Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fuso Gelar Program Belajar dan Menginspirasi SMK

Mitsubishi Fuso untuk pertama kalinya melaksanakan Program Fuso Belajar & Menginspirasi sebagai salah satu kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang berfokus di bidang pendidikan, khususnya untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Mitsubishi Fuso the Super Great V Spider. /GIIAS2018
Mitsubishi Fuso the Super Great V Spider. /GIIAS2018

Bisnis.com, JAKARTA--Mitsubishi Fuso untuk pertama kalinya melaksanakan Program Fuso Belajar & Menginspirasi sebagai salah satu kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang berfokus di bidang pendidikan, khususnya untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Atsushi Kurita mengatakan, Fuso Belajar & Menginspirasi merupakan lanjutan dari program Fuso Vocational Education Program (Fuso VEP).

Pada program tersebut, KTB memberikan unit Colt Diesel sebagai materi praktik yang menjadi kurikulum sekolah, kemudian secara berkala KTB memberikan pelatihan dasar otomotif (basic automobile) kepada para guru dan siswa SMK. Pada tahun ini, KTB juga mulai mengadakan kompetisi keahlian siswa yang diikuti oleh 550 siswa.

“Program CSR ini merupakan kontribusi KTB yang bertujuan untuk memajukan industri otomotif Indonesia melalui sektor pendidikan. KTB menilai kemajuan dapat didorong melalui peningkatan mutu pendidikan, dengan begitu diharapkan terlahir siswa-siswi unggul berprestasi yang dapat diserap oleh para pelaku industri,” ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa (6/11/2018).

Kurita menjelaskan, KTB ingin membangun motivasi kepada para siswa bahwa SMK memiliki daya saing unggul berupa ilmu praktik dan teknis yang dapat langsung diterapkan dalam dunia kerja. Hal itu sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk memberdayakan SMK dalam penyerapan tenaga kerja.

Pada tahap pertama, Program Fuso Belajar & Menginspirasi ini akan dilaksanakan di 5 kota: Medan, Palembang, Banjarbaru, Makassar dan Lampung yang dilakukan selama periode Oktober-November 2018. Tahap kedua akan dilakukan di 5 kota Pulau Jawa pada Januari – Februari 2019.

“KTB berharap program CSR ini dapat diagendakan secara berkesinambungan, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih luas lagi pada sektor pendidikan di Indonesia, hal ini sejalan dengan semangat KTB yaitu Fuso Mencerdaskan Bangsa,” tambahnya.

Adapun, Program Fuso Belajar & Menginspirasi bertujuan meningkatkan wawasan dan pemahaman kepada siswa mengenai dunia kerja, melalui berbagi pengalaman dan pengetahuan sehingga mampu memberikan inspirasi kepada siswa SMK.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini melibatkan karyawan KTB sebagai sukarelawan (volunteer) untuk memberikan soft skill dan gambaran kepada siswa mengenai dunia kerja, agar mereka siap saat memasuki dunia kerja.

Sebagai program awal, pada 2 pekan sebelumnya, kegiatan ini telah dilaksanakan di kota Medan dan Palembang. Pada awal November ini, Fuso Belajar & Menginspirasi memasuki kota ketiga dan keempat yaitu Banjarmasin & Makassar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper