kendaraan Komersial Tumbuh Positif Januari 2019

Tiga pemain kendaraan komersial masih mencatatkan pertumbuhan positif. Penjualan kendaraan Mitsubihsi Fuso, Hino dan Isuzu pada Januari 2019 masih melaju.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 09 Maret 2019  |  20:55 WIB
Isuzu Elf NMR 81SHD berteknologi mesin diesel commonrail.  - Bisnis.com/Ilham Budiman
Isuzu Elf NMR 81SHD berteknologi mesin diesel commonrail. - Bisnis.com/Ilham Budiman

Bisnis.com, JAKARTA - Kendati penjualan kendaraan nasional pada Januari anjlok 14,9%, tiga pemain kendaraan komersial masih mencatatkan pertumbuhan positif. Penjualan kendaraan Mitsubihsi Fuso, Hino dan Isuzu pada Januari 2019 masih melaju.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dikutip Bisnis, Sabtu (9/3) menyebutkan, pengiriman kendaraan ke dealer (wholesales) pada Januari 2019 sebanyak 81.578 unit, turun dibandingkan dengan periode yang sama 2017 yang sebanyak 95.885 unit.

Perlambatan terutama disebabkan oleh merek kendaraan penumpang mengalami penurunan penjualan pada awal tahun ini. Kondisi berbeda dialami oleh kendaraan komersial yang pada tahun lalu menjadi salah satu motor pertumbuhan penjualan kendaraan nasional.

Gaikindo mencatat, pada Januari 2019, Fuso mampu memasarkan sebanyak 4.671 unit, naik 6,1%, sementara Hino sebanyak 2.756 unit, naik 5% dibandingkan Januari 2017.

Pertumbuhan penjualan kendaraan komersial tertinggi dialami oleh Isuzu yang mampu memasarkan sebanyak 2.343 unit, naik 50,1% dibandingkan Januari 2018. Kendati Isuzu juga memasarkan kendaraan penumpang tetapi kontribusi penjualan paling besar masih dari kendaraan komersial.

Sebelumnya, GM Sales Division PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Yohanes Pratama mengatakan, pada awal tahun ini kenaikan penjualan Isuzu masih didominasi oleh penjualan dari model kendaraan komersial baik Elf, Giga dan pikap Traga.

"Traga sebagai produk baru pada segmen pikap medium sejauh ini sangat diterima oleh konsumen. Bahkan di beberapa daerah sudah mulai mendominasi pasar," ujarnya kepada Bisnis, baru-baru ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penjualan mobil
Editor : Akhirul Anwar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top