Beijing Jadi Pabrik Kelima Produksi Mercedes-Benz A-Class Baru

Gelombang produksi A-Class baru telah mencapai pusat pasar berikutnya, yakni di Beijing. Ibu Kota China ini menjadi lokasi pabrik kelima yang meluncurkan model keluarga mobil kompak Mercedes-Benz tersebut.
Fatkhul Maskur | 24 November 2018 10:00 WIB
Dari kiri : Xu Heyi, Chairman of BAIC Group; Hubertus Troska, Member of the Board of Management of Daimler AG, responsible for Greater China; dan Arno van der Merwe, President and CEO of BBAC. - DAIMLER

Bisnis.com, BEIJING - Gelombang produksi A-Class baru telah mencapai pusat pasar berikutnya, yakni di Beijing. Ibu Kota China ini menjadi lokasi pabrik kelima yang meluncurkan model keluarga mobil kompak Mercedes-Benz tersebut.

Di China, produksi Mercedes-Benz dilakukan oleh Beijing-Benz Automotive Co. Ltd (BBAC). Produksi A-Class terbaru dimulai dengan versi wheelbase panjang.

Sekitar 400 tamu bergabung dengan BBAC untuk merayakan tambahan portofolio Made in China, yang kini mencakup lima model lokal. Selanjutnya, usaha patungan itu mencapai tonggak produksi 2.000.000 kendaraan Mercedes-Benz yang diproduksi secara lokal.

“Sejak Mercedes-Benz produksi lokal pertama kami meluncur dari jalur produksi lebih dari 1 dekade yang lalu, bisnis kami telah menunjukkan perkembangan pesat di China," kata Hubertus Troska, Anggota Dewan Manajemen Daimler AG, yang bertanggung jawab atas China Raya, dalam keterangan pers, Kamis (21/11/2018).

Pada 2016, Mercedes-Benz merayakan 1 juta kendaraan buatan lokal di BBAC. Hanya 2 tahun kemudian, Mercedes-Benz mencapai tonggak 2 juta ‘Made in China. Ini merupakan tanda kerjasama jangka panjang Mercedes-Benz yang erat dengan BAIC Group dan upaya bersama dalam industri otomotif China.

A-Class baru adalah model pertama dalam generasi keempat mobil kompak dan menggantikan model sebelumnya yang diproduksi sejak 2012. A-Class L Sedan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pelanggan China.

Model notchback memiliki wheelbase 6 cm lebih panjang (2789 bukan 2729 mm) dan merupakan varian yang dikembangkan semata-mata untuk pasar Cina dan diproduksi secara eksklusif di Beijing Benz Automotive Co., Ltd, perusahaan patungan antara Daimler dan mitra Cina, BAIC.

Setelah pabrik utama di Rastatt, pabrik Hungaria di Kecskemét, pabrik Finlandia dari mitra produksi Valmet Automotive di Uusikaupunki, dan pabrik produksi joint venture COMPAS (Kerjasama Pabrik Pengolahan Aguascalientes) di Aguascalientes (Meksiko), Beijing telah memulai produksi A-Class L Sedan baru.

Setelah A-Class (hatchback) diproduksi di Rastatt, Kecskemét dan Uusikaupunki, Sedan A-Class meluncur dari garis produksi di Aguascalientes.

“Dengan peningkatan A-Class L Sedan baru di BBAC di Beijing, kami berhasil melanjutkan dan menyelesaikan model yang tak tertandingi untuk mobil kompak baru tahun ini. Dalam waktu 7 bulan, strategi produksi telah memungkinkan kami untuk membawa tiga model A-Class baru ke lima pabrik di tiga benua,” kata Markus Schäfer, Anggota Dewan Divisi Mobil Mercedes-Benz, Produksi dan Rantai Pasokan.

Untuk memulai produksi A-Class, peserta magang dari pabrik Rastatt menghasilkan model setir menggunakan proses produksi aditif modern seperti pencetakan 3D. Roda kemudi memiliki layar di mana karyawan dapat mengunggah pesan untuk pabrik berikutnya di riam ramp-up. Model diturunkan dari pabrik ke pabrik seperti tongkat. Tim di Beijing sangat senang tentang ucapan di layar dari rekan-rekan mereka di Aguascalientes.

Tag : Mercedes-Benz A-Class
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top